Cara Buat Bolu Mengembang Sempurna Dan Pastinya Lembut

Cara Buat Bolu Mengembang Sempurna Dan Pastinya Lembut

Bagi yang gemar membuat kue pasti sangat memerlukan bagaimanana cara buat bolu mengembang sempurna ini. Pasti akan puas pada saat kue yang dibuat dapat mengembang dengan sempurna. Ini merupakan salah satu bahan yang dapat membuat kue mengembang ialah telur. Tetapi beberapa hal penting ini wajib diperhatikan jika anda ingin kue mengembang dengan sempurna.

Cara Buat Bolu Mengembang Sempurna

Cara Buat Bolu Mengembang Sempurna

1.Telur Yang Dingin

Hindari gunakan telur yang dingin. Telur harus pada suhu ruangan saat dimixer roti untuk bahan kue supaya dapat mengembang sempurna. Diamkan telur pada temperatur ruangan selama kurang lebih 30 menit hingga satu jam jika memang telur disimpan dalam kulkas. Setelah itu baru bisa digunakan sebagai bahan kue.

2.Mencampur Telur Dengan Gula Sebelum Dikocok

Kemudian hindari juga untuk mencampur telur dengan gula sebelum dikocok. Penambahan gula bisa membuat adonan tidak mengembang sempurna. Caranya adalah kocok telur terlebih dahulu sampai mengembang dan baru tambahkan gula. Kocok kembali adonan.

3.Penggunaan Wadah

Penggunaan wadah ternyata juga mempengaruhi hasil adonanya. Tidak banyak yang tahu kalau penggunaan wadah plastik untuk mengocok telur rentan membuat telur gagal mengembang. Ini karena kadang wadah plastik tersebut masih ada sisa kotoran atau lemak. Wadah kaca lebih mudah dibersihkan dan dikeringkan secara maksimal, sehingga telur lebih mudah mengembang ketika dikocok. Lebih disarankan untuk menggunakan wadah kaca dari pada plastik.

4.Mengaduk Adonan

Sesudah adonan busa jadi, saatnya mencampurnya dengan adonan cake. Perlu dicatat, adonan busalah yang dituang ke dalam adonan cake.Prinsipnya, adonan yang lebih ringan diaduk ke dalam adonan yang teksturnya lebih berat mencegah pengadukan yang lama.

Sendokkan adonan busa sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan teknik melipat. Jangan sampai mengaduk terlalu cepat supaya adonan tidak pecah.Adonan yang pecah ditandai dengan tekstur adonan yang terlalu cair. Ini artinya, udara yang dikumpulkan dalam adonan busa sudah keluar.

Kalau sampai terjadi, jangan heran hasil kue jadi pecah dan retak di bagian permukaannya.

Baca Juga:Resep Cara Membuat Kue Dari Tepung Terigu Yang Sehat

5.Menuang Adonan Bolu Ke Dalam Loyang

Gunakan loyang chiffon atau loyang tulban yang ada bologannya di tengah. Baiknya gunakan loyang tulban bongkar pasang supaya bolu pandan bisa mudah dikeluarkan.

Untuk membuat chiffon cake, loyangnya tidak perlu diolesi margarin. Ingat, kue ini akan mengembang dan margarin justru mencegah cake mengembang sempurna.

Sambil dituang ke dalam loyang, sambil sembari diaduk supaya adonan tercampur rata. Tapi, ingat, diaduknya cukup pelan saja.

6.Memanggang Bolu

Jangan lupa sebelum memanggang cake, sebaiknya panaskan dulu oven agar suhunya sesuai.Setelah itu panggang bolu pandan kira-kira 95 menit. Cake ini memang dipanggang lebih lama karena tekstur adonannya yang lebih cair.

Kalau mau membuat bolu pandan yang merekah, kuncinya kita oven dulu sekitar 20 menit dengan suhu 160 derajat Celsiuslalu keluarkan dan kerat dengan pisau.Setelah itu, kita lanjutkan dengan pemanggangan selama 50 menit deng suhu 140 derajat Celsius. Terakhir, kita naikkan suhu menjadi 150 derajat Celsius dan oven sekitar 25 menit.

7.Mengeluarkan Bolu Dari Loyang

Mengeluarkan bolu pandan tidak boleh saat baru matang. Kalau dikeluarkan, pasti bolu pandan bisa langsung kempis dan mengerut.Caranya, kita manfaatkan botol sirup. Balikkan bolu pandan di atas botol sirup hingga cake sudah bersuhu ruang.

Jika tidak ada botol, kita bisa memanfaatkan dua barang dengan tinggi yang sama lalu letakkan loyang di sisi-sisinya dalam kondisi terbalik.Saat sudah dingin, kita lepas dengan cara menyelipkan pisau di sisi-sisi cake dan putar pisau sampai sekeliling cake. Setelah itu, buka loyang samping dan bagian bawah loyang.

Itulah beberapa cara buat bolu mengembang sempurna dan pastinya lembut semoga bisa mempermudah kalian ,jika ingin membuat tepung sediri pada waktu membuat kue bisa dengan mesin penepung.Sekian terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *