Serat Sabut Kelapa Dan Manfaatnya Untuk Keseharian

Serat Sabut Kelapa Dan Manfaatnya Untuk Keseharian

Siapa tidak kenal kelapa? Pohon yang  tinggi dan juga mempunyai buah yang besar-besar ini ialah jenis pohon yang banyak manfaat salah satunya serat sabut kelapa dan manfaat . Terutama untuk mereka yang tinggal berada pada daerah tropis yang cenderung panas.Pohon kelapa dikenal mempunyai banyak sekali manfaat untuk kehidupan kita.

Berikut ini ialah beberapa bagian dari pohon kelapa yang kerap digunakan, selain pada bagian air dan daging buahnya :

  1. Batok kelapa dicungkil dengan mesin pengupas batok kelapa  dan batok digunakan untuk bahan baku buat arang batok kelapa.
  2. Daun kelapa kerap digunakan untuk salah satu jenis daun bungkus makanan
  3. Batang atau ruas pada dari jari-jari daun kelapa kerap berguna untuk salah satu bahan dasar pada buatan sapu lidi

Tak hanya bermanfaat pada bagian kelapa itu, ternyata masih ada satu lagi pada bagian di kelapa yang dapat bermanfaat, ialah sabut kelapa. Walaupun ialah salah satu jenis limbah,tetapi manfaat sabut kelapa ini ternyata jadi bermanfaat banyak hal.

Serat Sabut Kelapa Dan Manfaatnya

Apa saja manfaat dari serat sabut kelapa? Berikut ini ialah beberapa diantaranya :

1. Pembuatan Sapu Ijuk

Sapu ijuk ialah salah satu jenis sapu yang terbuat dengan gunakan limbah dari olahan serat sabut kelapa.

Manfaat serat sabut kelapa yang telah kering biasanya akan dibuat dengan sedemikian rupa. Pada akhirnya nanti akan dibentuk jadi serabut-serabut yang tipis, dan diikat dan menjadikan satu jadi bentuk sapu ijuk, yang kerap anda gunakan untuk sehari-harinya.

2. Media Pembakaran Pengganti Kertas

Media Pembakaran Pengganti Kertas

Untuk yang kerap dibuat arang dari batok kelapa, pasti juga kerap dimanfaatkan sabut kelapa untuk salah satu media sebagai bakar batok kelapa itu. Anda juga bisa lihat kegiatan manfaat dari sabut kelapa untuk alat bakaran ini di restoran-restoran padang untuk ganti kertas. Hal ini disebabkan dari sifat alami dengan sabut kelapa itu sendiri yang mudah dibakar dan bisa hasilkan api yang bagus.

3. Pembuatan Pupuk Organik

Pembuatan Pupuk Organik

Siapa yang tersangka, ini nyatanya bermanfaat serat sabut kelapa pun bisa diolah dan juga bermanfaat jadi salah satu jenis pupuk organik. Pupuk organik yang diolah dengan gunakan serat sabut kelapa ini dapat sebagai simpan air 60% lebih banyak dibandingkan dengan pupuk biasa. Hal ini tentu saja akan begitu bermanfaat di daerah- daerah yang mempunyai curah hujan yang rendah ataupun daerah-daerah yang sedang alami kekeringan.

4. Menetralisir Air Dan Bau Semen Pada Kolam Ikan Yang Habis Dibuat

Untuk para pengusaha ikan, baik itu ikan hias ataupun ikan ternak yang ditempatkan di kolam-kolam semen, pastinya serat sabut kelapa telah tak asing lagi pada telinga anda. Ya, sabut kelapa kerap bermanfaat sebagai menetralisir kandungan pada dalam air yang ada di kolam yang baru selesai dibuat, dan juga digunakan sebagai hilangkan berbau semen dari kolam tersebut.

5. Pembuatan Briket Ramah Lingkungan

Pembuatan Briket Ramah Lingkungan

Ternyata, serat sabut kelapa juga mempunyai bermanfaat yang sangat bagus sebagai pembuatan briket. Selama ini, yang anda kenal, briket hanyalah dibuat dari batubara, tetapi demikian, ternyata briket juga bisa dibuat dari limbah, salah satunya ialah serat sabut kelapa.

Demikian tadi beberapa kerajinan dari serat sabut kelapa  dengan menggunakan mesin pengurai sabut kelapa yang dapat Anda menjadikan ide sebagai mulai usaha. Selain dapat dengan mudah temukan sabut kelapa di sekitar, kerajinan serat sabut kelapa juga membaca 5 kerajinan dari sabut kelapa yang mudah dapat jadi bisnis yang diuntungkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *