5 Kerajinan dari Sabut Kelapa yang Mudah

Kerajinan dari Sabut Kelapa yang Mudah

Sabut kelapa adalah salah satu bagian dari buah kelapa yang jarang dimanfaatkan dengan baik dan hanya berakhir sebagai kayu bakar saja. Padahal, sabut kelapa bisa dijadikan sebagai produk-produk kerajinan yang memiliki nilai jual yang tinggi.

Ada banyak ide kreatif kerajinan yang bisa Anda buat dari sabut kelapa yang tentunya memiliki manfaatnya masing-masing. Penasaran apa saja produk kerajinan yang bisa Anda sulap dari sabut kelapa? mari kita simak informasi selengkapnya berikut ini!

Kerajinan dari Sabut Kelapa Yang Mudah

1. Keset dari Sabut Kelapa

Keset adalah salah satu kerajinan sabut kelapa yang banyak cukup populer dan banyak kita temui di pasaran. Di samping itu, ada banyak variasi keset sabut kelapa yang dijual serta ditambahkan dengan tulisan-tulisan seperti Wellcome, Sweet Home, dan lain sebagainya.

Tentu hal ini dapat menambah citra positif jika diletakkan di depan rumah, kantor, hotel dan lain sebgainya. Selain itu, keset sabut kelapa memiliki warna yang coklat sehingga dapat memberikan kesan natural dan vintage.

Artikel Lainnya : Olahan Kelapa Muda Kekinian dan Mudah Dibuat

2. Sapu dari Sabut Kelapa

Kerajinan dari sabut kelapa selanjutnya adalah sapu ijuk. Jenis kerajinan dari sabut kelapa ini sangat populer dan masih banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Semakin maraknya sapu modern berbahan plastik, tak membuat sapu ijuk sabut kelapa menjadi sepi peminat.

Hal ini karena sapu ijuk sabut kelapa dianggap bisa membersihkan debu dan kotoran lebih bersih dibanding sapu jenis lainnya. Selain itu, sapu ijuk sabut kelapa juga tergolong murah. Tak heran sapu ijuk sabut kelapa saat ini masih sering digunakan oleh masyarakat Indonesia.

3. Tali dari Sabut Kelapa

Tali adalah kerajinan lain yang bisa dibuat dari sabut kelapa. Tali memiliki diameter yang berbeda-beda tergantung dari ketebalan sabut kelapa yang digunakan. Pada umumnya, tali sabut kelapa yang dijual di pasaran memiliki 2 hingga 3 ply.

Meskipun begitu, ada juga tali yang memiliki lebih dari 3 ply, biasanya tali jenis ini digunakan untuk mengangkat pekerjaan berat. Ply adalah jumlah lilitan pada tali.

Selanjutnya, tali sabut kelapa juga bisa dijadikan sebagai produk-produk kerajinan lainnya misalkan cocopot, cocomesh dan lain sebagainya. Dapatkan produk cocomesh berkualitas hanya di Rumah Sabut.

4. Media Tanam dari Sabut Kelapa

Sabut kelapa juga bisa dijadikan sebagai media tanam pada beberapa jenis tanaman hias, misalnya tanaman anggrek. Media tanam dari sabut kelapa atau sering disebut sebagai cocopeat ini juga biasa digunakan sebagai media persemaian tanaman.

Selain itu, cocopeat juga dapat digunakan sebagai bahan campuran pupuk kompos dan pengganti serat kayu. Saat bibit tanaman sudah tumbuh besar, Anda tidak perlu mengeluarkan media tanam sabut kelapa tapi langsung dipindahkan ke dalam media tanam baru baik dalam pot ataupun langsung ke tanah.

5. Ring Dekorasi dari Sabut Kelapa

Ring dekorasi sering digunakan sebagai hiasan rumah hingga acara ulang tahun, ataupun acara pernikahan dengan tema vintage. Kerajinan dari sabut kelapa ini dapat menambahkan kesan natural pada rumah.

Biasanya ring dekorasi sabut kelapa ditambahkan dengan dekorasi lain sehingga menambah nilai estetiknya, misal bunga kering, lampu tumblr, tulisan, dan lain sebagainya. Ring dekorasi dengan bahan sabut kelapa ini tergolong lebih murah jika dibandingkan dengan ring dekorasi yang terbuat dari akar rotan.

Demikian tadi beberapa kerajinan dari sabut kelapa yang bisa Anda jadikan ide untuk memulai usaha. Selain bisa dengan mudah mendapatkan sabut kelapa di sekitar, kerajinan sabut kelapa juga bisa menjadi bisnis yang menguntungkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *