FILTERISASI PADA UDARA

Kebutuhan hawa bersih di sebagian tempat seperti tempat cleanroom. Memiliki system filterisasi yang berbeda beda. Pada umumnya didalam pembersihan hawa hanya gunakan prefilter sebagai pelindung debu untuk merawat dan merawat unit tata udara.

Tingkat kebersihan hawa miliki faedah dan target tertentu. Tujuan berikut untuk merawat unit pengatur hawa dan bersama dengan target merawat product dan manusia sebagai pengguna hawa terbanyak.

Sistem Unit Udara bermanfaat sebagai pengatur hawa untuk ventilasi. Udara yang terkontaminasi membutuhkan penanganan spesifik yang tidak murah. Pada proses penanganan hawa kontimanasi dapat banyak mengundang persoalan bukan hanya kepada manusia tetapi kepada unit tersebut.

Udara yang berputar dapat condong membawa partikel yang tidak dapat dicermati bersama dengan mata manusia biasa. Pada unit tata hawa semua gunakan fan untuk meniupkan udara. Hal berikut dapat miliki efek negatif dan positif.

Semua hawa yang ditarik ke didalam proses penanganan hawa “terkontaminasi” untuk sebagian derajat. Hal ini umumnya di terima bahwa partikel hawa (partikel padat, cairan, asap, asap, atau bakteri) yang lebih besar berasal dari 5 mikron didalam ukuran condong menyelesaikan bersama dengan cepat berasal dari hawa ke permukaan horisontal.

Partikel hawa yang kurang berasal dari 5 mikron (terutama yang kurang berasal dari 2 mikron) condong untuk menetap terhadap hawa dan senantiasa tersuspensi (udara) untuk jangka pas yang lebih lama.Kekhawatiran atas infeksi didapat di tempat tinggal sakit sudah mendorong solusi filtrasi ke garis terdepan sebagai alat utama untuk pengendalian infeksi.

 

Ada lima metode filtrasi.

– Straining – Partikel di hawa lebih besar berasal dari bukaan antara serat filter. Teknik ini terlalu cocok untuk menghilangkan kotor partikel besar. Efisiensi penyaringan rendah.
– Impingement – Partikel bertabrakan bersama dengan serat filter dan senantiasa menempel terhadap filter. Serat dapat dilapisi bersama dengan perekat. Efisiensi penyaringan rendah.
– Interception – Partikel masuk ke filter dan menjadi terjebak dan menempel terhadap serat filter. Efisiensi penyaringan adalah media.
– Diffusion – Partikel kecil, bergerak didalam gerakan tidak menentu, bertabrakan bersama dengan serat filter dan senantiasa terpasang. Efisiensi penyaringan tinggi.
– Elektrostatik – Partikel bantalan muatan elektrostatik negatif tertarik untuk menyaring bersama dengan serat bermuatan positif. Efisiensi penyaringan tinggi.

Semua tempat umum layanan perawatan kebugaran kudu miliki dua bank berasal dari filter – 30% (ASHRAE 52,1) prefilter dan 90% penyaring akhir. Asalkan filter akhir dipasang dan dipelihara dan asalkan tersedia sedikit atau tidak tersedia bypass disekitar filter, efisiensi paduan berasal dari dua filter bank hampir 100% menghilangkan partikel berasal dari 1μm – 5 m.

Sistem filtrasi digunakan sebagian besar tempat perawatan pasien di layanan perawatan rawat jalan, dan lingkungan ruang operasi.Sebuah metrik umum untuk kinerja filter adalah minimum nilai pelaporan efisiensi (Merv), peringkat berasal berasal dari metode pengujian yang dikembangkan oleh ASHRAE. Rating Merv menunjukkan kebolehan filter untuk menangkap partikel antara 0,3 dan 10,0 mikron didalam diameter.

Sebuah nilai yang lebih tinggi Merv diterjemahkan menjadi filtrasi yang lebih baik, sehingga Merv-13 Filter bekerja lebih baik daripada Merv-8 filter. Dalam layanan perawatan kebugaran filter akhir Merv-14 adalah dapat menhilang partikel lumayan memuaskan. Filter High Efficiency Particulate Air (HEPA) HEPA filter rumah sakit miliki efisiensi awal minimum 99,97% untuk menghilangkan partikel 0,3 mikron.

Ini adalah titik parah gara-gara filter ini digunakan untuk menghilangkan jamur dan bakteri, umumnya 1 hingga 5 mikron didalam ukuran dikala udara, serta partikel virus yang submikron didalam ukuran (sebagai referensi, spora Aspergillus adalah 2,5 – 3 m di diameter).

Setiap filter HEPA secara individual diuji di pabrik untuk mengkonfirmasi kesesuaian mereka untuk standar ini. Mereka terhitung kemungkinan diuji lapangan untuk mengkonfirmasi mereka kepatuhan berkesinambungan untuk persyaratan efisiensi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *