Vedic Astrology di Jaman Modern

Vedic astrology Indonesia

Ada banyak agama yang diakui oleh dunia, salah satunya adalah agama Hindu. Sama halnya dengan agama lainnya, agama Hindu memiliki sejarah yang panjang dan telah muncul sejak ribuan tahun yang lalu. Sebagai salah satu agama tertua, banyak ilmu yang telah mendapatkan pengaruh dari agama Hindu. Salah satu ilmu yang mendapatkan pengaruhnya adalah Vedic astrology Indonesia. Tidak hanya dikenal sebagai ilmu, astrologi Hindu juga merupakan sebuah sistem yang dipraktikkan untuk sebuah horoskop. Sistem yang dikenal pula dengan nama Jyotisha ini telah lama diperdebatkan oleh banyak sarjana.  Ada sebagian besar sarjana yang menilai bahwa sistem astrologi India ini telah mendapatkan pengaruh dari astrologi Yunani.

Vedic Astrology Modern

Dahulunya, Vedic astrology dimanfaatkan untuk memberikan dukungan kepada ritual Veda. Ilmu kuno ini dapat digunakan untuk mempersiapkan tanggal dan waktu yang tepat pada saat melakukan pengorbanan. Seiring dengan berkembangnya waktu, astrologi Hindu memiliki peranan yang berbeda namun tetap menjadi aspek penting bagi kehidupan umat Hindu. Bagi umat Hindu, bayi yang baru saja dilahirkan akan diberi nama berdasarkan Kundali atau bagan Jyotisa. Tidak hanya penamaan pada bayi, astrologi Hindu juga digunakan pada saat masyarakat akan melakukan pindah rumah.

Dalam masyarakat modern, umat Hindu tetap menggunakan astrologi sebagai pegangan atau acuan dalam melakukan kegiatannya. Vedic astrology juga dilakukan untuk menentukan keputusan pada saat akan memberlangsungkan pernikahan dan memulai melakukan bisnis baru. Penganut agama Hindu percaya bahwa planet, bintang dan benda langit lainnya memiliki pengaruh yang besar terhadap kehidupan manusia. Pengaruh dari benda langit tersebut akan menghasilkan sebuah karma. Navagraha merupakan dewa planet yang dinilai sebagai bawahan makhluk tertinggi yang memberikan peradilan kehidupan. Karena itulah, planet dinilai dapat memberikan pengaruh bagi kehidupan manusia di bumi.

Astrologi yang melahirkan horoskop berdasarkan dengan planet melahirkan kemunculan peramal atau paranormal. Teknik astrologi Hindu membutuhkan pelatihan dan teknik yang panjang. Mereka bahkan membutuhkan waktu bertahun-tahun agar dapat menerapkan teknik astrologi dengan baik. Peramal yang memiliki reputasi baik adalah mereka yang terampil mengembangkan teknik horoskop sepanjang hidupnya. Praktik yang mendalam hampir mustahil dilakukan meski telah melakukan pembelajaran dalam kurun waktu yang lama. Tingkat intuisi yang tinggi hanya mampu mempertahankan standar spiritual tertentu.

Hal Penting yang Perlu Diketahui Akan Vedic Astrology

Salah satu hal yang perlu untuk diketahui mengenai Vedic astrology Indonesia adalah asal usul dari ilmu India kuno tersebut. Ilmu ini dapat memberikan pengaruh akan kehidupan manusia dan didasari oleh keberadaan planet dan bintang. Benda langit tersebut memberikan pengaruh yang sangat kuat bagi kehidupan manusia. Kepercayaan ini dipercaya oleh semua umat Hindu. Hidup di dunia bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan spiritual. Dalam pertumbuhan kehidupan tersebut, manusia difasilitasi dengan karma, tindakan dan konsep pikiran. Karma manusia dapat terjadi berdasarkan dengan keberadaan bintang dan planet. Selain sejarah, dibawah ini merupakan hal penting lainnya yang berkaitan dengan astrologi Hindu:

  1. Ilmu yang dipengaruhi oleh planet

Segala hal di dunia ini mendapatkan pengaruh yang kuat terhadap waktu. Karena pengaruh waktu, manusia tidak akan lepas dari tahap kehidupan. Berdasarkan ilmu pengetahuan modern, baik ruang dan waktu memiliki hubungan yang kelak akan melahirkan jalinan kehidupan manusia. Planet dan benda langit seperti bintang dapat memberikan pengaruh akan hubungan manusia. Jika disimpulkan, benda langit seperti planet bertugas sebagai wasit yang menjaga ketertiban kehidupan manusia.

  1. Kehendak bebas dan takdir

Masa depan manusia ditentukan berdasarkan dengan kehendak bebas dan takdir. Takdir merupakan keadaan yang dialami oleh manusia semasa hidup. Kehendak bebas merupakan reaksi atau tindakan manusia melalui tindakan dan pikirannya. Reaksi manusia akan menciptakan karma dan rangkaian situasi pada masa depan. Weda berisikan dengan dharma, moksha, kama dan artha yang merupakan tujuan hidup manusia.

  1. Kualifikasi seorang peramal

Karena Vedic astrology merupakan sebuah horoskop atau ramalan di masa depan, bukan hal yang aneh jika muncul peramal di kehidupan manusia modern. Peramal yang baik telah melakukan pembelajaran dan pelatihan dalam waktu yang lama sehingga mampu memprediksi suatu hal.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *