7+ Menu Masakan Untuk Nasi Kotak Aqiqah yang Sederhana

Menu Masakan Untuk Nasi Kotak Aqiqah

Menu Masakan Untuk Nasi Kotak Aqiqah yang Sederhana – Jika Anda berencana untuk mengabadikan aqiqah untuk anak-anak Anda, Anda dapat menyiapkan makanannya sendiri atau menugaskannya ke penyedia catering aqiqah terdekat. Namun nyatanya Anda bisa memutuskan daftar masakan aqiqah, yang akan dimasukkan ke dalam nasi box. Pada artikel kali ini,  kami akan memberikan beberapa contoh masakan yang bisa Anda pilih sebagai menu aqiqah sederhana dari Aqiqah Sukakarya Bekasi untuk nasi box yang akan Anda siapkan.

1. Nasi Putih & Kebuli

Menu Masakan Untuk Nasi Kotak Aqiqah
nasi putih menu wajib aqiqah form Kompas.com

Nasi merupakan sesuatu yang tidak bisa dipisahkan dari masyarakat Indonesia, karena nasi merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia. Tanpa nasi, jenis masakan yang berbeda akan terlihat janggal, meski sedap. Oleh karena itu, saat menata menu aqiqah sederhana di atas rice box, nasi pasti akan menjadi hal wajib dalam keberadaannya.

Anda bisa menambahkan nasi putih biasa, atau menggunakan nasi Uduck. Sesuai daftar lain yang Anda inginkan. Nasi uduk hanya cocok untuk hidangan olahan domba tanpa saus seperti steak, rendang atau sate. Daging kambing olahan dengan rebusan, nasi putih harus digunakan.

Ada pilihan lain selain menggunakan nasi. Bisa diganti dengan Ketupate atau Luntung. Makanan pokok yang juga dibuat dengan nasi juga harus dipilih sesuai dengan daftar olahan daging kambing. Biasanya menggunakan lontong sangat cocok dengan menu sayur krecek atau sate dan sambal kacang.

2. Tempe Oseng / Tumis Tempe

Menu Masakan Untuk Nasi Kotak Aqiqah yang Sederhana
https://www.masakapahariini.com/

Hidangan lain yang sering dijumpai pada menu aqiqah sederhana adalah tempe goreng. Selain proses pembuatannya yang mudah, tempe goreng bisa menjadi rekomendasi karena banyak orang yang menyukai masakan ini. Anda bisa menambahkan daftar ini ke dalam Kotak Nasi Aqiqah yang akan Anda buat.

Osing tempe yang sering ditambahkan adalah yang dimasak dengan rasa pedas dan manis khas masakan jawa. Ada juga jenis tempe goreng yang kering dan renyah, biasanya dengan tambahan bumbu kacang tanah. Alternatif lainnya adalah tumis tempe dengan rasa pedas dan bahan tambahan lain yang menyerupai kembang api goreng.

3. Sayuran Urap / Urap Sayur

Menu Masakan Untuk Nasi Kotak Aqiqah
Urap Sayur Untuk Menu Aqiqah @ kompas.com

Urap adalah hidangan sayuran rebus yang dicampur dengan kelapa parut yang dibumbui untuk menambah rasa. Urap juga disebut sebagai gudangan di beberapa daerah di Jawa dan biasa ditemukan pada masakan Indonesia. Namun nyatanya salep tersebut berasal dari khazanah makanan khas jawa. Itulah mengapa pada beberapa acara perayaan tradisional, makanan ini terkadang tersedia.

Urap tidak mengandung daging, dan dapat dimakan sendiri sebagai makanan vegetarian atau sebagai sayuran dengan nasi sebagai bagian dari makanan lengkap. Untuk daftar onyx, salep digunakan sebagai makanan seimbang. Biasanya hidangan aqiqah daging kambing mengandung protein dan lemak hewani yang tinggi, dengan salep vegan akan ada penstabil nabati yang ada di dalam sayuran.

4. Tumis Oseng Brokoli

Menu Masakan Untuk Nasi Kotak Aqiqah
dapurkobee.com

Terkadang pada menu aqiqah selain daging kambing olahan juga tersedia brokoli goreng. Hidangan ini adalah hidangan yang menggunakan brokoli, wortel, dan kembang kol. Terkadang ada tambahan udang, bakso atau kari. Dapur ini memiliki fitur baru. Karena sajian ini sedikit kuah, sebaiknya disajikan dengan olahan daging kambing yang tak berkah di menu aqiqah.

5. Masakan Kambing

Menu Masakan Untuk Nasi Kotak Aqiqah
Catering Aqiqah Sukakarya Bekasi @aqiqahanda.com

Daging kambing memiliki manfaat yang berbeda-beda. Salah satu manfaat daging kambing adalah kemampuannya meningkatkan stamina. Namun, jika Anda mengkonsumsinya secara berlebihan dan tidak terkontrol, hal ini dapat membahayakan kesehatan Anda karena daging kambing yang kaya protein juga mengandung lemak dan kolesterol yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan.

Saat mengolah daging kambing hal yang harus diperhatikan adalah tidak ada bau menyengat yang menyengat pada masakan. Oleh karena itu, untuk mengolah daging kambing agar bau kambing berkurang, diperlukan teknik pengolahan yang berbeda. Hal inilah yang dilakukan penyedia jasa aqiqah Purwokerto yaitu nasi aqiqah dalam menyiapkan hidangan aqiqahnya.

Beragam menu bisa dipilih dari olahan daging kambing. Daftar sat, tongseng, atau gul biasanya digunakan dalam hidangan batu akik. Pasalnya, hidangan ini cukup familiar hingga ke berbagai daerah di Indonesia. Selain itu, makanan khas daerah juga bisa dipilih, seperti menu sate klathak khas Yogyakarta.

Alternatif lain yang bisa dijadikan pilihan adalah menu yang jarang digunakan. Salah satunya adalah nasi kibuli. Nasi Kiribati adalah nasi khas Timur Tengah yang diolah dengan daging unta atau kambing. Hampir menyerupai menu nasi kambing goreng, namun rasanya lebih khas.

6. Buah Segar

Menu Masakan Untuk Nasi Kotak Aqiqah
buah segar from Jakartanotebook.com

Sebagai pelengkap menu aqiqah, Anda bisa memasukkan satu jenis buah segar sebagai pencuci mulut. Irisan semangka yang paling banyak digunakan. Selain harganya yang tidak terlalu mahal, rasa semangka juga segar dan sangat cocok untuk dijadikan pendamping olahan daging kambing yang biasanya berminyak. Namun, Anda bisa menggantinya dengan buah lain seperti jeruk.

7. Acar Timun

Menu Masakan Untuk Nasi Kotak Aqiqah
Acar Timun @ islampost.com

Acar adalah makanan yang terbuat dari mentimun, cabai, bawang bombay, tomat, dll., Yang diberi cuka dan air garam untuk memberi rasa yang berbeda. Acar umumnya disajikan sebagai pelengkap olahan masakan kambing pada menu aqiqah sederhana. Selain itu bisa juga disajikan sebagai rujak.

Acar sudah ada di berbagai negara dengan nama lain. Hal ini dikenal di Korea Selatan sebagai kimchi dan di Jepang sebagai natto. Meski nama, bahan dan cara pembuatannya terkadang berbeda, acar tetap berfungsi sebagai pelengkap makanan. Selain itu, makanan ini digunakan sebagai makanan untuk menetralkan makanan berlemak seperti olahan kambing dalam menu aqeeqah.

8. Kerupuk Udang Enak

Menu Masakan Untuk Nasi Kotak Aqiqah
kerupuk undang untuk aqiqah

Tak lengkap rasanya jika menghidangkan masakan Indonesia tapi tanpa biskuit. Kerupuk merupakan bagian dari masakan Indonesia dan populer di berbagai tempat. Untuk menu aqiqah yang sederhana biasanya menggunakan nasi kotak udang yang renyah. Saat menambahkan kerupuk ini, mereka harus ditempatkan di plastik terpisah agar tetap renyah dalam waktu yang lama.

Itulah beberapa menu masakan untuk nasi kotak aqiqah yang kami saran. Pilihlah menu catering aqiqah yang direkomendasikan oleh aqiqah sukakarya bekasi di atas, sesuai dengan kebutuhan dan budget anda. Semoga urusan aqiqah anda dimudahkan. Baik anda menanganinya sendiri atau menggunakan jasa catering aqiqah yang ada didekat anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *