Cara Membuat Sambal Ayam Panggang Yang Mudah Dan Enak

Cara Membuat Sambal Ayam Panggang

Ayam panggang lebih nikmat jika dikonsumsi dengan sambal, cara membuat sambal ayam panggang sangatlah mudah. Dengan bahan yang bisa dicari dengan gampang dan caranya juga mudah membuat orang saat ini bisa kapan saja mencoba membuatnya dirumah.

Sambal

Sambal merupakan istilah besar yang di sebut dalam kuliner Indonesia merujuk pada saus yang pedas. Secara garis besar, sambal yang menggunakan bahan utama cabai yang dilumatkan sehingga mengeluarkan kandungan sari cabe dan ditambah dengan bahan-bahan lain seperti garam dan terasi.Sambal merupakan salah satu unsur dari khas hidangan Indonesia.

Sambal juga mudah ditemukan dalam kuliner Asia Selatan dan Asia Timur. Ada beberapa macam variasi sambal yang berasal dari berbagai daerah. Berikut cara membuat sambal ayam panggang.

Cara Membuat Sambal Ayam Panggang

Cara Membuat Sambal Ayam Panggang

1. Sambal Bawang

Bahan-bahan:

  • Royco kaldu 1 saset
  • 25 Buah cabai rawit merah
  • 1 Sendok gula pasir
  • 5 Buah siung bawang putih
  • 12 Butir bawang merah
  • 6 Sendok makan minyak,untuk menumis

Cara Membuat Sambal Bawang:

  1. Ulek kasar cabai rawit merah bersama Royco Kaldu dan gula pasir menggunakan cobek
  2. Tambahkan bawang merah dan bawang putihulek kembali.
  3. Panaskan minyaktumis sambal hingga matangAngkat.
  4. Dan sajikan

2. Sambal Tomat

Bahan-bahan:

  • 3 buah tomat
  • 10 buah cabe kecil
  • 2 siung bawang putih
  • 4 siung bawang merah
  • minyak goreng untuk menggoreng
  • sesukanya garam
  • seperlunya gula
  • secukupnya terasi

Cara Membuat Sambal Tomat:

  1. Kupas bawang merah dan bawang putih kemudian potong kecil kecil.

  2. Potong kecil2 cabe dan tomat

  3. Goreng cabe, bawang putih, bawang merah, terasi dan tomat

  4. Setelah layu atau matang, angkat dan tiriskan

  5. Uleg dan tambahkan garam serta gula secukupnya

  6. Sajikan

Jenis Jenis Sambal

1. Sambal Bawang

Sambal bawang merupakan salah satu jenis sambal yang menggunakan bahan campuran berupa bawang dan cabai merah. Bawang yang digunakan bisa juga berupa bawang merah dan bawang putih atau bisa juga keduanya. Perpaduan dari cabai dan bawang ini akan memiliki cita rasa lezat yang nikmat dan cocok untuk setiap hidangan, terutama ayam goreng atau juga bakar, dan daging lainnya.

2. Sambal Teri

Sambal teri yang satu ini mempunyai citarasa pedas dan gurih yang berasal dari salah satu bahan campuran sambal , yaitu menggunakan ikan teri. Ikan teri yang digunakan juga pada jenis sambal ini biasanya menggunakan teri medan yang terkenal memilik citai rasa yang renyah dan lezat. Ditambah juga dengan cabai segar yang pedas pasti membuatmu ketagihan dan kepedasan!

3. Sambal Ikan Roa

Sambal Ikan Roa merupakan jenis sambal yang berasal dari Manado, Sulawesi Utara. Sambal Ikan Roa, terbuat dari berbagai campuran seperti cabai segar dan ikan Roa asap. Ikan Roa merupakan ikan khas dari Manado yang banyak ditemukan di daerah Sulawesi Utara dan sekitarnya. Karena ikan Roa hanya berada di wilayah tersebut, membuat Sambal Ikan Roa ini menjadi sangat spesial dan lezat.

Ayam Panggang

Ayam panggang merupakan hidangan negara asia salah satunya Indonesia ,Malaysia,dan banyak lagi,. makan ayam panggang bersama keluarga terasa tidak lengkap adanya sambal yang menggugah lidah. Bahan sambal ayam panggang merupakan bahan khas indonesia yang harus di pakai di ayam bakar.

Diketahui Ayam panggang berasal dari negara asia tenggara maritim untuk hidangan.Terutama hidangan indonesia dan malaysia, yang di buat dengan ayam di panggang di panggangan . Di Indonesia ada berbagai macam bahan ayam panggang yang enak, Tidak hanya ayam panggang saja yang cara pembuatan nya yang mudah tapi cara membuat sambal ayam bakar pedas manis juga mudah dan cara membuat ayam bakar yang enak.

Demikian pembahasan mengenai cara membuat sambal ayam panggang yang mudah dan enak. Kamu bisa membuat sambal ini dirumah, sehingga ayam bakarmu akan jauh lebih nikmat. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *