Banyak Situs Manga One Piece Yang Ditutup

Situs baca manga itu memang banyak tetapi semua itu kebanyakan illegal karena yang kerjain dan translate mange tersebut adalag para fans yang suka dengan manga itu. Jadi situs seperti itu memang berniat menyalurkan hobi mereka kepada sesama penggemar manga agar yang tidak bisa bahasa jepang bisa menikmati kisah manga yang ada. Mereka memang bekerja tanpa dibayar namun mereka pun juga dapat pendapatan walau kecil yaitu dari iklan.

Cover Manga One Piece

manga one piece

Umumnya situs baca manga ini terdiri dari beberapa orang yaitu mulai dari typesetter, translator, hingga raw provider. Para situs scanlation ini memang terdiri dari beberapa grup karena menerjemahkan satu manga saja sudah lama. Biasanya tiap minggu manga itu selalu rilis dalam beberapa chpater sekitar 17 hingga 20 chapter bahkan yang bulanan pun juga ada yang sampai 50. Makanya jangan heran kalau situs seperti ini membutuhkan waktu yang agak lama untuk merilis hasi scan manga mereka.

Soalnya sebagai contoh saja sebelum manga itu dirilis setidaknya manga tersebut harus di edit terlebih dahulu oleh para cleaner. Yaitu orang yang tugasnya untuk membersihkan atau mengedit hasil scan manga yang ada text jepangnya untuk dihapus. Disini nanti juga harus ada orang yang bisa memasukkan teks yang sudah di translate ke dalam gambar hasil edit tadi.

Sebenarnya prosesnya cukup panjang tetapi sih intinya cuma itu, setelah itu kalau sudah selesai baru masuk tahap akhir yaitu tahap koreksi. Orang yang mengkoerksi hasil akhir manga tadi apakah ada yang error atau tidak. Selain itu ada tahap selanjutnya yaitu quality checker dimana tugasnya adalah mengecek apakah hasil terjemahan manga itu kualitasnya sudah bagus? Di cek semua mulai dari kualitas gambar serta kesalahan penulisan dan lain-lain.

Sebelum akhirnya baru deh di rilis ke publik dan bisa kita nikmati. Semua ini dilakukan secara sukarela makanya situs scanlation itu kebanyakan illegal dan bahkan malah ada yang ditutup. Contohnya saja yang terbaru readms atau mangastream yang situs tersebut sekarang sudah tidak dapat diakses lagi. Padahal situs seperti ini menyediakan hasil translate dengan kualitas bagus. Banyak sih situs yang tutup karena mengerjakan manga yang terkenal seperti one piece.

Tentu saja perkara ini merupakan kabar buruk bagi mereka yang hobi baca manga one piece. kalau saya sih lebih suka nonton episodenya saja daripada baca manga. Dulu sih suka sekarang sih tidak terlalu, biasanya saya download one piece di otodidaxx. Soalnya sudah lengkap saja mulai dari episode pertama hingga versi the movie. Lagian menurut saya lebih enak untuk nonton filmnya daripada manganya, walau baca manga itu asik buat yang tidak sabar dengan kisah yang terbaru dari manga yang ada.

Jarak kisah dari manga dan episode itu cukup panjang jaraknya kalau tidak salah sekitar satu tahun atau dua tahun gitu. Tepatnya kurang lebih 50an chapter, jadi episode yang kamu tonton saat ini kisahnya sudah berjarak 50an chapter dari episode terbaru yang di manga. Membaca manga ini sangat cocok terutama untuk kamu yang hobi baca dan tidak sabar untuk melihat kelanjutan ceritanya bagaimana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *