Barang bekas bisa jadi duit ? tentu , ini contoh nya

Jika di sekitaran rumah sobat terdapat banyak barang bekas yang sudah tak terpakai lagi , mending dimanfaatkan saja menjadi product kerajinan tangan bernilai tinggi .  Sehingga dapat menjadi tambahan income bagi keluarga anda , atau sukur sukur malah  dapat menjadi sumber penghasilan utama.

 

Permasalahan sampah masih menjadi permasalahan utama di daerah perkotaan ,khusus nya daerah yang memiliki kepadatan penduduk tinggi . Walau permasalahan ini telah banyak diusahakan penanganan nya oleh dinas pemerintah terkait , tapi sebenar nya ada satu cara yang bisa saja menjadi sedikit alternatif guna mengurangi menumpuk nya limbah sampah terutama berjenis non organik .

Cara tersebut adalah dengan menjadikan nya barang kerajinan tertentu . Nah berikut beberapa contoh pemanfatan limbah sampah terbaik yang memiliki nilai ekonomis tinggi .

 

Pot bunga dari botol bekas

Khusus untuk kerajinan tangan ini , limbah botol yang dapat dimanfaatkan harus berbahan dasar plastik ya sob , karena untuk botol kaca tidak bisa dimanfaat kan disini .

 

Pernah dengar ini ” Indonesia darurat sampah plastik ” ?

“Sampah menjadi masalah karena polanya kumpul-angkut-buang ini sampah jadi menumpuk. Harus diubah menjadi pemilahan, pengumpulan, pengangkutan, pengolahan, dan pemrosesan akhir. Untuk itu berikut di bawah ini contoh pemanfaatan sampah plastik menjadi prudoct bernilai ekonomis tinggi

Bahan serta Perlengkapan yang Dibutuhkan

  • Botol plastik bekas
  • Pisau
  • Hiasan untuk mata
  • Pupuk/tanah untuk menanam
  • Tanaman

Cara Membuat Kerajinan Tangan dari Botol Bekas Berbentuk Pot Bunga

  • Sediakan bahan serta perlengkapan yang dibutuhkan
  • Setelah semuanya sudah terkumpul, langkah berikutnya yaitu memotong botol plasting dengan pisau.
  • Ukurannya dikira-kira saja atau anda bisa lihat pada gambar.
  • Berikan sedikit hiasan sesuai sama apa yang diinginkan. Jika ingin sesuai sama contohnya, lekatkan saja tutup botolnya sebagai mulut serta berikan mata boneka, lantas tempel.
  • Jangan lupa untuk melubangi sisi bawah botol supaya air tidak mengendap di dalam botol.
  • Masukkan botol pupuk serta tanah ke dalam botol.
  • Masukkan bibit tanaman yang ingin di tanam.

 

Ruang kantor dari kontainer bekas

Barang bekas kedua yag dapat dimanfaatkan menjadi produk dengan nilai jual tinggi adalah kontainer bekas .
Pemanfaatan barang bekas memang sudah menjadi tren di era modern ini karena berkurangnya berbagai sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui serta lamanya waktu yang dibutuhkan untuk proses daur ulang tersebut.

 

Saat ini dilapangan, kontainer bekas telah dimanfaatkan kedalam aneka jenis bangunan seperti rumah , toko dan kantor .

Jika yang selama ini kita lihat umumnya sebuah kantor akan bertempat di gedung tinggi maupun rumah , maka baru baru ini di Indonesia perlahan mulai beralih ke ruangan berbahan dasar kontainer bekas . Sobat bisa melihat beberapa contoh dari pemanfaatan kontainer bekas disini : master-container.com

 

Melihat hal ini tentu menjadi peluang besar bagi sobat yang sedang mencari referensi membuka usaha dengan prospek menjanjikan kedepan nya .

 

Demikian lah postingan kami tentang peluang usaha dari barang bekas. semoga artikel pendek ini dapat menjadi inspirasi bagi pembaca sekalian . Terima kasih sudah membaca …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *