Tips Belajar Bahasa Jepang Otodidak – Saatnya Mandiri!

Mahalnya tempat kursusan dan LPK di luaran sana tentunya membuat orang kreatif seperti anda banting stir rencana dari belajar bareng menjadi belajar secara otodidak. Tak perlu susah-susah juga, karena banyak cara yang bisa kamu lakukan dalam melakukannya, bahkan waktunya pun sangatlah fleksibel.

Tetapi meskipun begitu, belajar secara otodidak juga dituntut kedisiplinan yang tinggi dalam menjalani. Karena godaan terbesar dalam belajar bahasa jepang secara otodidak adalah karena ketidakmampuan dalam mengatur waktu dan melawan rasa malas.

Kelebihan dan Kekurangan

Setiap hal apapun pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, begitupun dengan belajar bahasa jepang secara otodidak. Tetapi bukan berarti kekurangan tersebut tidak bisa anda akali ataupun lalui. Banyak cara yang bisa anda lakukan demi mengunggulinya.

Pertama, kelebihan dari belajar secara otodidak adalah memiliki waktu yang bebas. Fleksibilitas yang kamu miliki bisa menjadi salah satu peran terbesar. Anda tidak harus mengorbankan pekerjaan ataupun waktu bermain anda. Selain itu, banyak juga orang yang hanya mampu berpikir di malam hari (nocturnal person), sehingga belajar bahasa Jepang secara otodidak bisa menjadi pilihan terbaik bagi mereka.

Kelebihan lainnya adalah anda bisa memilih jenis pelajaran yang anda inginkan, tentunya disesuaikan dengan kebutuhan anda. Misalnya, kebutuhan untuk ujian dan persiapan magang tentunya memiliki pendekatan yang berbeda.

Tetapi kekurangan dari belajar bahasa Jepang secara otodidak adalah resiko kesulitan membagi waktu dan mendapatkan dorongan motivasi ketika mengalami kesulitan dan kebosanan. Maka dari itu, cobalah untuk tetap konsisten setiap harinya, yaitu dengan tidak belajar terlalu banyak maupun tidak terlalu sedikit. Satu jam per hari tetapi konsisten bisa menjadi patokan untuk anda.

Cara Belajar

Banyak cara yang bisa dilakukan oleh para pembelajar otodidak. Salah satu yang saat ini paling popular adalah melalui Youtube dan website. Tetapi pastikan untuk mendapatkan tempat online yang baik, karena belajar otodidak sangatlah besar tantangannya.

Carilah website atau channel Youtube yang menyusun materinya secara rapi. Lebih bagus lagi jika anda menemukan tempat yang menyesuaikan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan para pembelajarnya. Jika tidak memiliki dana, anda pun masih bisa menemukan tempat belajar bahasa Jepang online secara gratis.

Cara lainnya adalah dengan membeli buku-buku bahasa Jepang. Salah satu yang kami rekomendasikan adalah Yasashii Nihongo untuk kebutuhan dasar ngobrol sehari-hari, Minna no Nihongo dan KISO untuk calon pemagang, dan Metode Gakushudo untuk kebutuhan persiapan Ujian Kemampuan Bahasa Jepang JLPT.

Pengalaman

Carilah juga tempat belajar bahasa jepang yang memang memiliki pengalaman belajar secara otodidak. Salah satu tempat terbaik adalah Weihome Gakuen, dimana pemiliknya mengaku belajar secara otodidak pula. Tempat tersebut juga memberikan pendekatan dengan imajinasi dan berdasarkan pengalamannya saat belajar otodidak.

Jadi, sudah siapkan anda belajar bahasa Jepang tanpa modal alias otodidak? Manfaatkanlah fasilitas-fasilitas yang bisa kamu temukan sekarang juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *