Tips Membuat Pantun Dengan Mudah & Cepat

Pantun menggambarkan salah satu karya sastra tipe puisi lama yang terdiri dari 4 baris yang umumnya bersajak a- b- a- b. Di sekolah bisa jadi kamu sempat dianjurkan modul tentang pantun, serta kamu mau membuat suatu pantun sendiri yang indah.

Nah, berkaitan dengan perihal itu Dedwija hendak memberikan suatu sistem yang gampang buat membuat suatu pantun buat kamu. Gimana sistem buat membuat pantun yang indah? Berikut 4 langkah dalam membuat pantun buat pendatang baru yang lumayan gampang kamu praktekkan.

1. Memahami syarat- syarat dalam membuat pantun

Saat sebelum membuat suatu pantun yang indah dengan gampang, terdapat baiknya kamu tahu terlebih dulu apa saja syarat- syarat dalam membuat pantun.

Ketentuan dalam membuat pantun ialah:

Dalam satu bait terdiri dari 4 baris kalimat.

2 baris mula- mula harus serta wajib berbentuk sampiran.

Serta 2 baris terakhir pula wajib berbentuk isi( pesan yang mau di informasikan)

Jumlah suku kata masing- masing baris antara 8- 12 suku kata.

Pantun yang indah buatan sendiri harus bersajak a- b- a- b.

Coba pahami ketentuan di atas, bila telah dimengerti buat membuat satu pantun yang keren serta lezat didengar tentu hendak gampang kamu buat nanti.

2. Memastikan tema

Semacam halnya karya sastra lain, pantun pula wajib memiliki tema ataupun topik. Tujuannya supaya pantun yang kita buat memiliki tujuan yang jelas buat apa serta buat siapa.

Didalam pantun sendiri mempunyai tema pendek, antara lain:

Pantun dengan tema intermezo( jenaka)

Pantun dengan tema cinta.

Pantun dengan tema nasehat.

Pantun dengan tema pembelajaran.

Serta masih banyak lagi…

Tiap tema yang aku sebutkan di atas umumnya tidak sering terdapat orang yang dapat memahami seluruh tema itu dalam membuat pantun. Jujur aku sendiri cuma dapat memahami tema nasehat.

Disini coba kamu tentukan dahulu tema pantun yang mau kamu buat, upayakan kuasai dahulu satu tema yang bagi kamu gampang. Sehabis memahami satu tema, coba lagi kuasai tema yang lain, serta seterusnya hingga memahami lebih dari 3 tema.

3. Menulis isi

Sehabis telah memiliki satu tema yang bagi kamu gampang, saat ini coba kamu buat isinya terlebih dulu.

Buat isinya coba pikirkan sebebas bisa jadi yang berkaitan dengan tema ataupun topik pantun yang mau kamu buat.

4. Menulis sampiran

Langkah terakhir dalam membuat pantun ialah memikirkan serta menulis sampirannya. Sistem buat membuat sampiran lumayan gampang, mula- mula, amati akhiran tiap baris isi pantun yang telah kamu buat. Contohnya di atas, ialah dibaris isi mula- mula bunyinya” Jangan kurang ingat buat belajar” dengan 3 huruf terakhir” jar”

Serta pada baris isi kedua dengan bunyi” Supaya nanti jadi orang yang bermanfaat” dengan 2 huruf akhir” na”

Ambil sebagian huruf kesimpulannya. Sehabis itu pikirkan satu kata dengan akhiran bunyi” jar” serta” na”. Satu kata dengan akhiran” jar” merupakan” dikejar” serta satu kata dengan akhiran” na” merupakan” hina”.

Sehabis berakhir memikirkan satu kata yang mempunyai 2 huruf balik sama, saat ini tinggal kamu pikirkan 2 buah kalimat yang setimpal dengan kata” dikejar” serta” hina”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *