Tanaman porang | Manfaatnya Untuk Kesehatan

Tanaman Porang Manfaatnya Untuk Kesehatan

Tanaman porang manfaatnya sangat banyak terutama bagai kesehatan. Banyak masyarakat Indonesia yang mulai berbondong-bondong untuk membudidayakan tanaman yang satu ini.

Umbi porang diketahui memiliki nilai komoditas ekspor yang sangat tinggi yang menjadikan tanaman ini semakin dikenal.

Seiring dengan semakin banyaknya petani di Indonesia yang memulai untuk membudidayakan tanaman porang, tahukah Anda bahwa porang ternyata memiliki beragam manfaat.

Umbi porang biasanya diolah dan diekspor untuk dijadikan sebagai bahan bagu industri, bahan baku pangan, dan bahan baku kosmetik.

Dalam bidang pangan, umbi porang dikenal memiliki khasiat untuk meyembuhkan beberapa penyakit karena kandungan serat dan glucomannan di dalamnya. Mari kita simak bersama-sama manfaat umbi porang bagi kesehatan tubuh kita.

1. Mengontrol Berat Badan

Umbi porang terkenal dengan kandungan glucomannan dan seratnya yang tinggi. Tahukah Anda? ternyata senyawa glucomannan ini bisa digunakan untuk membantu mengontrol berat badan lho.

Sebuah penelitian tahun 2015 silam mengatakan bahwa mengonsumsi suplemen glucomannan efektif untuk membakar 1200 kalori.

Tak sampai disitu, kandungan serat umbi porang disebut-sebut dapat membantu memberikan efek kenyang yang lebih lama.

Sehingga umbi porang ini sangat cocok dikonsumsi bagi Anda yang sedang dalam program diet dan memerlukan asupan karbohidrat.

2. Mencegah dan Mengatasi Diabetes

Porang juga dapat digunakan untuk mengatasi dan mencegah diabetes mellitus. Umbi porang telah terbukti mampu mengendalikan kadar gula darah di dalam tubuh jika dikonsumsi bersama dengan american ginseng.

Selain bisa mengontrol berat badan, ternyata kandungan serat pada umbi porang yang memberikan efek kenyang lebih lama bisa Anda gunakan untuk mengontrol frekuensi makan sehingga kadar gula menjadi lebih stabil.

3. Mengontrol Kadar Kolesterol

Kebanyakan masyarakat Indonesia tidak bisa lepas dari gorengan. Seperti yang kita ketahui, gorengan mengandung kalori yang sangat tinggi sehingga bisa mengakibatkan timbulnya penyakit kolesterol.

Untuk mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh, Anda bisa memanfaatkan umbi porang atau suplemen glucomannan.

Dalam sebuah penelitian dengan judul “Journal of American Clinical Nutrition” pada tahun 2008 menyebutkan bahwa kandungan glucomannan pada umbi porang efektif untuk menjaga kadar kolesterol agar tetap ideal.

4. Mencegah Kanker

Kandungan serat dalam umbi porang dipercaya dapat mencegah beberapa penyakit, salah satunya yaitu kanker, terutama kanker usus.

5. Melancarkan Pencernaan

Seperti yang telah kita bahas tadi, bahwa porang mengandung serat yang tinggi.

Serat berperan penting dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan, khususnya pada bagian usus.

Bagi Anda yang sedang mengalami sembeli atau susah buang air besar, umbi porang bisa menjadi pilihan Anda

6. Mengatasi Peradangan

Dengan adanya kandungan KGM (Konjac glucomannan), umbi porang diyakini bisa membantu mengatasi peradangan dalam tubuh atau yang biasa disebut dengan inflamasi.

7. Menyembuhkan Luka

Tak sampai disitu, ternyata kandungan glucomannan pada umbi porang ini juga cukup efektif untuk mempercepat proses penyembuhan luka.

Seperti yang kita ketahui, manfaat utama kandungan glucomannan ini yaitu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

8. Detoksifikasi

Tepung porang sudah lama dipercaya oleh masyarakat tiongkok sebagai obat tradisional yang digunakan untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan.

Salah satunya adalah sebagai detoksifikasi atau sebagai penetral racun di dalam tubuh.

9. Merawat Kulit

Menurut penelitian yang dilakukan oleh American Journal of Dermatology and Venereology pada tahun 2013 bahwa porang bisa membantu untuk merawat kesehatan kulit khususnya untuk menghilangkan jerawat.

10. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung dan Stroke

Porang dipercaya mampu menurunkan hipertensi (tekanan darah tinggi), sehingga mampu mengurangi risiko penyaki jantung dan stroke.

Namun, manfaat ini ternyata belum pernah dibuktikan dengan penelitian lebih lanjut.

 

Demikian tadi informasi mengenai manfaat-manfaat porang bagi kesehatan. Untuk Informasi menarik lainnya, Anda dapat mengunjungi Affordablet.