Cara Membuat Kerajinan Asbak Dari Batok Kelapa Yang Bagus Dan Unik

Cara Membuat Kerajinan Asbak Dari Batok Kelapa Yang Bagus Dan Unik

Cara membuat kerajinan asbak dari batok kelapa ialah salah satu bentuk dengan pemanfaatan lagi limbah batok atau tempurung kelapa. Batok atau tempurung kelapa dapat diolah dengan kreatif menjadi karya yang menarik. Tentunya juga memiliki nilai jual.

Cara Membuat Kerajinan Asbak Dari Batok Kelapa

Cara Membuat Kerajinan Asbak Dari Batok Kelapa

Asbak menjadi kebutuhan bagi mereka perokok aktif untuk menjadi tempat pembuangan sisa dari rokok. Kalau kita sering kali melihat asbak terbuat dari marmer atau besi. Maka untuk kali ini unik karena terbuat dari batok kelapa.

Selain itu, asbak dari batok kelapa juga bisa digunakan untuk hiasan ruang tamu. Asbak Kerajinan dari batok kelapa tentunya akan menambah kesan klasik dan menarik.

1.Cara Membuat Kerajinan Asbak Dari Batok Kelapa

Bahan Dan Alat:

Cara Membuat Kerajinan Asbak Dari Batok Kelapa:

  1. Pertama batok kelapa tua di amplas pada bagian permukaan
  2. Potong-potong batok kelapa setengah dari batok yang utuh. Bisa juga kurang atau lebih, tunjukkan kreativitas pembaca
  3. Potongan batok yang satunya atau akan lebih baik bila ukuran lebih kecil dilem dengan batok  wadah asbak.
  4. Dan terakhir bisa dengan menambahkan hiasan pada batok kelapa, seperti dicat atau bisa juga diberi lubang dengan mesin bor plong tempurung kelapa dan diamplas sampai hasil benar-benar maksimal.

Baca Juga: Serat Sabut Kelapa Dan Manfaatnya Untuk Keseharian

Batok Kelapa

Di Indonesia, pohon kelapa tumbuh dengan subur di tepian pantai. Tanaman banyak manfaat ini seringkali mendatangkan banyak rezeki bagi mereka yang mau mengasah kreativitas untuk mengolahnya. Dari akar pohon hingga bagian batok kelapanya semua bisa dikreasikan menjadi benda-benda menarik bernilai ekonomi dan seni yang tinggi.

Bicara soal kerajinan dari kelapa, bagian yang paling sering dipakai adalah batok kelapanya. Tempurung kelapa ini bisa dijadikan banyak benda serbaguna. Mulai dari centong nasi hingga bros dan lampu meja. Tinggal asah kreativitas kita untuk menghasilkan benda yang tak hanya menarik tapi juga fungsional.

Nilai ekonomi dari sebuah kerajinan batok kelapa memang sangat tinggi. Selain itu cita rasa seni yang tinggi juga dibutuhkan jika ingin menghasilkan barang kerajinan dengan kualitas bagus. Sebelum mengolah batok kelapa menjadi aneka kerajinan yuk simak apa saja manfaat dari si batok kelapa ini.

Daur ulang batok kelapa merupakan salah satu wujud dari menjaga kelestarian lingkungan, kenapa bisa demikian karena kita dapat membantu mengurangi keberadaan limbah dari tempurung kelapa ini yang ada di lingkungan sekitar kita. Berkreasi membuat kerajinan tangan batok kelapa jadi barang maupun suatu yang unik dan inovatif sehingga dapat bernilai ekonomis tinggi.

Batok kelapa bisa didapatkan di pasar tradisional dengan murah meriah, bahkan bisa gratis. Para penjual kelapa di pasar biasanya mengumpulkan batok kelapa untuk dijadikan arang batok kelapa.

Ada juga yang menjual dalam jumlah kiloan atau per karung. Pastinya harganya jauh lebih murah bila membeli dalam jumlah yang banyak. Jadi bahan baku untuk membuat kerajinan batok kelapa sudah jelas cara mendapatkannya. Selanjutnya tinggal kita praktik membuat bermacam-macam jenis kerajinan batok kelapa.

Batok kelapa mungkin limbah yang seringkali diremehkan banyak orang. Namun, dengan sentuhan kreatif kamu bisa mengubah limbah batok kelapa memiliki nilai jual yang tinggi.

 

Semakin kreatif mengolah suatu limbah maka juga semakin tinggi nilai dari limbah tersebut. Seperti batok kelapa ini, ada banyak macam hasil kerajinan batok kelapa salah satunya seperti cara membuat asbak dari batok kelapa. Bahkan jual beli kerajinan ini juga mulai ramai.Semoga bisa membantu dan terima kasih.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *