Perbedaan Vco Dan Minyak Kelapa Yang Wajib Diketahui

Perbedaan Vco Dan Minyak Kelapa

Perbedaan vco dan minyak kelapa merupakan salah satu buah hasil minyak nabati yang mempunyai kelebihan tersendiri. Dapat dua jenis minyak yang dihasilkan dari kelapa, ialah minyak kelapa biasa (coconut cooking oil) dan Virgin Coconut Oil (VCO) atau dimasak dengan deep fryer. Kemudian apa perbedaan diantara kedua minyak tersebut?

Perbedaan Vco Dan Minyak Kelapa

Perbedaan Vco Dan Minyak Kelapa

1.Ekstraksi

Perbedaan minyak kelapa biasa dengan VCO dilihat dari proses pengambilannya. Minyak kelapa yang biasa berguna sebagai memasak ini menghasilkan dari pada bagian daging kelapa yang lalu dikeringkan atau disebut dengan kopra. Proses berikutnya ialah digiling ataupun komprasi dingin dengan tambahan bahan kimia atau bisa dengan mesin pembuat minyak kelapa, contohnya bahan pelembap sebanyak 6%.

Sedangkan VCO, ekstraksi menghasilkan murni dari santan kelapa yang masih segar. Sebagai hasilkan VCO tersendiri ditemukan beberapa tahapan, ialah fermentasi, churning ataupun proses pemisahan dengan cara sentrifugal antara santan dan juga lapisan minyak, pendinginan dan pemberian aksi enzim sebagai pemisahan antara minyak dan air ataupun santan yang lembab.

2.Bentuk dan Komposisi

Dengan cara umum, antara minyak kelapa biasa dengan VCO memang tak dapat dibedakan cara kasat mata. Tetapi, perbedaan bisa dilihat pada partikel, koloid ataupun tingkat kelembapan antara minyak kelapa biasa dengan VCO. Jika terlihat dengan cara cermat dan jelas,  asam lemak biasa mengendap pada dalam minyak kelapa biasa. Sedangkan VCO tak ada endapan pada dalam minyak itu dan dilihat begitu jernih seperti air. Dari hal segi aroma, VCO lebih beraroma segar dan terasa sama seperti  dengan hirup air kelapa segar secara murni. Maka dari itu, VCO selain bisa konsumsi juga dapat sebagai perawatan kulit dan wajah.

Komposisi yang terdapat pada dalam minyak kelapa biasa dan VCO pun terdapat dengan perbedaan, walau cara umum beberapa kandungan supaya tetap sama. Kandungan yang di temukan pada kedua minyak ini antara lain Polyphenols, vitamin serta mineral. Tetapi, VCO mempunyai tambahan komposisi lain adalah asam lemak, kolesterol baik dan tak mempunyai asam lemak non trans atau non trans fatty acid. Selain hal itu, VCO juga mempunyai kandungan Vitamin E yang tidak ada pada minyak kelapa biasa.

VCO dan minyak kelapa memang terpopuler berasal dari daerah beriklim tropis, contohnya Filipina, India, Sri Lanka dan Indonesia. Indonesia merupakan salah satu berpenghasil minyak kelapa, baik itu minyak kelapa biasa ataupun VCO terbanyak dan terbaik di antara negara lain pada daerah Asia Pasifik. Khusus sebagai VCO, ialah komoditi yang janjikan karena di gemari tak hanya pada negara tropis tetapi di Negara Eropa ataupun Amerika.

3. Penampilan

Meskipun dilihat serupa, minyak kelapa biasa terlihat supaya lebih berwarna. Selain hal itu, minyak kelapa murni tak begitu terlalu berminyak dan viskositasnya lebih ringan.

4. Kemurnian

Minyak kelapa murni diambil dari santan, mempunyai aroma dan rasa yang lebih baik berbandingkan dengan yang biasa. Selain hal itu, minyak kelapa murni mempunyai aroma dan rasa kelapa tropis yang begitu lezat.

Itu dia perbedaan vco dan minyak kelapa yang bisa kalian coba buat dirumah. Bahan – bahan yang sederhana dan juga langkah – langkah yang mudah, pasti kalian juga bisa mencobanya sendiri dirumah tanpa repot.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian semua terutama bagi kalian yang sedang mencari rekomendasi dari perbedaan vco dan minyak kelapa, dan kalian sudah tahu sekarang silahkan mencobanya bisa juga dapat inspirasi macam-macam minyak sayur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *