Murai Batu Masih Liar? Yok Ketahui Panduan Menjinakan Murai Muda Hutan!

Murai Batu Masih Liar Yok Ketahui Panduan Menjinakan Murai Muda Hutan.

Burung murai batu yang diamankan dari rimba masih mempunyai karakter yang giras dan gampang depresi. Burung akan beterbangan tidak pasti dan berhenti untuk makan. Karena itu, sangat penting untuk anda ketahui langkah menjinakan murai muda hutan yang baru diamankan dari rimba agar tidak depresi. Ingin tahu? Yok baca pembahasan selengkapnya berikut ini!

Bukti Sekitar Murai Batu Tangkapan Rimba

Pada intinya, murai batu ialah burung liar yang umum hidup di rimba, hingga hidupnya benar-benar bebas. Lingkungan di rimba dengan lingkungan di penangkaran pasti jauh berbeda. Oleh karenanya, burung murai batu yang diamankan dari rimba mempunyai karakter yang liar, giras, dan lincah Disamping itu, murai batu tangkapan rimba juga gampang jadi depresi.

Ini dipacu oleh lingkungan yang lain, hingga murai batu tidak dapat langsung menyesuaikan. Beberapa ciri murai batu yang depresi ialah menubrukkan badannya ke sangkar dan berhenti makan. Pemilik burung murai batu, pasti anda akan kuatir bila murai batu berhenti makan dan depresi karena makin lama burung itu dapat mati.

Memiara murai batu hasil tangkapan rimba memang lebih susah dibanding murai batu hasil penangkaran. Karena, anda perlu ketahui langkah menjinakan murai muda hutan. Berlainan dengan murai batu hasil penangkaran yang telah jinak karena dibesarkan dan dirawat oleh manusia. Walau demikian, cara-cara berikut dapat dilakukan untuk menjinakan murai batu rimba.

Mengantang di Lokasi yang Ramai

Mengantang murai batu liar di lokasi yang ramai menjadi satu diantara langkah yang kerap dilaksanakan oleh pencinta burung murai batu hasil tangkapan rimba. Langkah ini mempunyai tujuan agar murai berbau cepat menyesuaikan dengan lingkungan yang baru dan terlatih dengan keramaian. Untuk status ngantangnya cukup dengan tinggi pundak orang dewasa dan ditempatkan di lokasi yang ramai.

Namun, langkah ini tidak selamanya janjikan hasil baik karena watak setiap murai batu pasti berbeda. Ada watak murai batu yang dapat jinak dengan langkah ini dalam beberapa minggu. Tetapi, ada juga yang liar dan menubruk-nabrakkan badannya ke sangkar. Jika hal itu terjadi, anda harus memakai langkah lain saat sebelum murai batu mati.

Langkah Menjinakan Murai muda rimba dengan Menempatkan Sangkar Jauh dari Pemangsa

Selainnya mengantang murai batu di lokasi yang ramai, anda bisa juga menempatkan sangkar murai batu di lantai tanpa digantung. Sebelumnya, kemungkinan anda akan menyaksikan murai batu meloncat ke sana-kemari. Ini lumrah muncul karena burung murai batu bisa juga berasa jemu, hingga dia melonjak ke sana-kemari untuk menangani kebosanannya.

Bila anda memakai langkah ini, yakinkan lebih dulu pada tempat itu tidak dekat dan gampang dicapai oleh predator, seperti anjing, kucing, atau hewan yang lain yang dapat mengusik atau membunuh burung murai batu piaraan anda. Menjinakan murai batu yang baru dari rimba memang membutuhkan kesabaran dan ketekunan yang lebih.

Memandikan Murai Batu Untuk Menjinakannya

Langkah yang lain dapat anda pakai supaya murai batu tangkapan rimba dapat cepat jinak dengan memandikannya. Anda dapat memandikan murai batu dalam keramba mandi dalam saat yang cukup lama. Disamping itu, langkah menjinakan murai muda hutan dapat dilakukan dengan menyemprotkannya sama air sampai basah kuyup.

Ini mempunyai tujuan agar burung murai batu terlatih mandi sendiri dalam keramba. Bila anda memakai langkah ini, karena itu kerjakan dengan teratur tiap hari sampai burung murai batu dapat mandi sendiri dalam keramba. Hal itu memperlihatkan bila murai batu rimba mulai jinak. Dengan begitu, anda bisa juga lebih gampang dalam menjaganya.

Kenapa Murai Batu Rimba Harus Dijinakan?

Memiara burung murai batu hasil tangkapan rimba memang lebih repot dibanding burung hasil penangkaran karena anda perlu untuk menjinakan lebih dulu. Penjinakan burung ini mempunyai tujuan agar anda dapat semakin gampang menjaganya dan kekuatan yang dipunyai oleh burung murai batu dapat diproses dengan optimal.

Sama seperti yang dijumpai jika murai batu sebagai tipe burung dengan suara kicauan yang cantik dan terhitung type burung petarung. Oleh karenanya, arah perawatannya juga supaya sang burung ini dapat dilibatkan dalam perlombaan. Burung murai batu yang sempat memenangkan perlombaan pasti harga makin mahal.

Jika tidak memakai langkah menjinakan murai muda hutan di atas, karena itu burung murai batu tetap liar dan depresi, tidak ingin makan, dan tidak ingin berkicau. Bila didiamkan, karena itu burung itu akan mati. Karena itu, cara-cara di atas dapat dilakukan agar murai batu cepat jinak.

Menjinakan murai batu hasil tangkapan rimba memang lebih susah dibanding murai batu hasil penangkaran. Karena itu, kunci khusus yang diperlukan ialah kesabaran dan ketekunan supaya sang burung cepat jinak. Cara-cara di atas dapat anda pakai untuk menjinakan murai batu rimba.

Menjinakan Murai muda rimba ialah burung liar yang giras dan agresif. Anda perlu lakukan penjinakan supaya murai batu tidak depresi dan kembali gacor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *