Bagaimana Cara Mengetahui Berlian Asli atau Palsu?

Ingin membeli cincin nikah emas putih tetapi takut kena tipu padahal sudah membayar mahal? Yuk simak informasi di bawah  ini agar bisa mengetahui cara membedakan berlian asli atau palsu!

Bagaimana Cara Mengetahui Berlian Asli atau Palsu?

Cara Mengetahui Berlian Asli atau Palsu

Berlian adalah batu permata yang mempunyai nilai sangat tinggi karena proses pengambilan dan pembuatannya tidaklah mudah. Oleh karena itu ada banyak pihak yang sengaja membuat berlian palsu untuk memudahkan orang-orang agar tetap bisa terlihat menggunakan berlian walaupun itu palsu.

Namun cara ini juga bisa merugikan pihak yang memang betul-betul ingin membeli berlian asli tetapi ditipu dengan cara mengirimkan berlian palsu. Maka dari itu di bawah ini akan dijelaskan mengenai bagaimana cara mengetahui berlian asli atau palsu secara mudah di samping harus membeli cincin nikah emas putih di toko yang sudah mempunyai reputasi baik

Tes air

Anda bisa melakukan tes sederhana untuk bisa memastikan cincin nikah emas putih atau palsu dengan tes air. Cara melakukannya adalah dengan menggunakan gelas berukuran normal yang diisi air biasa. Kemudian jatuhkanlah berlian dengan hati-hati. Jika batu  tenggelam maka itu berarti batu milih Anda asli sementara jika mengapung maka batu berarti palsu. Hal ini dikarenakan berlian asli mempunyai kepadatan yang tinggi.

Tes kabut

Untuk melakukan cara ini Anda hanya perlu memegang berlian atau cincin di antara dua jari kemudian hidup dan hembuskan. Setelah itu kabut tipis pun akan terbentuk pada berlian karena adanya kelembaban dan panas dalam hembusan napas Anda. Jika kabut tersebut segera menghilang maka itu berarti berlian milik Anda adalah asli sementara jika memerlukan waktu beberapa detik untuk kabut menghilang kemungkinan besar berlian tersebut palsu. Hal ini dikarenakan cincin nikah emas putih secara efektif bisa menghantarkan panas dan oleh karena itu mereka bisa menyebabkan panas dengan cepat.

Tes surat kabar

Untuk menguji keaslian berlian dengan menggunakan tes surat kabar maka hal pertama yang perlu dilakukan adalah meletakkan batu secara perlahan dengan sisi rata ada di bawah pada halaman surat kabar atau koran di area yang banyak huruf. Pastikan pencahayaan pada saat itu terang dan tidak ada benda atau orang yang membuat bayangan pada berlian.

Jika Anda bisa membaca bacaan di koran meskipun hurufnya kabur itu berarti berlian milik Anda palsu. Jika berlian asli maka segi-segi nya akan membiaskan cahaya ke arah yang berbeda bukan dalam garis lurus. Dikarenakan adanya pembiasan cahaya ini menjadikan Anda tidak akan bisa melihat dengan jelas bacaan surat kabar dan melihat huruf-huruf di atas kertas. Cara ini sangat efektif jika digunakan pada berlian lepas.

Sebenarnya masih ada banyak lagi cara untuk mengetahui atau membedakan berlian asli atau palsu. Namun seiring berjalannya waktu akan semakin banyak juga berlian palsu yang bertebaran dengan kualitas atau tampilan yang hampir sama dengan berlian asli atau biasa dipanggil sebagai kw super.

Untuk mengantisipasi atau mencegah hal itu terjadi, seperti yang sudah di singgung sebelumnya Anda harus membeli perhiasan berlian di toko yang sudah mempunyai reputasi baik. Anda juga bisa berkonsultasi dengan ahlinya untuk meninjau apakah potongan berlian yang Anda miliki di rumah itu asli atau palsu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *