Briket Arang Sekam dan Kegunaannya

briket arang sekam

Jadi di artikel kali ini saya akan share tentang briket arang sekam. Briket arang ini sering digunakan dalam memasak, terutama masakan bakar. Selain itu, arang sekam juga bagus digunakan sebagai media tanam. Jadi simak baik baik ya tentang briket arang yang terbuat dari sekam ini.

Kenapa Bakaran Menggunakan Arang Lebih Enak?

Membakar makanan menggunakan arang memiliki kelebihan tersendiri. Disini akan saya jelaskan beberapa kelebihan bakaran menggunakan arang yang mungkin belum kamu tahu.

Aroma lebih keluar

Bahan arang yang baik biasanya terbuat dari kayu sengon dan kayu mahoni. Namun, semakin sulit untuk menemukan arang berkualitas tinggi. Salah satu makanan yang dibakar menggunakan arang ini adalah sate. Kelebihan sate yang dibakar dengan arang akan mengeluarkan aromanya.

Alasan untuk ini adalah bahwa arang mengeluarkan api kecil yang konstan. Ini kurang lebih sama dengan teknik slow cooking. Cara memasak ini biasanya membuat daging lebih empuk.

Bebakaran matang merata

Sate yang dibakar dengan arang lebih matang merata. Lagi-lagi, karena tungku arang menghasilkan api yang tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil. Jadi suhunya pas. Keawetan penggunaan arang tergantung dari jenis kayu yang digunakan.

Misalnya, menggunakan arang yang terbuat dari kayu bertekstur keras biasanya akan memakan waktu. Api arang tidak akan padam meski terkena kecap. Membakar sate dengan arang lebih enak dari kompor gas. Juga lebih sulit untuk menyesuaikan ukuran api.

Ini karena jika menggunakan api kompor kecil, sate akan memakan waktu lama untuk dimasak. Jika panasnya tinggi, sate akan gosong dan teksturnya akan mengeras.

Briket Arang Sekam dan Kegunaannya

briket arang sekam

Arang bercangkang atau sekam bakar sering digunakan sebagai campuran media tanam dan media tanam murni (tanpa campuran). Arang tempurung digunakan sebagai media tumbuh hidroponik dan campuran media tumbuh berbasis tanah.

Unsur yang terdapat pada briket arang sekam

Arang tempurung merupakan media tumbuh yang baik karena mengandung 52% unsur SiO2 dan 31% C, serta senyawa lain seperti Fe2O3, K2O, MgO, CaO, MnO dan Cu dalam jumlah yang sangat sedikit. Nutrisi dalam arang tempurung antara lain nitrogen (N) 0,32%, fosfat (P), 0,15%, kalium (K) 0,31%, kalsium (Ca) 0,96%, Fe 180 ppm, Mn 80, 4 ppm, Zn 14,10 ppm dan pH 8.5-9.0.

Arang tempurung atau tempurung bakar memiliki sifat ringan (berat jenis 0,2 kg/l), kasar, sehingga sirkulasi udaranya tinggi, porositasnya baik, dan daya serap airnya rendah.

Karbon cangkang mengandung silika (Si) yang cukup tinggi yaitu 16,98%, silika (Si) merupakan unsur yang tidak penting bagi tanaman dan bukan merupakan unsur hara.

Namun, diketahui bahwa keberadaan silika (Si) memperbaiki sifat fisik tanaman dan mempengaruhi kelarutan P dalam tanah. Jika unsur silika (Si) dalam tanah kurang dari 5%, tanaman tidak akan kuat dan akan mudah roboh.

Briket Arang Sekam bagi Media Tanam

Arang mengandung begitu banyak unsur sehingga sangat cocok untuk media tanam. Keuntungan menggunakan arang tempurung sebagai media tanam adalah:

  1. Pertahankan kondisi tanah yang gembur karena memiliki porositas yang tinggi dan ringan
  2. Merangsang pertumbuhan (perkembangbiakan) mikroorganisme yang berguna bagi tanaman
  3. Mengatur pH tanah dalam kondisi tertentu
  4. Menyimpan kelembaban
  5. Menyuburkan tanah dan tanaman
  6. Meningkatkan produksi tanaman
  7. Sebagai penyerap untuk mengurangi jumlah mikroba patogen
  8. Sebagai media tanam hidroponik
  9. Meningkatkan kemampuan tanah untuk menyerap dan mengikat air

Pembakaran sekam padi bertujuan untuk meningkatkan kadar karbon dan unsur hara dalam sekam padi. Untuk menjaga kandungan nutrisi pada sekam diperlukan teknik pembakaran yang tidak sempurna yang menghasilkan arang sekam dan bukan abu sekam. Hal itu disebabkan karena pembakaran sempurna yang menghasilkan abu tempurung berakibat menghilangkan kandungan nutrisi yang terdapat pada sekam padi.

Kunjungi juga Rumah Mesin untuk kebutuhan mesin dalam usaha anda.

Penutup

Jadi itulah tadi penjelasan tentang briket arang sekam, yaitu bagaimana jika briket arang itu digunakan sebagai bebakaran dan manfaatnya bilsa digunakan untuk mendia tanam. Dalam pembuatan briket tersebut tidak lepas dari proses yang dilakukan.

Briket arang terbuat dari beberapa bahan alternatif yang dapat dijumpai disekitar, kemudian diolah menjadi briet arang menggunakan mesin briket arang kelapa. Menggunakan bantuan mesin membuat proses yang dilakukan lebih cepat, efektif, dan hasil yang maksimal. Saya akhiri disini semoga artikel yang saya sampaikan ini dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *