Heboh SMS Peringatan Tsunami , BMKG : Maaf Akan Ditelusuri

Beredar pesan singkat atau SMS tentang peringatan dini tsunami dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Pesan ini viral dan membuat heboh warga. Kabar akan terjadinya tsunami mendadak menyebar dengan cepat melalui pesan singkat. Namun tidak disebutkan lokasi spesifiknya, hanya ditulis nama provinsi saja

“Saya terima sms dari kominfo bmkg seperti ini…Peringatan Dini Tsunami di JATIM NTB BALI NTT JATENG Gempa Mag:8.5 04-Jun-21 10:14:45WIB Lok:10.50LS 114.80BT Kdlmn:10Km::BMKG. Bisa dijelaskan ini apa ya?? Perkiraan gempa atau apa??,” tulis akun Twitter @omingbudis, Kamis (27/5/2021). Setelah viral, BMKG meminta maaf atas kesalahan peringatan dini tersebut. BMKG menyebut ada kesalahan sistem.

 

“Mohon maaf pak, ada error di sistem kami, saat ini sedang kami telurusi,” kata Kepala Bagian Humas BMKG Akhmad Taufan Maulana kepada wartawan dan tujuh berita

Sebelumnya, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati membantah pihaknya telah mengeluarkan pesan singkat peringatan dini tsunami akibat gempa magnitudo 8,5. Dia menduga pesan itu dibuat oleh pihak lain. Dwikora pun mengaku sudah meminta Kominfo untuk mengecek.

“Sedang dicek di Kominfo karena tidak ada input informasi masuk ke Kominfo, tapi kok sistem di sana menyebarluaskan info yang bukan dari BMKG,” ujar Dwikora.

Dwikora menjelaskan alasan bukan BMKG yang mengeluarkan peringatan itu berdasarkan kalimat dalam pesan singkat tersebut. Dia mengklaim kalimat dalam pesan itu bukan kalimat yang biasa digunakan oleh BMKG dalam mengeluarkan peringatan dini.

Meski demikian, Dwikora tidak merinci siapa pihak yang berada di balik insiden itu. Dia hanya mengatakan BMKG masih menelusuri penyebab terjadinya hal itu.

 

Sejumlah masyarakat dilaporkan menerima pesan singkat dari Kominfo BMKG perihal adanya peringatan dini tsunami akibat gempa berkekuatan magnitudo 8,5. Namun, tanggal pada pesan itu pada 4 Juni 2021.

“Peringatan Dini Tsunami di JATIM NTB BALI NTT JATENG Gempa Mag:8.5 04-Jun-21 10:14:45WIB Lok:10.50LS 114.80BT Kdlmn:10Km::BMKG,” kutip pesan KonifoBMKG pada pukul 09.24 WIB.

Setengah jam kemudian, Kominfo BMKG menyampaikan permohonan maaf terkait pesan itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *