Cara Masak Telur Rebus Setengah Matang Yang Mudah Dan Pas

Selain di goreng biasanya telur juga bisa di olah menjadi rendang,santan dan lain-lain, namun sebelum di olah sebaiknya telur di rebus dulu. Simak berikut pembahasan di bawah ini mengenai cara masak telur rebus yang mudah dan pas, Dan cara merebus telur agar mudah dikupas.

Telur Rebus

Telur ayam merupakan pangan yang sangat padat akan gizinya, karenanya telur merupakan sumber protein bagi hewani, sumber asam lemak tidak membuat jenuh, sumber vitamin dan mineral. Telur ayam sangat bagus untuk anak-anak maupun untuk orang dewasa, Untuk yang penderita diabetes (kencing manis) dan wanita yang ingin tubuhnya sehat dan langsing.

Cara Masak Telur Rebus Setengah Matang

Cara Masak Telur Rebus Setengah Matang

Alat Dan Bahan :

  • Panci
  • Air
  • Telur

Cara Masak Telur Rebus :

1. Rebus Telur

Siapkan panci dengan air secukupnya untuk menutupi seluruh permukaan telur sampai terendam. Kemudian rebuslah air tersebut. Setelah mendidih, barulah masukkan telursecara perlahan supaya tidak pecah. Matikan kompor dan biarkan telur hingga matang,Kira-kira kurang lebih selama 9-15 menit.

Jika Anda menginginkan telur di masak setengah matang, biarkan telur direbus kurang lebih selama 6-8 menit. Setelahnya, angkat telur dan masukkan ke dalam wadah yang sudah berisi air dingin hingga bagian kulit telur benar-benar dingin saat disentuh.

Waktu memasak telur sebenarnya tergantung pada besar keci nyatelur. Jika telur yang Anda rebus berukuran cukup besar seperti American Egg Board ukuran yang besar, sebaiknya direbus dalam waktu kurang lebih 12 menit atau selama 15 menit jika telur berukuran sangat besar.

2. Mengupas Kulit Telur

Hal selanjutnya yang sering terjadi pertanyaan ialah bagaimana cara mengupas kulit telur dengan mudah. Seharusnya pertanyaan ini seharusnya tidak ada kaitannya dengan metode yang Anda gunakan untuk merebus telur. Tapi justru berkaitan dengan kesegaran sebuah telur. Telur yang berusia 7-10 hari masuk dengan telur yang mudah dikupas kulitnya usai direbus.Tapi jika Anda tidak tahu berapa usia sebuah telur yang Anda punya, sebaiknya langsung letakkan telur ke dalam sebuah air es usai direbus.

3. Kuning Telur Berubah Warna

Amankah bila mengonsumsi sebuah telur rebus dengan kuning telur yang sudah berubah warna? Sebab terkadang dipinggiran kuning telur berubah warna menjadi hijau keabu-abuan.Ternyata perubahan warna tersebut disebabkan Anda membiarkan telur rebus sangat terlalu lama atau lupa mengambil telur di air yang bersuhu terlalu tinggi. Meski terlihat tidak cantik, telur ini masih aman dikonsumsi.

4. Waktu Penyimpanan Telur Rebus

Caranya, telur rebus bisa tahan selama satu minggu jika diletakkan disebua wadah kedap udara dan disimpan di dalam pendingin ruangan. Namun jangan letakkan telur di dalam freezer. oleh karena hal itu justru membuat bagian putih telur mengeras.

Manfaat Telur Rebus

1. Meningkatkan Kinerja Otak

Menurut dari Healthline, telur rebus mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan unuk meningkatkan fungsi dari otak dan saraf. Telur rebus juga memiliki kandungan kolin yang dapat mengatur kerja otak, sistem saraf, dan menjaga kesehatan kardiovaskular.

2. Menjaga Kekuatan Otot, Tulang dan Gigi

Protein didalamsebuah telur membantu menjaga dan memperbaiki jaringan tubuh, termasuk juga otot, tulang dan gigi. Telur juga mengandung vitamin Didalam makanan juga bisa untuk membuat tulang dan gigi semakin kuat karena dapat meningkatkan penyerapan kalsium serta mengatur kadar kalsium dalam darah.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Mata merupakan sebuah organ tubuh yang berfungsi untuk melihat, sehingga harus dijaga kesehatannya. Kamu harus bisa menjaga kesehatan matamu dengan rajin mengonsumsi telur rebus. Makanan ini juga mengandung zeaxanthin lebih banyak dibanding sayuran. Sehingga, telur yang direbus dapat mencegah degenerasi pada makula dan mengurangi risiko katarak.

4. Mencegah Penyakit Jantung

Telur rebus juga mengandung lemak yang baik atau lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda. Lemak ini juga dapat menstabilkan kadar kolesterol darah sehingga maampu mencegah risiko penyakit jantung.Kandungan omega 3 di dalam telur rebus juga dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) yang berkaitan dengan sebuah penyakit jantung.

Demikian pembahasan mengenai tentang cara masak telur rebus setengah matang yang mudah dan pas.Kamu bisa membuatnya di rumah.Sehingga kamu bisa memasak telur rebus yang sangat sehat dan enak.Dan kamu juga harus cara-cara untuk menentukan telur yang bagus saat kamu ingin membeli telur di pasar. Jadi cukup mudahkan cara masak telur rebus yang kalian inginkan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *