Berapa Biaya Isi Ulang Freon?

Freon atau refrigerant merupakan keliru satu komponen yang terlalu perlu untuk AC (air conditioner) karena punya kegunaan tertentu menciptakan hawa sejuk untuk sehingga bisa mendinginkan hawa di dalam ruangan. Karena pentingnya komponen ini, maka isi freon AC kudu rutin dirawat bersama diisi ulang jikalau memang cairan di dalamnya sudah habis.

Kehadiran AC di rumah, kantor, lebih-lebih kendaraan sebagai pendingin hawa memang menjadi kebutuhan yang terlalu perlu bagi sebagian masyarakat, terlebih mereka yang berdomisili di lingkungan tropis layaknya Indonesia. Nah, keliru satu senyawa yang berperan perlu di dalam proses pendingin hawa selanjutnya adalah freon.

Freon atau refrigerant adalah senyawa kimia atau gas yang umumnya digunakan sebagai fluida untuk menyerap beban pendingin ruangan atau tempat-tempat lain yang suhu udaranya dambakan dibikin lebih sejuk. Karena termasuk dalam senyawa kimia atau gas, freon tidak punya warna dan termasuk tidak berbau.

Meski tidak punya warna dan termasuk tidak berbau, tetapi pemanfaatan freon secara safe sangatlah dianjurkan. Zat freon ini memang tidak terlalu membahayakan lingkungan sepanjang tidak lepas ke hawa atau instalasi AC tidak mengalami kebocoran.

Namun, jikalau instalasi AC Anda bocor dan freon lepas ke hawa bebas, maka dapat menjadi racun yang bisa membahayakan kesegaran manusia jikalau terhirup.

Meski sekilas kelihatan sama, tetapi freon ternyata punya model yang berbeda-beda. Perbedaan jenis-jenis freon ini terlalu berpengaruh terhadap kenyamanan disaat pemanfaatan AC. Berikut sebagian model freon yang umum digunakan dalam instalasi AC.

Jenis Freon AC

Freon R22, model freon yang satu ini punya potensi pemanasan perusakan ozon senilai 0,05 jikalau dibandingkan bersama model freon lainnya yang cuma bernilai 0. Namun, freon model ini tidak enteng terbakar.
Freon R410A, model freon AC ini umumnya digunakan terhadap AC model inverter. Berbeda bersama freon model R22, freon R410A tidak punya potensi menyebabkan kerusakan susunan ozon, namun untuk potensi pemanasan global, punya nilai yang cukup tinggi jikalau dibandingkan freon model R22. Sama layaknya freon model R22, freon R410A termasuk tidak enteng terbakar.

Freon R32, model freon ini termasuk anyar karena baru ditemukan oleh perusahaan asal Jepang, Daikin, terhadap tahun 2012, dan juga terasa digunakan di line up AC sejak tahun 2013. Dibandingkan bersama freon model R410A dan R22, freon R32 ini lebih ramah terhadap lingkungan dan punya potensi pemanasan global yang lebih rendah. Meski di lain segi punya potensi yang enteng terbakar, tetapi freon model ini tetap safe digunakan untuk AC dalam lingkup rumah tangga.

Freon R290, model freon yang satu ini punya potensi pemanasan global yang paling rendah jikalau dibandingkan freon model lain yang sudah disebutkan sebelumnya. Tetapi, karena angka indeks dinginnya yang cukup rendah dan tingkat enteng terbakarnya termasuk cukup tinggi, maka banyak perusahaan AC yang memastikan untuk tidak pakai freon model ini dalam produk-produk mereka.

Karena berwujud cairan yang diuapkan untuk menyejukkan ruangan, maka freon sudah tentu dapat habis. Biasanya, freon habis disebabkan terdapatnya kebocoran yang berjalan terhadap selang atau pipa yang menghubungkan sebagian komponen AC. Jadi, secara ideal, sepanjang tidak tersedia kebocoran terhadap proses AC yang membawa dampak AC tidak dingin atau freon habis, maka freon tidak kudu diganti atau diisi ulang.

Namun sebaliknya, jikalau tersedia pengerjaan kasus AC, layaknya kompresor macet, filter tersumbat, atau rusaknya komponen AC, maka memang kudu untuk mengganti atau mengisi freon. Pengisian freon ini termasuk tidak terlalu lama, lebih kurang 30 menit.

Pertama-tama yang kudu dijalankan dalam pengisian freon adalah mengoperasikan AC split. Setelah outdoor unit terima supply listrik berasal dari indoor unit, membuka penutup pengisian freon bersama kunci Inggris. Lalu, pakai selang berwarna biru yang berada terhadap manifold di daerah penutup freon, bersama melihat jarum manifold tekanan rendah yang berwarna biru. Jika tidak tersedia tekanan serupa sekali, bermakna proses AC mengalami kebocoran.

Karena itu, ruang kebocoran kudu diperbaiki terlebih dahulu bersama langkah mengelas. Namun sebelumnya, pastikan tidak tersedia freon yang tersisa di dalam AC sehingga tidak membahayakan diri Anda. Apabila sudah ditemukan letak kebocorannya dan sudah diperbaiki (dilas), proses pendingin atau AC ini kudu divakum terlebih dahulu sebelum akan diisi freon, bersama pakai mesin vakum.

Memang, meski bisa dijalankan sendiri, alangkah lebih baik jikalau pengisian freon AC dijalankan pakai jasa tenaga yang terlatih. Hal selanjutnya untuk menghindari hal-hal yang tidak di idamkan disaat proses pengisian freon. Nah, bagi Anda yang kala ini tengah memiliki rencana mengisi ulang freon AC rumah atau kantor Anda, selanjutnya Info paling baru ongkos yang kudu Anda keluarkan.

Biaya Isi Ulang Freon AC

Tipe Freon AC Harga Sebelumnya Harga Sekarang
AC Split R22 0,5 PK – 1 PK Rp250.000 Rp300.000
AC Split R22 1,5 PK – 2 PK Rp350.000 Rp350.000
AC Split R32 0,5 PK – 1 PK Rp500.000 Rp350.000
AC Split R32 1,5 PK – 2 PK Rp750.000 Rp400.000
AC Split R410 0,5 PK – 1 PK Rp500.000 Rp390.000
AC Split R410 1,5 PK – 2 PK Rp750.000 Rp450.000

Biaya Tambah Freon AC

Tipe Freon AC Harga
AC Split R22 0,5 PK – 1 PK Rp150.000
AC Split R22 1,5 PK – 2 PK Rp225.000
AC Standing R22 Rp150.000/PK
AC Split R32 0,5 PK – 1 PK Rp175.000
AC Split R32 1,5 PK – 2 PK Rp275.000
AC Standing R32 Rp175.000/PK
AC Split R410 0,5 PK – 1 PK Rp195.000
AC Split R410 1,5 PK – 2 PL Rp300.000
AC Standing R410 Rp195.000/PK

Harga atau biasa mengisi ulang freon AC di atas kami rangkum berasal dari beraneka sumber, termasuk sebagian jasa pelayanan AC dan situs menjual beli online. Biaya mengisi ulang freon AC selanjutnya tidak mengikat dan bisa berbeda-beda di tiap-tiap tempat. Untuk Info lebih lengkap, Anda bisa langsung menghubungi jasa pelayanan AC terdekat di kota Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *