Seperti Apa Keuntungan Bisnis Online ?

Pengertian Bisnis online adalah bisnis yang dijalankan secara online dengan menggunakan jaringan internet, sedangkan informasi yang akan disampaikan atau dijual biasanya menggunakan media website atau aplikasi.

Bisnis yang dapat dijalankan dengan system online antara lain :
• Menjual produk
• Menjual jasa
• Membantu menawarkan produk orang lain sebagai reseller atau dropship

Keuntungan bisnis online
a) Modal yang dibutuhkan tidak begitu besar
Bisnis online bisa dimulai dengan modal yang sangat minimal yaitu computer / smartphone dan koneksi internet. Dalam bisnis online terdapat banyak peluang usaha yang dapat dijalankan dengan modal kecil.

b) Jam kerja bisa disesuaikan
Bisnis online dapat dikerjakan kapan saja dan dimana saja. Dengan adanya sistem yang berjalan, bisnis online dapat berjalan 24 jam non stop.

c) Jangkauan pasar lebih luas
Karena berbasis internet produk dapat dipasarkan dengan jangkauan yang sangat luas. Pemasaran produk di internet berkaitan erat dengan SEO, yang memungkinkan produk diketahui oleh banyak
orang sehingga mendapatkan konsumen dimana saja.

d) Pelayanan mudah dan cepat
Layanan bisnis online sangat dipermudah, pembeli hanya perlu mentransfer sejumlah uang kemudian menunggu hingga barannya sampai ditujuan(rumah). Apalagi sistem pembayaran bisa dilakukan menggunakan internet banking atau sms banking yang semakin mempermudah transaksi.

e) Tidak memerlukan tempat khusus
Kegiatan bisnis online dilakukan di komputer atau smartphone sehingga tidak memerlukan tempat khusus ataupun tidak perlu banyak aktivitas di luar ruangan.

Kelemahan bisnis online :
a) Kualitas barang yang diterima kadang berbeda kualitasnya dengan yang tercantum di website
b) Rentan aksi penipuan. Banyak kasus ketika pembeli telah mengirimkan sejumlah uang namun barang tidak dikirimkan oleh penjual.
c) Rentan rusak atau pecah pada saat pengiriman barang
d) Rentan aksi pembobolan rekening
e) Marak aksi spamming. Spamming adalah pengiriman informasi atau iklan suatu produk yang tidak pada tempatnya dan hal ini sangat mengganggu bagi yang dikirim.

Model Bisnis Online

Ada banyak sekali bisnis online yang perlu diketahui dan mungkin anda berminat untuk menggeluti bisnis – bisnis tersebut. Berikut beberapa jenis bisnis online :

1. Sell your own product
Model bisnis menjual produk sendiri ataupun produk orang lain yang di stok sehingga anda sendiri yang mengatur distribusi produk tersebut. Produk yang dijual bisa berupa produk fisik (tangible) ataupun bentuk nonfisik (intangible).
Contoh produk fisik (tangible) antara lain :
a. Baju
b. Dompet
c. Topi
d. Alat kesehatan
e. Makanan
f. Produk elektronik
Contoh produk non fisik(intangible) antara lain :
a. Menjual ebook
b. Menjual multimedia course
c. Menjual software
d. Menjual akses/membership

2. Sell your own services
Model bisnis ini produk yang dijual umumnya berupa keahlian atau keterampilan yang dimiliki.
Contohnya adalah :
a. Jasa Desain Grafis
b. Jasa Pembuatan Website
c. Jasa menulis artikel
d. Jasa penerjemah
e. Jasa optimasai SEO atau Search Engine Optimization

3. Affiliate Marketing
Affiliate marketing adalah sebuah konsep bisnis dengan menjual produk atau jasa orang lain dengan kompensasi sebuah komisi. Dalam dunia nyata seorang affiliate bertindak seperti makelar. Seorang affiliate bisa mempromosikan satu atau beberapa produk sekaligus dalam satu waktu. Pembayaran yang digunakan adalah sistem komisi.

Ada beberapa bentuk komisi dalam bisnis online antara lain :
a. Komisi Penjualan atau Pay Per Sale (PPS)
PPS mewakili hamper 80% industry affiliate marketing. Merchant akan memberikan kompensasi berupa komisi pada seorang affiliate yang berhasil menciptakan sebuah penjualan melalui promosi yang dilakukan. Besar konpensai yang ditentukan oleh merchant bisa berupa persentase atau nominal yang sudah ditentukan jumlahnya.

b. Komisi Prospek/Lead atau Pay Per Lead (PPL)
Merchant akan membayarkan konpensasi komisi pada affiliate jika berhasil mengajak pengunjung untuk bergabung pada suatu program merchant atau mau mengisikan datanya.

c. Komisi untuk setiap Klik yang dilakukan atau Pay Per Click (PPC)
Model bisnis affiliate ini memberikan kompensasi ke setiap affiliate untuk setiap klik dari website affiliate ke website merchant. Jadi merchant membayar dari setiap pengunjung yang dikirimkan affiliate.

4. Strategi Bisnis Affiliate Marketing
Meskipun kerja seorang affiliate hanya mempromosikan sebuah produk atau website merchant, usaha seorang affiliate akan menjadi sedikit sulit tanpa sebuah strategi yang jitu, efektif dan efisien. Berikut merupakan beberapa strategi yang dapat digunakan affiliate :

a. Membuat produk review
Ini adalah suatu cara mempromosikan website merchant melalui sebuah artikel atau tulisan yang diciptakan sendiri sebagai review produk. Cara ini sangat popular dan banyak dilakukan karena dirasa efektif untuk menciptakan pengunjung karena seorang pengunjung tidak menyadari dirinya sedang diprospek untuk melihat produk merchant.

b. Membuat directory website/direktori web
Sebuah direktori web atau direktori tautan adalah sebuah direktori pada World Wide Web yaitu kumpulan data yang disusun dalam kategori-kategori. Direktori Website memiliki spesialisasi menghubungkan ke situs web dan mengkategikan link tersebut.

c. Membuat coupon website
Salah satu cara mendatangkan pengunung adalah dengan membuat atau menyediakan kode kupon untuk merchant. Kupon itu akan diberikan kepada pelanggan yang digunakan untuk membeli barang di toko merchant.

5. Contextual advertising
Contextual advertising adalah menayangkan iklan yang relevan dengan content atau isi dari website anda. Model bisnis dimana anda membuat dan memiliki sebuah website dengan content/informasi yang menarik sehingga dikunjungi banyak orang sedangkan penghasilan diperoleh dari advertising berupa iklan teks, banner, atau video.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *