Sebelum Menggunakan Kawat Seling Galvanis, Lakukan Cara Ini agar Lebih Aman

Kawat Seling Galvanis

Sebagian besar industri khususnya di industri perkapalan atau untuk membuat tower triangle menggunakan kawat seling. Salah satu yang digunakan adalah kawat seling galvanis. Kawat yang satu ini dinilai kuat dan tahan lama. Namun, sebelum digunakan sebaiknya Anda melakukan hal berikut ini:

Bersihkan Kawat Seling Galvanis Sebelum Digunakan

Pertama adalah bersihkan terlebih dahulu kawat agar tetap bersih dan terbebas dari berbagai kotoran. Bersihkan menggunakan kain lap atau menggunakan air mengalir. Ya, dengan adanya lapisan galvanis ini membuat kawat tahan air dan tidak menyebabkan korosi atau karat.

Lakukan Pemeriksaan dengan Teliti di Tempat yang Terang

Kemudian, Anda juga harus melakukan pemeriksaan dengan teliti sebelum digunakan. Walaupun dikenal kuat dan tahan lama, namun dalam pemakaian jangka panjang pastinya juga menyebabkan berkurangnya kualitas.

Untuk melakukan pemeriksaan ini lakukan di tempat yang terang agar terlihat apabila ada kerusakan. Ya, hal ini sangat penting apalagi jika Anda menggunakannya berkali-kali dan ingin menggunakannya lagi.

Jangan Gunakan atau Potong jika ada Bagian yang Rusak

Walaupun sudah berlapis galvanis, namun bisa saja karena gesekan yang sangat kuat lapisan tersebut terkelupas. Akhirnya logam yang ada di dalamnya bisa rusak dan akan berkarat. Tentunya hal ini bisa mempengaruhi kekuatan kawat sehingga tidak baik untuk digunakan kembali.

Oleh karena itu, jika ada bagian yang rusak ini jangan digunakan kembali. Atau, jika bagian rusak tersebut berada di bagian ujung sebaiknya Anda potong saja. Dengan pemotongan tersebut maka karat dan kerusakan tidak merembet ke bagian yang lain.

Jangan Gunakan jika Diameter atau Panjang Kawat Berkurang Cukup Banyak

Terakhir, jangan gunakan juga kawat seling yang diameternya berkurang hingga lebih dari 10%. Jangan gunakan juga kawat yang telah memanjang lebih dari 5%.

Itu dia beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum menggunakan kawat seling galvanis. Walaupun kuat, pastinya dalam jangka waktu yang cukup lama digunakan akan tetap harus diganti. Semoga informasi di atas dapat membuat Anda lebih hati-hati dan waspada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *