Cara Membuat Bubur Kacang Hijau yang Kental dan Lembut

Suka bubur kacang ijo yang kental dengan rasa gurih? Kita punya resep bubur kacang ijo yang enak di sini. Cara membuat bubur kacang ijo ini juga nggak begitu sulit kok.

Camilan simple yang bikin kenyang ini juga dikenal karena memiliki banyak kandungan yang baik bagi tubuh, seperti potasium, protein, fosfor, dan zat besi.

Inilah salah satu alasan kacang ijo disarankan untuk dikonsumsi ibu hamil. Selain itu, kacang ijo yang harganya terjangkau dan mudah ditemukan juga membuatnya makin populer, terutama saat Ramadan atau lebaran.

Bahan-Bahan

  • 250 gr kacang hijau
  • 1 liter air
  • 4 blok gula merah
  • 400 ml santan yang diparut menggunakan mesin parut kelapa
  • 2 lembar daun pandan
  • gula pasir dan garam sesuai selera
  • 1 ruas jahe, digeprek
  • 3 sdm tepung kanji, larutkan dengan sedikit air

Cara Membuat Bubur Kacang Hijau

1. Rendam kacang hijau semalaman. Didihkan air, rebus kacang hijau dengan daun pandan selama 5 menit. Matikan kompor, tutup pancinya, diamkan selama 30 menit.

2. Nyalakan kompor kembali, rebus kacang hijau selama 7 menit.

3. Masukkan gula merah, jahe, gula pasir, dan garam. Aduk rata.

4. Masukkan larutan tepung kanji sedikit demi sedikit sambil diaduk. Didihkan.

5. Untuk kuah santan, rebus santan dengan menambahkan air secukupnya bila perlu dan daun pandan serta sedikit garam. Masak hingga mendidih.

Tips Membuat Kacang Hijau Lebih Lembut dan Enak:

  1. Pisahkan kacang ijo dengan cara direndam.

    Di langkah pertama resep di atas, kita sarankan kalian untuk rendam kacang ijo. Semakin lama kacang ijo direndam, kacang yang sudah busuk akan perlahan mengambang ke atas, sehingga mudah untuk dipisahkan. Jadi, untuk pastikan semua kacang kualitasnya bagus, jangan lupakan langkah penting ini ya!

  2. Pilah-pilih kacang hijau sebelum beli.

    Dari segi fisik, kacang hijau layak masak cukup mudah untuk dipilih. Pastikan warnanya hijau bersih dan tidak mudah pecah. Selain itu, kacang hijau berkualitas biasanya tidak berbau.

  3. Pastikan panas kompor stabil.

    Selama proses pemasakan, hindari pemakaian api yang terlalu panas atau terlalu kecil. Api sedang disarankan dalam proses pemasakan bubur kacang ijo, pastikan panas kompor stabil dan tidak berganti-ganti, karena hal ini dapat mengubah tekstur bubur kacang ijo setelah disajikan.

Manfaat Bubur Kacang Hijau

1. Melancarkan Pencernaan

Sudah banyak yang percaya bahwa manfaat kesehatan dari konsumsi bubur kacang hijau yaitu untuk memperlancar pencernaan. Itu karena kacang hijau mengandung serat makanan dan pati yang membantu memberi nutrisi bagi bakteri baik di dalam pencernaan.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Studi menunjukkan bahwa kacang hijau bermanfaat menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Dengan begitu, tekanan darah yang stabil dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung, diabetes, stroke, hingga kanker.

3. Menjaga Berat Badan

Setelah makan bubur kacang hijau, biasanya orang akan lebih cepat kenyang sehingga nafsu makan pun terkontrol. Menurut beberapa ahli, konsumsi kacang hijau meningkatkan cholecystokinin yaitu hormon yang membuat cepat kenyang. Itu karena terdapat kandungan serat dan protein tinggi dari kacang hijau.

4. Menghindari Kelahiran Prematur

Buat para wanita yang sedang program hamil atau dalam masa kehamilan, konsumsi kacang hijau sangatlah dianjurkan. Asam folat pada kacang hijau dapat melindungi bayi dari risiko kelahiran prematur dan gangguan saraf lainnya.

Kacang hijau dengan kandungan vitamin B tinggi pun amat penting terhadap proses pembentukan sel saraf pada janin. Selain baik untuk janin, sistem kekebalan tubuh ibu hamil juga terjaga dan lebih kuat, jika rutin makan bubur kacang hijau.

Sajikan bubur kacang hijau dengan kuah santan. Dinikmati selagi hangat semakin nikmat. Sekarang anda bisa membuat sendiri dengan mudah melalui resep cara membuat bubur kacang hijau diatas. Selamat mencoba kawan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *