Cara Mempercepat Pengambilan Barang Guna Meningkatkan Produktivitas Gudang

Sewa Gudang Jakarta, Mempercepat pengambilan barang merupakan kegiatan penting untuk menunjang produktivitas di gudang. Namun, sering kali kegiatan ini diremehkan oleh beberapa pihak. Padahal, proses pengambilan produk yang cepat akan meningkatkan kecepatan pengiriman kepada pelanggan. Hasilnya, kebutuhan pelanggan tercukupi dan citra perusahaan meningkat.

Terdapat beberapa faktor yang bisa mempengaruhi proses pengambilan barang. Yaitu strategi pengambilan, penghitungan persediaan hingga penataan produk. Pengambilan produk lambat akan mempengaruhi proses pengepakan sehingga memperlambat proses pengiriman. Oleh sebab itu, kegiatan ini penting dilakukan secara cepat agar tidak mengecewakan pelanggan.

Menciptakan Lokasi Pengambilan Terpisah untuk Setiap SKU

Meletakkan beberapa SKU dalam satu rak sama merupakan cara yang tidak efisien. Pemusatan lokasi ini akan membuat proses pengambilan barang menjadi lambat. Hal ini disebabkan oleh lamanya operator dalam mencari barang yang dibutuhkan.

Ketika beberapa SKU bercampur dalam satu rak, tentu operator harus memilah-milah barang untuk menemukan produk yang tepat. Hal ini akan memakan waktu sangat lama. Padahal, belum tentu barang yang dicari operator berjumlah banyak. Akan sangat merugikan bila mencari sedikit produk namun membutuhkan waktu lama.

Selain membutuhkan waktu lama, penempatan beberapa SKU dalam lokasi sama berpotensi menyebabkan operator salah mengambil produk. Tidak menutup kemungkinan terjadi kesalahan karena lokasinya sama. Oleh sebab itu, penempatan lokasi SKU di tempat terpisah merupakan hal yang wajib dilakukan. Cara ini lebih efektif dan efisien.

Tidak hanya lokasi, strategi pengambilan barang juga penting direncanakan dengan baik. Tidak ada strategi terbaik yang bisa diterapkan pada semua perusahaan. Anda harus menyesuaikannya dengan kebutuhan. Beberapa strategi yang bisa dipilih adalah batch picking, zone picking cluster picking dan wave picking.

Menata Barang Berdasarkan Tingkat Permintaan Pasar

Mempercepat pengambilan barang dapat dilakukan dengan menata barang sesuai tingkat kebutuhan pelanggan. Barang yang mempunyai tingkat permintaan tinggi harus diletakkan di tempat strategis. Tentu Anda tidak ingin menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk mengambil barang tersebut di lokasi terjauh dari tempat pengepakan.

Anda harus menata barang dengan tepat. Letakkan produk dengan permintaan tinggi di dekat lokasi pengepakan dan pengiriman. Sedangkan produk dengan permintaan rendah dapat diletakkan di lokasi agak jauh. Hal ini karena Anda akan jarang menuju tempat barang dengan permintaan rendah. Jadi tidak masalah apabila lokasinya jauh.

Untuk bisa menata barang dengan leluasa, Anda membutuhkan gudang dengan kapasitas yang tepat. Anda bisa melakukan sewa gudang melalui PT Mega Manunggal Property. Perusahaan ini merupakan penyedia gudang terbaik di tanah air. Perusahaan ini menghadirkan berbagai tipe bangunan yang bisa disesuaikan dengan permintaan Anda.

Tidak hanya itu, lokasi bangunan juga strategis. Tiga belas gedung yang dimiliki oleh PT Mega Manunggal Property telah tersebar di berbagai kota besar. Setiap bangunan menempati lokasi strategis di tanah air sehingga dapat menunjang usaha bisnis Anda.

Mengetahui Jumlah Unit Barang dengan Benar

Jumlah unit barang yang tercatat di sistem harus sama dengan jumlah unit di gudang. Apabila terdapat perbedaan, tentu petugas harus melakukan penyesuaian. Hal ini akan memakan banyak waktu. Oleh sebab itu, wajib untuk melakukan pengecekan jumlah barang pada sistem dan gudang.

Pada tingkat ini Anda membutuhkan manajemen inventaris yang tepat. Perbedaan jumlah unit pada sistem dan gudang tidak hanya berpengaruh pada operator. Namun juga pada pemenuhan kebutuhan pelanggan dan arsip perusahaan. Bahkan kesalahan ini bisa menyebabkan kerugian.

Misalnya, pelanggan membutuhkan 500 produk. Pada sistem tercatat jumlah unit adalah 550. Namun, ketika dilakukan pengecekan di gudang, jumlah unit yang tersedia hanya 400. sewa gudang jakarta Tentu hal ini akan mengecewakan pelanggan dan mempengaruhi laba perusahaan.

Kegiatan di gudang merupakan elemen penting untuk menunjang usaha bisnis. Keefektifan metode yang diterapkan bisa meningkatkan citra dan laba perusahaan. Salah satu kegiatan yang mempunyai peran besar adalah proses pengambilan barang. Mempercepat pengambilan barang akan mendukung produktivitas gudang dan mempercepat pengiriman produk ke pelanggan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *