Yuk Intip Resep Ayam Crispy Asam Manis yang Lezat

resep ayam crispy asam manis

Banyak artikel yang sudah membahas resep ayam crispy asam manis. Karena rasanya yang enak ini jadi mempunyai banyak penggemar. Apalagi ayam crispy asam manis ini banyak sekali dijual diwarung-warung pinggir jalan hingga restorant yang mewah.

Sebelumnya kita pernah juga membahas cara membuat ayam crispy. Jika sekarang ini kita akan membahas ayam crispy jika dipadukan dengan rasa asam manis. Simak artikel berikut ini !

Ayam Crispy

ayam crispy

Bisa dipastikan kalian semua sangat suka dengan ayam crispy. Biasanya, ayam crispy digunakan sebagai lauk saat mengonsumsi nasi. Selain itu, ayam crispy juga bisa dijadikan camilan dengan sambal. Padahal, ayam crispy merupakan salah satu jajanan yang paling digemari masyarakat. Karena memiliki rasa yang lezat, renyah dan lebih khas.

Ayam krispi terbuat dari daging ayam yang kemudian ditutup dengan tepung dan digoreng. Rasa ayam crispy yang enak bisa membuat pecinta ayam crispy semakin ketagihan. Padahal, jajanan ini dijual oleh berbagai pedagang, baik di pinggir jalan maupun di warung makan. Biasanya ayam crispy dijual dengan harga yang relatif murah, sehingga tidak heran sangat digemari.

Sekarang Anda bisa membuat ayam renyah di rumah. Cara yang mudah membuat banyak orang tertarik untuk mencoba. Jadi Anda tidak perlu membeli ayam renyah di luar. Saat Anda membuat ayam renyah sendiri, Anda pasti mendapatkan proses yang sehat dan berkualitas tinggi. Bahan untuk ayam crispy juga sangat mudah ditemukan. Cukup dengan menyediakan ayam, tepung dan bumbu, dan bisa dibuatkan ayam crispy.

Manfaat Ayam Untuk Kesehatan

1. Sumber Protein Yang Baik Untuk Otot

Menurut Departemen Pertanian A.S., dada ayam adalah salah satu sumber protein terbaik. 100 gram dada ayam mengandung 14,8 gram protein. Secara umum kebutuhan protein manusia adalah 1 gram per 1 kilogram berat badan.

Mengkonsumsi 100 gram dada ayam saja secara alami memenuhi seperempat kebutuhan protein harian orang dengan berat sekitar 60 kilogram.Tak hanya itu, kandungan protein yang tinggi pada ayam juga membantu pembentukan otot. Ini karena daging ayam mengandung sejenis protein asam amino yang sangat baik untuk kekuatan otot kita.

2. Menurunkan Berat Badan

Orang dengan diet protein tinggi sangat disarankan untuk makan ayam – terutama bagian dada. Ini karena sebuah studi di jurnal Nutrition menemukan bahwa profil lipid secara keseluruhan meningkat pada mereka yang rutin makan dada ayam. Konon, dada ayam bisa membantu menurunkan berat badan karena bisa menjadi makanan rendah kalori.

3. Pengendalian Tekanan Darah

Ini bisa terjadi karena ayam mengandung vitamin B3 atau niasin, yang telah terbukti membantu menurunkan kolesterol. Jadi, ayam merupakan salah satu asupan yang dianjurkan bagi penderita hipertensi. Namun, perlu diperhatikan bahwa Anda harus mengonsumsi dada ayam yang rendah kalori dan rendah lemak.

4. Makanan Rendah Kolesterol

Seperti yang disebutkan sebelumnya, ayam rendah kolesterol. Tak heran jika American Heart Association menyatakan ayam sebagai makanan rendah kolesterol. Bahkan ayam lebih dianjurkan untuk dikonsumsi dibanding daging sapi, babi, atau domba.

5. Mengobati Flu

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Medline Plus menyarankan untuk mengonsumsi semangkuk sup ayam jika Anda sedang flu. Ini termasuk jika hidung Anda tersumbat atau Anda mengalami sakit tenggorokan. Soalnya, ayam mengandung asam amino sistein, yang membantu memecah lendir. Tidak hanya mengeluarkan lendir, kehangatan kuah ayam juga membuat Anda merasa nyaman.

Resep Ayam Crispy Asam Manis

Bahan-bahan :

  • 1/2 kg dada ayam yang bulunya dicabut menggunakan mesin pencabut bulu ayam
  • 1 buah jeruk nipis
  • 6 buah cabai rawit merah
  • 3 siung bawang putih
  • 7 sdm sambal (bisa tergantung selera)
  • 3 sdm saus tomat
  • 1 sdm kecap manis
  • 1 sendok makan saus tiram
  • 2 sendok makan gula
  • 1 sendok makan perisa madu
  • Garam secukupnya
  • Tepung bumbu secukupnya
  • Tepung basah: 3 sendok makan tepung terigu dan air secukupnya

Cara Membuat Ayam Crispy Asam Manis :

  1. Rendam potongan daging dengan jeruk nipis dan bumbu dan bumbui selama kurang lebih 5-10 menit
  2. Gosok ayam ke dalam tepung basah lalu ke dalam tepung kering.
  3. Masak sampai berwarna coklat.
  4. Tumis bumbu halus hingga harum. Kemudian tambahkan sambal, sambal tomat, sambal tiram, kecap, gula pasir, madu dan garam secukupnya.
    Masukkan ayam goreng dan aduk hingga bumbu merata dan meresap.
  5. Ayam crispy asam manis siap dihidangkan.

Demikian merupakan artikel resep ayam crispy asam manis. Semoga bisa menambah ilmu dan bermanfaat untuk kalian semua. Selamat mencobanya di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *