Keuntungan Menggunakan Sistem Absensi Online

Dengan bantuan teknologi banyak kemudahan bisa didapatkan dalam berbagai bidang kehidupan, termasuk bagi perusahaan yang ingin meningkatkan efektivitas pencatatan kehadiran karyawan. Apa saja keuntungan menggunakan sistem absensi online dibandingkan aplikasi konvensional?

Keuntungan Sistem Absensi Online

Sistem absensi online adalah jawaban bagi perusahaan yang tetap ingin mengontrol karyawannya meskipun mereka bekerja secara WFH atau WFA. Berikut ini beberapa keuntungan yang akan didapatkan ketika menggunakan absensi berbasis online, di antaranya:

  1. Dapat Mengontrol Karyawan Meskipun Jarak Jauh

Selama masa pandemi berlangsung, banyak perusahaan yang akhirnya harus mempekerjakan karyawannya dari rumah atau dikenal dengan istilah work from home. Tentu menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi perusahaan untuk tetap mengontrol karyawannya yang bekerja di rumah.

Selain terkendala jarak yang jauh, perusahaan juga kesulitan untuk mengetahui apakah karyawannya benar-benar hadir bekerja atau tidak. Sistem absensi online bisa menjadi solusinya karena dapat membantu perusahaan untuk mengontrol kehadiran karyawan secara online dan real-time.

  1. Pencatatan Lebih Akurat

Kehadiran karyawan adalah tolak ukur bagian HR dan keuangan untuk melakukan perhitungan pada gaji dan penilaian performa karyawannya. Dengan sistem absensi online ini, hasil pencatatan lebih akurat karena waktu yang dimunculkan adalah real time sesuai dengan waktu absensi karyawan.

Selain itu, sistem absensi online appsensi juga sudah terintegrasi dengan perhitungan seperti gaji, lembur, denda keterlambatan, dan lainnya. Perusahaan juga lebih mudah untuk mengatur jadwal masuk kerja dan libur karyawannya secara sistematis.

  1. Lebih Hemat Biaya

Apapun yang bisa meningkatkan efektivitas dan efisiensi dari segi biaya operasional perusahaan tentu akan disukai. Bisa dibilang menggunakan sistem absensi online seperti appsensi akan lebih menghemat biaya karena tidak diperlukan lagi perangkat fisik sebagai alat absensi.

Cukup smartphone dan kuota yang dimiliki masing-masing karyawan mereka sudah bisa melakukan absensi secara online dan otomatis. Perusahaan tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk pengadaan fisik mesin absensi sekaligus biaya untuk perawatannya.

Sistem absensi online mungkin bisa menjadi jawaban dalam berbagai aspek dan hal yang dibutuhkan oleh karyawan dan perusahaan. Dari sisi karyawan mereka bisa mendapat kemudahan untuk absen. Begitu pun perusahaan yang bisa lebih mudah mengontrol kinerja karyawannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *