Daftar jurusan kuliah dengan prospek kerja bagus !!

Kebanyakan calon mahasiswa zaman sekarang tengah mengalami ada masalah didalam menentukan jurusan kuliah mereka. Hal ini gara-gara mereka udah mendengar banyak berita tentang meningkatnya jumlah penggangguran di kalangan sarjana, bahkan berkat revolusi industri 4.0 yang udah membawa dampak sebagian jurusan tidak punyai prospek kerja yang banyak lagi.

Mendengar berita tersebut, tentunya, dapat membawa dampak umumnya calon mahasiswa jadi ragu didalam menentukan jurusan kuliah gara-gara kala menentukan jurusan, perihal yang paling diperhatikan tentu saja bukan kesempatan gaji besar lagi, melainkan jurusan yang berprospek kerja besar di era digital zaman layaknya sekarang ini.

Untungnya, di ulasan selanjutnya ini akan membahas jurusan yang tengah berprospek besar dan dijamin akan tetap dicari perusahaan zaman sekarang supaya risiko jadi penggangguran dapat dikurangi secara drastis.

Jadi, apa saja jurusan yang berprospek kerja besar? Berikut ini merupakan 8 jurusan yang dijamin akan dicari oleh banyak perusahaan zaman sekarang:

 

1. Jurusan komputerisasi akuntansi

Jurusan akuntansi syariah  memang sudah ketinggalan zaman, tetapi hal ini tidak berlaku untuk jurusan komputerisasi akuntansi karena seperti namanya, jurusan ini sudah disesuaikan dengan kondisi dunia kerja yang bersifat digital, yang berarti seluruh pengerjaan akuntansinya sudah menggunakan software atau aplikasi akuntansi sehingga cocok untuk kondisi kerja zaman sekarang yang sudah berbasis dunia maya.

Walaupun sudah berbasis dunia maya, hal ini tidak mengurangi jumlah prospek kerjanya sedikitpun, karena setelah lulus kuliah mahasiswa bisa melamar kerja sebagai accounting clerk, staff, receptionist, system analyst, dan financial clerk.

 

2. Jurusan perbankan syariah

Belakangan ini, peminat untuk jurusan perbankan syariah sedang mengalami peningkatan yang tajam karena tidak seperti perbankan konvensional, perbankan syariah melakukan segala kegiatannya berdasarkan prinsip syariah Islam dan hukum Islam sehingga cocok sekali dengan budaya masyarakat Indonesia.

Untuk prospek kerjanya juga cukup banyak karena bank syariah di seluruh Indonesia sedang mengalami perkembangan sehingga untuk memperlancar perkembangannya, bank syariah manapun akan membutuhkan tenaga kerja yang banyak.

Setelah lulus kuliah, mahasiswa bisa berprospek kerja sebagai peneliti, akuntan, praktisi, tenaga kerja bank syariah, direktur bank, dan wirausaha.

 

3. Jurusan manajemen informatika

Meskipun jurusan ini termasuk D3, tetapi jangan salah. Jurusan ini sedang dibutuhkan oleh banyak perusahaan sebagai reaksi terhadap perkembangan teknologi digital yang semakin modern.

Di jurusan ini, mahasiswa akan mempelajari segala hal yang berkaitan dengan pemanfaatan sumber daya informasi suatu perusahaan atau instansi seperti ilmu manajerial, desain, dan pembuatan data sehingga perusahaan dapat mencapai tujuan sudah direncanakan secara maksimal.

Lulusan jurusan ini memiliki prospek kerja yang besar sekali karena setelah lulus, mahasiswanya bisa bekerja di perusahaan mana saja untuk mengisi berbagai posisi seperti posisi pemasaran, SDM, konsultan komunikasi korporat, dan masih banyak lagi.

 

4. Jurusan Bimbingan dan Konseling

Lulusan jurusan Bimbingan dan Konseling akan selalu dibutuhkan oleh masyarakat karena mahasiswa lulusan jurusan ini memiliki ilmu yang cukup untuk memecahkan masalah psikologi yang tidak bisa dilakukan oleh teknologi manapun.

Dari namanya saja, setiap orang bisa menebak kalau mereka memilih jurusan ini, mereka akan mempelajari segala hal yang berkaitan dengan psikologi manusia seperti kepribadian, tingkah laku manusia, dan teori psikolog lainnya.

Tidak hanya menjadi seorang konselor, mahasiswa lulusan jurusan ini juga bisa berprospek kerja sebagai dosen, PNS, wirausaha, pengajar kursus, dan penulis.

 

5. Jurusan agribisnis

Walaupun agribisnis itu terdengar tidak memiliki prospek kerja yang luas di zaman modern sekarang ini, tetapi perlu diketahui bahwa industri agribisnis sendiri sedang mengalami perkembangan yang pesat sehingga kebutuhan mahasiswa lulusan jurusan agribisnis akan selalu dicari perusahaan.

Setelah lulus dari jurusan ini, mahasiswa memiliki kesempatan untuk berprospek kerja sebagai dosen, guru, peneliti, penulis, manajer, konsultan, dan wirausahawan.

 

6. Jurusan sistem informasi

Bagi mahasiswa yang suka bermain komputer atau suka dengan bahasa pemrograman, maka mereka ini sedang beruntung karena lulusan jurusan sistem informasi sedang banyak dicari oleh perusahaan agar kinerja softwarenya dapat bekerja secara maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *