Contoh Absensi Kehadiran Karyawan

Di era modern seperti sekarang ini segala macam hal memang sudah terintegrasi dengan teknologi. Termasuk juga diantaranya dalam dunia kerja atau pada sebuah perusahaan. Pastinya tak asing lagi jika sekarang ini banyak perusahaan yang sudah mengurangi SDM atau karyawan mereka dan menggantinya dengan teknologi. Karena memang menganggap cara yang satu ini bisa lebih menghemat biaya dibandingkan dengan mempekerjakan banyak karyawan. Hasilnya juga lebih akurat dan minim keluhan.

 

Bahkan dari segi absensi sendiri, mereka juga sudah mulai menerapkan pemanfaatan teknologi. Tidak lagi menggunakan sistem absensi secara manual yang dilakukan oleh tenaga khusus. Melainkan langsung dengan sebuah perangkat. Contoh absensi kehadiran karyawan yang berbasis teknologi, diantaranya adalah:

 

  1. Absensi berbasis fingerprint, nyatanya sistem fingerprint beberapa tahun belakangan memang cukup populer diaplikasikan dalam berbagai bidang. Termasuk diantaranya adalah untuk pengaman ponsel atau smartphone, begitu juga digunakan untuk absensi ini. Banyak yang mengandalkan fingerprint, umumnya ia memanfaatkan sebuah alat yang dapat dipakai untuk mendeteksi sidik jari. Sebelumnya di tahap awal akan dilakukan input data sidik jari dari karyawan, sebelum nantinya siap digunakan. Meskipun cukup praktis, namun belakangan ini banyak sekali yang sudah dapat mengakalinya. Biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli mesinnya juga relatif mahal.
  2. Aplikasi absensi yang berbasis web, jenis teknologi lainnya yang nyatanya juga banyak dimanfaatkan adalah dalam bentuk aplikasi yang berbasis web. Dimana nantinya Anda sendiri juga tidak perlu repot di dalam pemakaiannya, bisa mengecek kehadiran secara realtime dan juga fleksibel dari mana saja dan kapan saja. Aplikasi ini nyatanya juga bisa lebih hemat biaya, sehingga banyak diantara perusahaan yang mulai menggunakannya.

 

Itulah dua appsensi.com yang paling banyak digunakan saat ini, karena memang sudah berbasis teknologi. Bisa dijadikan sebagai pertimbangan tentunya bagi Anda yang tengah kebingungan memikirkan mengenai absensi untuk karyawan. Mengingat pada dasarnya absensi konvensional memang sudah tidak lagi tepat untuk dijadikan sebagai pilihan, sehingga dapat beralih pada yang lain.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *