Cara Menggunakan Fingerprint untuk Absensi

Teknologi memegang peran yang sangat penting terhadap kehidupan masyarakat di era modern. Banyak hal yang dipermudah atau dimanjakan dengan kehadiran dari teknologi ini. Sehingga tidak heran jika seandainya banyak yang memanfaatkannya dalam kehidupan mereka. Termasuk bagi sebuah perusahaan lagi, agaknya keberadaan teknologi bisa mengurangi biaya pengeluaran mereka, menjadikannya lebih efisien. Tentunya juga berkontribusi dalam membuat sistem yang ada dalam perusahaan tersebut bisa bekerja secara lebih baik. Sebut saja kehadiran teknologi absensi yang dapat dilakukan dengan fingerprint atau berbasis sidik jari.

 

Pastinya banyak yang sudah tidak asing lagi dengan hal ini bukan. Cara menggunakan fingerprint untuk absensi ini nyatanya juga sangat mudah, yaitu:

 

  1. Terlebih dahulu karyawan harus mendaftarkan akun atau data diri mereka, tentunya sistem untuk absensi yang satu ini belum bisa digunakan, jika seandainya karyawan juga belum mendaftarkan diri mereka, mulai dari identitas lengkap dan yang paling penting adalah data gambar sidik jarinya, inilah yang digunakan untuk mendeteksi.
  2. Setelah mendaftarkan data diri maka tinggal memakainya secara mudah, dimana ia akan di setting untuk lebih mudah mengenali karyawan yang masuk hanya lewat sidik jari, yaitu dengan menempelkan jari mereka pada alat yang sudah tersedia, ini digunakan untuk memasukkan informasi kehadiran. Secara otomatis nantinya data akan menemukan keberadaan Anda.

 

Cara menggunakan fingerprint untuk absensi sangat mudah bukan, umumnya dalam sebuah perusahaan akan ada 2 kali absensi, diantaranya adalah pada saat jam masuk kerja dan juga pada saat jam pulang kantor. Sehingga nantinya perusahaan juga akan mengetahui berapa lama karyawan tersebut bekerja di kantor. Hal ini juga sangat mempengaruhi produktivitas perusahaan.

 

Banyak perusahaan yang mengalami kebangkrutan karena salah dalam memilih karyawan, tidak melakukan pengawasan dengan benar, sehingga akibatnya produktivitas selalu turun, karena karyawan yang kurang disiplin. Namun nyatanya biaya yang mereka keluarkan untuk menggaji karyawan tersebut tetap sama besarnya, tentunya kondisi yang sangat merugikan bukan. Guna mencegah hal semacam ini terjadi maka banyak yang beralih menggunakan sistem absensi semacam ini.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *