Wali Kota Baubau meminta pegawai lebih meningkatkan kedisiplinan

Wali Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, Dr AS Tamrin meminta pegawai negeri sipil di lingkup pemkot daerah itu untuk lebih meningkatkan kedisiplinan dalam melaksanakan tugas sehingga tidak hanya menutut kenaikan pangkat.

“Pegawai harus lebih disiplin hadir di kantor dan disiplin mengerjakan tugas-tugas yang diberikan, kemudian loyalitas. Begitu pula para calon pegawai yang baru diangkat yang merupakan CPNSD yang belum 100 persen, yang setahun lagi diangkat menjadi PNS,” kata AS Tamrin, saat memberikan sambutan pada kegiatan orientasi dan penyerahan SK Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah Lingkup Pemkot Baubau tahun 2021, Media Online Sultra , Rabu.

 

Kepada peserta orientasi CPNS itu, kata dia untuk mempelajari disiplin pegawai. Menurutnya, setidaknya ada delapan unsur yang dinilai pegawai itu khususnya loyalitas, kejujuran, kepemimpinan, kerja sama dan kepatuhan.

“Jangan hanya kerja bolak balik di kantor tapi tidak tahu aturan kepegawaian. Orang yang baru diangkat suatu ketika akan saya cek kemampuannya seberapa tahu tentang disiplin pegawai itu. Kalau tidak tahu juga saya pertimbangkan diangkat 100 persen,” katanya.

Termasuk pula, lanjut dia, mengenai mental dan moral pegawai, begitu pula pegawai yang akan naik pangkat dengan harus ada keseimbangan antara hak dan kewajiban.

“Semua dinilai. Intinya kepatuhan terhadap pimpinan harus ada. Kedisiplinan, jangan hanya menuntut naik pangkat tapi tidak disiplin. Diberi tugas harus selesai tepat waktunya. Kemudian mengenai pakaian jangan ada yang beraneka ragam, ada Perwali, tolong dibaca dan diperhatikan itu,” ujar Wali Kota Baubau dua periode ini.

Dikatakanya, seperti diketahui bersama bahwa penerimaan CPNSD itu telah melalui tahapan, seleksi yang sangat ketat sehingga dapat diminimalisir segala kekurangan dan kecurigaan pada akuntabilitas dari pelaksanaan seleksi penerimaan CPNSD ini.

Ia mengatakan, penerimaan CPNS yang merupakan putra-putri terbaik bangsa yang profesional patuh, taat dan disiplin yang mengusai bidang tugasnya harus mengetahui keterampilan ilmu pengetahuan yang terkait serta bekerja sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Jadi harus memahami pengetahuan, tupoksinya dibaca karena ada aturannya, ada tupoksinya masing-masing. Harus betul-betul proaktif, betul-betul orang yang mau bekerja. Suatu saat saya minta saya tes satu-satu. Kalau yang tidak bisa memahami saya tangguhkan pengangkatannya 100 persen,” katanya.

Lebih lanjut Wali Kota AS Tamrin mengatakan, peserta yang dinyatakan diterima sebagai CPNS pada formasi umum tahun 2019 itu diharapkan agar bisa langsung beradaptasi dengan cepat ditempat kerja baru dan menunjukan kinerja yang bagus, termasuk harus pandai membangun kerja sama yang baik dengan teman-teman kerja.

Pada kegiatan yang dihadiri Sekda Baubau Roni Muhtar, selain penyerahan SK calon pegawai negeri sipil dan kenaikan pangkat pegawai, juga dilakukan penyerahan pengehargaan dari BKN Pusat melalui Perwakilan BKN Makassar kepada BKPSDM Baubau.

“Saya mengucapkan selamat atas kenaikan pangkat dan penghargaan itu, tidak boleh dijadikan puas atas kinerja tapi harus lebih meningkatkan kualitas pelayanan kepada pegawai semuanya. Pegawai juga jangan mempersulit pimpinan harus timbal balik, jangan hanya mau dilayani tapi tidak bisa mengikuti irama dari pada pimpinannya,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Baubau, Abdul Rahman mengatakan, pelaksanaan orientasi yang akan dilaksanakan selama tiga hari (17-19/3) ini diikuti sebanyak 85 orang yang terdiri dari 82 orang hasil dari seleksi CPNS tahun 2019 yang dilaksanakan pada 2020 lalu dan tiga orang adalah hasil kerja sama antara Pemkot Baubau dengan Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) Kementerian Perhubungan.

“Jadi sekarang ini tiga orang lagi hasil kerja sama itu yang diangkat. Dan (STTD) itu merupakan pintu orang untuk jadi PNS. Kalau kita tidak kerja sama dengan STTD tidak ada formasi itu, jadi itu hasil pola pembibitan namanya,” ujarnya.

Kata dia, sebanyak 82 orang hasil seleksi penerimaan CPNSD tersebut merupakan tenaga teknis lainnya yakni stuktural dan fungsional kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *