Resep Bagaimana Cara Membuat Pentol Kanji Ikan Yang Bergizi

pentol kanji tahu baso aci

Hallo teman teman,sebelumnya kita sudah membahas artikel cara membuat nugget ikan tenggiri. Selanjutnya akan membahas resep bagaimana cara membuat pentol kanji ikan.

Pentol Kanji

Pentol kanji ikan biasanya juga merupakan sebutan makanan jajanan yang sangat tradisional serupa seperti bakso yang memiliki kandungan yang dagingnya sangat lebih sedikit,terkadang pentol juga terbuat dari tepung kanji.Biasanya pentol juga banyak yang dijual oleh pedagang kaki lima atau pedagang keliling yang lainnya.

Ada berbagai macam pentol juga dengan variasi yang lainnya,biasanya dimulai dari pentol kanji,pentol isi telur puyuh,pentol tahu,pentol siomay,dan pentol goreng.

Konsumsi Pentol Kanji

Tepung kanji biasanya juga banyak memiliki kandungan sodium(garam) yang sangat rendah yaitu 145 gram per 100 gram.Sebagai referensi jumlah yang sangat batas untuk harian yang sudah dianjurkan untuk mengonsumsi natrium sehari bagi pasien jantung.

Biasanya tepung kanji juga sangat banyak memiliki kadar kalsium yang sangat cukup tinggi yaitu 71 mg per 100 gramnya dibandingkan dengan tepung lainnya yang hanya memiliki kadar kalsium 3 mg per 100 gram.

Sebagai perbanding dengan susu yang sangat rendah dengan lemak(1% lemak) juga memiliki kadar kalsium 125 mg per 100 gram sehingga tepung kanji baik untuk pertumbuhan pada tulang.

Selain itu juga sesuai dengan julukannya yang sebagai pengganti lemak,tepung kanji juga memiliki kandungan lemak yang sangat rendah yaitu 0.03 gram dalam 1 sajian boba sehingga anda tidak perlu takut dengan kadar kolesterol anda naik.

Manfaat Ikan

Ikan juga merupakan salah satu sumber protein yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Nutrisi yang terkandung di dalam ikan yaitu asam lemak omega-3 DHA dan EPA.Selain itu ikan juga memiliki sedikit lemak jenuh,protein yang tinggi,vitamin D,kalsium,yodium,dan berbagai nutrisi yang penting.

Tidak heran juga dengan manfaat ikan yang sangat baik untuk kesehatan mata dan perkembangan otak.Ikan juga sudah menjadi pilihan nutrisi yang sangat baik untuk ibu yang hamil,karena manfaat ikan juga dapat membantu pada perkembangan jamin dan menciptakan kehamilan yang sehat.

Walaupun saat ini suplemen asam lemak omega 3 sudah banyak yang dijual dengan bebas,tapi sebaiknya kita memperoleh langsung dari makanan ikan.Berikut ini manfaat ikan yang perlu kita ketahui:

1.Menurunkan risiko serangan jantung dan stroke

Serangan jantung dang stroke juga merupakan dua penyebab kematian yang sangat umum di dunia.Ikan dianggap sebagai salah satu makanan yang sangat menyehatkan dan dapat menurunkan risiko serangan jantung dan stroke.Penilitian menunjukan bahwa ada seorang yang makan ikan secara teratur memiliki risiko jantung dan stroke.

Dalam satu penilitian di Amerika Serikat lebih ada dari 40.000 pria yang menunjukan bahwa yang makan secara teratur dalam satu porsi ikan atau lebih perminggu akan memiliki risiko 15% lebih rendah terkena penyakit jantung.Jenis ikan yang berlemak bahkan lebih bermanfaat bagi kesehatan jantung karena kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi.

2.Baik untuk perkembangan otak dan mata

Asam docosahexaenoic(DHA) juga sangat penting untuk perkembangan otak dan mata,oleh karena itu ibu hamil dan ibu yang menyusui juga sangat disarankan untuk mengonsumsi ikan.Perlu di ingat bahwa beberapa ikan juga mengandung merkuri yang sangat tinggi,sehingga dapat juga berisiko terhadap perkembangan otak.

Untuk ibu hamil hanya diperolehkan makan ikan dengan tingkat yang merkuri rendah seperti,ikan salmon dan sarden tidak lebih dari 12 ons/340 gram perminggu.Ibu hamil juga tidak diperbolehkan untuk mengonsumsi ikan yang mentah karena mengandung mikroorganisme yang dapat membahayakan pada janin.

3.Mencegah dan mengatasi depresi

Depresi juga merupakan kondisi mental yang sangat umum.Kondisi ini juga ditandai dengan suasana yang sangat tidak baik,merasa sedih,tidak semangat,dan tidak bergairah untuk melakukan aktivitas.Penilitian yang telah menemukan bahwa orang yang makan ikan secara teratur jauh lebih kecil kemungkinan untuk mengalami depresi.

Asam lemak omega-3 juga dapat melawan gejala depresi dan secara signifikan yang mampu meningkatkan efektivitas obat antidepresan,selain itu dengan mengonsumsi ikan juga dapat meredakan pada gejala demensia,serta lebih baik untuk menjaga kesehatan otak.

Resep Bagaimana Cara Membuat Pentol Kanji Ikan

1.Resep Pentol Kanji Ikan Tahu Baso Aci Ceker

Bahan-Bahan:

  • 200 gram of tepung tapioka.
  • 250 gram of tepung terigu yang bisa digunakan dengan mesin penepung.
  • Secukupnya of lada bubuk.
  • Masako sapi secukupnya.
  • Garam secukupnya.
  • Daun bawang dan sledri.
  • 5 siung of bawang putih.

Cara Membuat Pentol Kanji Ikan Tahu Baso Aci Ceker:

  1. Campurkanlah terlebih dahulu tepung terigu,tepung tapioka,lada bubuk,masako,garam,dan bawang putih yang sudah dihaluskan berilah sedikit air jangan sampai terlalu lembek,lalu masukkanlah daun bawang dan seledri.
  2. Potong-potonglah tahu menjadi bentuk segitiga lalu gorenglah dengan api yang sedang langkah pertama tunggulah tahu yang sudah digoreng dingin.
  3. Panaskanlah air hingga benar-benar mendidih,sambil menunggu air mendidih belahlah tahu dan masukkanlah adonan pentol ke dalam tahu,tunggulah beberapa menit setelah adonan matang,angkatlah dan sajikanlah.
  4. Masukkanlah tahu ke dalam kukusan air yang sudah mendidih,tunggulah sampai beberapa menit setelah matang lalu angkatlah dan sajikanlah.
  5. Cara untuk membuat pentol acinya bukan dikukus tapi direbus ke dalam air yang sudah mendidih,jangan lupa tambahkanlah garam,minyak goreng,dan sedikit lada bubuk ke dalam panci rebusan agar pentol tidak lengket di dasar panci.
  6. Bulat-bulatkanlah adonan pentol lalu masukkanlah dan setelah mengapung berati pentol sudah benat-benar matang.

Dengan demikianlah artikel yang sebelumnya sudah membahas cara membuat pentol kanji. Jika ada kurang dan lebihnya saya minta maaf.Cukup sekian dan terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *