Resep Cara Membuat Kue Dari Tepung Terigu Yang Sehat

Hallo teman teman,sebelumnya sudah membahas cara membuat kue dari tepung terigu.Selanjutnya akan membahas resep cara membuat kue dari tepung terigu.

Kue

Disaat sperti ini hadirkanlah keceriaan ditengah keluarga bersama anda dengan cake yang sangat lezat.Disaat seperti itu siapkanlah berbagai jenis cake yang istimewa untuk keluarga dirumah maupun untuk hantaran.Agar dapat untuk jenis cake yang istimewa anda bisa mengunjungi bakery atau toko yang menjual berbagai jenis cake dan bolu.

Dengan berdasarkan dengan cara pembuatannya cake juga terdiri dari sponge cake,butter cake,chiffon cake,cotton cake.Masing-masing jenis cake ini juga memiliki ciri yang khusus yang sangat berbeda-beda.Dan tentunya saja dengan metode pembuatannya juga berbeda.

Ini juga merupakan kata dalam bahasa inggris untuk menyebut sejenis kue yang bahannya berdasarkan gula,tepung terigu,dan telur.

Tepung terigu biasanya juga merupakan tepung yang serba bisa,tepung terigu juga sudah menjadi bahan utama semua untuk pembuatan kue.Namun bukan berati kita menjadi ceroboh untuk memilih tepung dengan asal-asalan untuk membeli tepung terigu.

Biasanya juga tepung terigu juga dijual dengan cara bebas di pasar dengan merek yang berbeda-beda.Apapun mereknya dengan tepung yang di pilih,pastikanlah memilih tepung dengan benar-benar tepung yang higienis agar kesehatan terjamin sangat aman.

Beberapa tepung juga sudah hadir di dalam aneka variasi yang lainnya.Ini memang sengaja karena dengan penggunanya yang berbeda-beda.Ada terigu yang khusus untuk membuat roti dan mie dan ada juga dengan terigu yang khusus untuk membuat kue kering dan terigu serbaguna untuk aneka masakan kue.

Apabila kalian bisa salah milih terigu yang bisa berakibatan terhadap tekstur dan rasa yang sangat berbeda pula dengan masakan maupun kue.Oleh karenanya pahami betul dengan resep dan memilih tepung yang tepat untuk makanan yang anda buat.

Jenis Jenis Kue

1. Cotton Cake

Cotton Cake biasa juga sudah terkenal sebagai cheese cake karena menggunakan krim keju sebagai basis adonan kuenya.Meski berasal dari Prancis,namun cotton cake ini juga sangat berkembang pesat di Jepang dimana kemudian sudah hadir dalam beragam varian uniknya yang sangat mendunia.

2. Chiffon Cake

Chiffon cake juga memiliki tekstur yang sangat ringan dibandingkan dengan sponge cake. Komposisinya juga terdiri dari minyak sayur,telur,gula,tepung terigu,baking powder,dan perasa. Penggunaannya minyak sayur juga menjadikan kue lebih sangat tampak tebal namun dengan rongga yang berbentuk menyerupai serat,sehingga sangat terasa ringan.

3.Sponge Cake

Sponge cake juga sangat dikenal sebagai kue bolu,dan juga merupakan jenis kue yang sangat mudah untuk dikreasikan menjadi beragam varian yang lainnya.Disebut sponge karena teksturnya memang sangat ringan dimana hal tersebut juga berasal dari adonan telur,tepung terigu,dan gula yang terkadang juga ditambahkan dengan baking powder.

Konon kue ini juga sudah eksis sejak era Renaissance ekitar tahun 500an tahun lalu dimana kemungkinan sangat besar juga berasal dari era pemerintah Kerajaan Spanyol klasik.

4. Butter Cake

Butter Cake biasanya juga terbuat dari bahan yang dasar yaitu mentega dan sajian klasik yang khas Amerika Serikat.Namun jika dari sejarahnya kue ini juga sangat berkerabat dengan pound cake asal Inggris.Secara tradisional butter cake juga dibuat dari campuran tepung terigu,dan telur dengan ukuran yang sama untuk membentuk tekstur kue.

5. Mousse Cake

Mouse cake juga merupakan cake yang super lembut memiliki gelembung udara yang sebagai pembentuk tekstur yang ringan dan moist saat disantap.Biasanya juga disajikan sebagai hidangan penutup,mousse kerap yang diracik dengan kuning telur yang untuk memadatkan bahan baku utamanya.

Cake biasanya juga terdapat khas Prancis yang bisa kamu temukan di Touns Les Jours dimana selain itu juga terbuat dari bahan baku yang sangat berkualitas selalu disajikan dalam kondisi yang sangat fresh agar gunanya memaksimalkan cita rasanya.

Cobain Yuk Resep Cara Membuat Kue Dari Tepung Terigu

1.Resep Membuat Kue Dari Tepung Terigu(Kue Bakpau)

Bahan-Bahan:

  • 300 gr tepung terigu protein sedang yang bisa digunakan dengan mesin penepung.
  • 1,5 sendok teh ragi instan
  • 2 sendok teh gula pasir
  • 270 ml air
  • 250 gram gula pasir
  • 50 gram susu bubuk
  • 4 sendok teh baking powder
  • 800 gram tepung terigu protein tinggi
  • 60 gram mentega putih
  • 330 ml air
  • isiannya menggunakan kacang hijau yang sudah direbus.

Cara Membuat Kue Dari Tepung Terigu(Kue Bakpau):

  1. Aduk-aduklah terlebih dahulu pada bahan tepung terigu protein sedang,ragi instan,2 sendok teh gula pasir,dan 270 ml air sampai kalis.
  2. Diamkanlah hingga selama 30 menit.Tambahkan 250 gram gula pasir, susu bubuk, dan baking powder.
  3. Oleskanlah terlebih dahulu pada adonan hingga sampai merata.
  4. Tambahkanlah dengan tepung terigu protein tinggi,mentega putih,dan 330 ml air.
  5. Kemudian olesilah hingga sampai elastis.Diamkan pada waktu 30 menit.
  6. Kempiskanlah terlebih dahulu adonan dan timbang 20 gram.Lalu bulatkan.
  7. Setelah itu diamkanlah lagi hingga selama 10 menit.Pipihkan adonan.Masukkan isi.Bentuk bulat.
  8. Letakkanlah di atas kertas roti.Diamkan 20 menit.
  9. Kukuslah selama 5 menit dengan api sedang.

2.Resep Membuat Kue Dari Tepung Terigu(Kue Apem Kukus):

Bahan-Bahan:

  • 250 gr mentega
  • Margarin 250 gr
  • 100 gr gula halus
  • 4 butir kuning telur
  • 700 gr terigu
  • Susu bubuk fullcream 4 sdm
  • Isian berupa selai nanas
  • kuning telur sebagai olesan

Cara Membuat Kue Dari Tepung Terigu(Kue Apem Kukus):

  1. Campurkanlah dengan margarin,mentega,dan gula lalu kocoklah dengan mikser.
  2. Tambahkanlah dengan kuning telur dan kocoklah lagi hingga benar-benar tercampur merata.
  3. Masukkanlah dengan tepung terigu dan susu ke dalam adonan dan aduk-aduklah memakai spatula hingga adonan bisa dibentuk-bentuk.
  4. Ambillah adonan dan pipihkan ke dalam wadah lalu isilah dengan selai,bentuk-bentuklah dengan sesuai selera.
  5. Kemudian letakkanlah adonan ke dalam loyang dan pangganglah dengan suhu 150 derajat celius selama 30 menit.
  6. Oleskanlah dengan kuningan telur dan pangganglah lagi selama 15 menit hingga benar-benar sudah matang.

Dengan demikianlah artikel yang sebelumnya sudah membahas cara membuat nugget ikan tuna. Jika ada kata kurang dan lebihnya saya minta maaf.Cukup sekian dan terimakasih.Assalamualaikum.Wr.Wb.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *