Cara Mudah Agar Anak Tidak Ngompol Lagi di Celana dan Kasur

Agar anak tidak ngompol

Ada berbagai macam cara yang bisa anda lakukan agar anak tidak ngompol lagi. Pasalnya, buang air kecil di celana merupakan masalah yang besar pada anak.

Ada sebagian anak yang akan berhenti ngompol pada usia tertentu. Namun ada juga sebagian yang lain, ketika sudah tumbuhbesar masih saja mengompol.

cek juga website mengenai harga cuci sofa bandung

Trik Agar Anak Tidak Ngompol Lagi

Ngompol adalah hal yang sangat wajar bagi seorang balita. Namun jika ia sudah beranjak tumbuh, sebaiknya orangtua harus mengajarkannya supaya tidak pipis di celana lagi.

Salah satunya adalah dengan membiasakannya untuk menggunakan toilet. Hal ini supaya si anak bisa mengerti apa yang seharusnya dia lakukan ketika ingin pipis.

Lama-kelamaan anak akan mampu mengontrol kandung kemihnya. Sehingga dia bisa buang air kecil sendiri di toilet. Namun sebagai orangtua, harus mengajarkannya sejak dini.

Membiasakan Rutinitas Sebelum Tidur

Cara yang pertama agar anak tidak mengompol adalah dengan membiasakan untuk melakukan rutinitas sebelum tidur. Misalnya seperti buang air kecil, gosok gigi, cuci kaki, maupun tangan.

Hal ini akan membuat tidurnya lebih nyaman dan terhindar dari kebiasaan ngompol. Maka dari itu, harus selalu dibiasakan.

baca juga: Jasa Cuci Springbed Cimahi

Mengatur Asupan Minum

Sebaiknya anak dilatih untuk minum dengan batasan jumlah air yang dikonsumsi pada malam hari. Jangan terlalu banyak memberikan anak minuman pada waktu malam hari. Karena akan menyebabkannya ngompol ketika dia tengah tidur.

Jangan Menggunakan Popok

Sebagai orang tua, sebaiknya jangan membiasakan anak yang mulai tumbuh besar untuk menggunakan popok. Karena hal ini seakan membiarkannya buang air kecil di celana lagi. Maka sebaiknya hindari dan jangan dibiasakan kembali.

Ajari Terapi

Anda dapat mengajarkan terapi agar menguatkan otot kandung kemih. Caranya dengan melatih untuk menahan buang air kecil beberapa menit saja. Namun jangan terlalu lama.

Hal ini jika dibiasakan, maka anak akan semakin terbiasa untuk menahan pipis. Sehingga bisa meminimalisir terjadinya ngompol.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan agar anak tidak ngompol kembali dengan trik mudah. Apabila dibiasakan, maka anak akan mulai terbiasa dengan hal-hal baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *