Biodata & Karir Snoop Dogg, Rapper Andalan Amerika

Biodata & Karir Snoop Dogg, Rapper Andalan Amerika

Calvin Cordozar Broadus atau yang lebih terkenal secara internasional dengan julukan Snoop Dogg merupakan seorang rapper Amerika, lahir pada tanggal 20 Oktober 1971 di Long Beach California. Merupakan anak dari pasangan suami istri Vernall Varnando dan Beverly Broadus, ayahnya merupakan seorang veteran Vietnam dan penyanyi sedangkan sang ibu hanyalah seorang ibu rumah tangga. Orang tua Snoop menjuluki anaknya dengan nama Snoopy karena kecintaan dan kemiripan antara Snoop dengan karakter kartun dari Peanuts itu.

Sejak kecil, Snoop sudah mulai bernyanyi dan bermain piano di Gereja Baptis Golgota Trinity. Saat berada di kelas enam sekolah dasar, Snoop mulai belajar teknik-teknik dasar melakukan Rap lagu. Masa kecil keluarga yang bukan tergolong dari kelas atas menjadikan Snoop harus bekerja keras membantu perekonomian keluarga. Ia harus menjual permen, mengirim koran, dan mengangkuT belanjaan demi membantu keluarga memenuhi kebutuhan. Snoop dianggap sebagai anak yang sangat baik dan berdedikasi sebagai pengunjung gereja paling aktif dan antusias, termasuk aktif dalam kegiatan paduan suara gereja itu sendiri. Actor & Actress Career

Saat remaja, Snoop kerap kali bermasalah dengan hukum, ia diketahui merupakan anggota geng Rollin 20s Crips di lingkungan Eastside dari Long Beach pada tahun 1993. Setelah lulus dari sekolah menengah dan sekolah Menengah Politeknik Long Beach pada tahun 1989, Snoop pernh ditangkap oleh kepolisian atas dugaan kepemilikan kokain dan menerima hukuman selama 3 tahun lamanya. Dari sana, Snoop mulai mendalami bakatnya dalam melakukan rap serta belajar untuk menulis lirik lagu, kemudian ia juga diajarkan bagaimana cara membuat musik dengan tema yang sesuai dengan jati diri Snoop.

Snoop Dogg menjadi terkenal sejak kemunculannya pada tahun 1992 dalam sebuah single solo debut Dre The Chronic, ia telah mampu menjual lebaih dari 23 juta album di Amerika Serikat dan 35 juta album di seluruh dunia. Album solo debut Snoop Doggystyle yang di produksi oleh Dr. Dre dirilis oleh Death Row Records pada bulan November 19993, menjadi album yang behasil debut pada urutan satu di tangga album populer Billboard 200 dan tangga lagu album R&B Hip-Hop Top Billboard.

Snoop mampu menjual lebih dari 800.000 eksemplar dalam minggu pertama perilisan albumnya, Doggystyle mampu mendapatkan sertifikasi platinum pada tahun 1994 dan menghasilkan beberapa single hit seperti What’s My Name dan Gin&Juice. Pada tahun 1996 album kedua Snoop Doggfather juga behasil menduduki peringkat nomor satu di Billboard Hot 100, dengan single utama Snoop’s Upside Ya Head sebagai single utamanya. Album ini disertifikasi double-platinum pada tahun perilisannya, menjadikan nama Snoop semakin dikenal secara internasional.

Snoop menikahi pacar SMAnya yang bernama Shante Taylor pada tanggal 12 Juni 1997, namun pada tanggal 21 Mei 2004 Snoop mengajukan gugatan perceraian kepada Taylor dengan alasan adanya perbedaan yang sulit disatukan. Namun, mereka kembali bersama dan kembali menjadi sebuah keluarga setelah kembali bersama pada tahun 2008, mereka memiliki tiga anak yang bernama Corde, Cordell, dan Cori yang lahir pada tahun 1994, 1997 dan 1999. Snoop juga memiliki seorang anak dari hubungannya dengan Laurie Holmond bernama Julian Corrie Broadus yang lahir tahun 1998, Laurie sendiri merupakan sepupu dari penyanyi R&B Brandy Ray J dan pegulat profesional Banks.

Tahun 2015 lalu Snoop akhirnya menjadi seorang kakek dari kelahiran cucu pertamnaya bernama Kai, Kai merupakan anak dari putra tertua Snoop yakni Corde yang telah menikah terlebih dahulu dengan pacarnya yang bernama Jesisica. Kini Snoop dan sang istri tengah menikmati momen mereka sebagai seorang kakek dan nenek.

Sumber: https://www.gluwee.com/snoop-dogg/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *