Apa Itu VPS ? Begini Pengertiannya

Bagi pemula, apa itu vps? Mungkin masih bertanya-tanya tentang vps, apakah sama dengan webhosting atau apa sih vps itu? Jadi vps salah satu virtual server dimana penyedia vps memilii sebuah dedicated server yang dipecah menggunakan virtualizor maupun proxmox.

VPS banyak digunakan oleh kalangan pemula maupun master, ada juga yang menggunakan jasa install vps untuk mempermudah pengelolaan blog/website agar lebih berkembang. Sekarang ini banyak cloud server betebaran mungkin anda juga mengetahui penyedia provider vps tersebut.

Kegunaan VPS Secara Dasar

VPS memiliki beragam kegunaan karena memiliki OS sendiri otomatis anda harus configurasi sendiri untuk digunakan untuk apa. Kebanyakan vps berguna untuk :

Webhosting

Hosting salah satu layanan bisa menggunakan vps maupun dedicated secara langsung. Anda bisa mengelola vps dan berjualan hosting dengan beberapa paket yang anda buat. Disini biasanya vps memiliki sebuah spesifikasi yang cukup tinggi agar dapat berguna untuk banyak pelanggan di sisi resourcenya lebih besar.

File Hosting

File hosting disini dimaksud ketika anda menyimpan sebuah video, file yang bertujuan untuk di download user/pelanggan maupun streaming sehingga vps akan menjadi khusus file hosting. Rata-rata menggunakan vps karena lebih powefull dibandingkan shared hosting yang dimana memiliki resource kecil dan terbatas.

Layanan VPN

Virtual Private Network alias VPN juga berasal dari vps sehingga anda bisa membuat sebuah tunneling private menggunakan vps tersebut. VPN tidak bisa di install di hosting sehingga anda membutuhkan vps maupun dedicated untuk membuat control khusus.

Backup Server

VPS juga banyak beterbaran untuk vps backup bertujuan untuk membackup data-data penting anda. Disini anda akan mendapatkan vps dengan spesifikasi disk yang cukup besar tentunya sesuai alokasi penggunaan Disk.

Tips Memilih VPS Dengan Benar

VPS juga terkadang sisi resource bisa jadi kecil. Kadang untuk pemula salah memilih untuk spesifikasinya maka dari itu lebih baik konsultasikan kepada penyedia server. Mungkin bila anda ingin berlangganan menggunakan jasa kami. Kami akan memberikan yang terbaik untuk anda, nah minimal anda harus bisa memilih vps dengan mayoritas berikut.

HDD

Salah satu pertimbangan yang perlu dilihat dalam memilih VPS yang ideal untuk laman atau metode merupakan harddisk yang diaplikasikan. Saat ini telah banyak penyedia VPS yang menggunakan SSD untuk mensupport server yang mereka sediakan. SSD bisa membaca data dengan cepat dibandingi SATA dan SAS. Kecuali itu, kapasitas yang ditawarkan juga perlu dipertimbangkan. Kalau kapasitas disk space yang Anda sewa kecil meskipun keperluan laman atau sistemnya membutuhkan disk space yang besar, maka VPS yang disewa kemungkinan akan ditangguhkan oleh penyedia layanan dikarenakan overload.

Backup

Tak sedikit pengguna yang mengoptimalkan usahanya menggunakan layanan VPS untuk menaruh data klien mereka. Sayangnya, sebagian dari mereka melakukan kesalahan dengan tidak melakukan backup secara terprogram . Beberapa kasus bahkan menonjolkan kesalahan fatal, seperti terjadinya kesalahan konfigurasi dan kesalahan lainnya yang mengakibatkan hilangnya seluruh data. Sebab tidak ada backup yang disimpan sebelumnya, maka permasalahan ini bisa menjadi lebihserius.

Lokasi

Tak seluruh penyedia layanan VPS di Indonesia meletakkan servernya di sini. Beberapa besar provider bahkan menggunakan server yang lokasinya di luar negeri. Lokasi berakibat terhadap koneksi antara klien dan server. Walaupun tidak terlalu kerap kali dipermasalahkan, sebagian pengguna mempertimbangkan faktor ini untuk mengurangi delay yang terjadi pada dikala pengiriman data dari dan ke server.

System Operasi

Poin terakhir untuk dipertimbangkan merupakan System operasi yang ditawarkan. Kebanyakan server menggunakan Linux untuk melakukan VPS mereka. Linux menjadi metode operasi yang populer dibandingi dengan metode operasi lainnya. Walaupun demikian, ada juga penyedia layanan VPS yang menawarkan VPS dengan metode operasi Windows. Sesuaikan saja dengan keperluan Anda, apakah ingin menggunakan Linux atau Windows.

Kesimpulan

VPS salah satu virtual private server yang cukup powerfull akan tetapi itu tergantung optimasi vps anda. Nah kami juga menyediakan jasa managed vps berbagai keperluan anda sehingga tidak perlu memikirkan cara install vps.

Kegunaaan vps biasa digunakan untuk blog atau website trafik tinggi, akan tetapi jika anda tidak ingin menggunakan vps, kami juga memiliki semi dedicated bisa langsung kunjungi website kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *