Cara Membuat VCO tanpa Pemanasan yang Mudah Dipahami dan Cara Prakteknya

cara membuat vco tanpa pemanasan

Cara Membuat VCO tanpa Pemanasan – Dibikin dengan proses menggunakan cara yang sangat alami, tidak dipanaskan dengan suhu sangat tinggi, apalagi dincampur dengan zat-zat kimia, dikenal mencangkup untuk memiliki banyak kegunaan, mulai dari obat luar untuk sakit kulit hingga diminum untuk menyehatkan tubuh. Selain untuk kesehatan, minyak ini juga mempunyai banyak sekali manfaat untuk kesehatan, diet dan lain-lain.

Metode untuk membuat minyak VCO ini memang hampir tak berbeda jauh, kala dibandingkan untuk metode membuat minyak sayur, minyak kelapa sawit, dan juga minyak palem (palma), adalah minyak yg dihasilkan dari memeras ataupun mengekstraksi buah kelapa ini, sehingga ke tetesan yg terakhir, pada minyak yg dihasilkan. Pembedanya terletak pada saat metode ekstraksi VCO yang diproses menggunakan tehnik cold-pressed dengan tidak melibatkan panas dari kompor maupun panas sinar matahari.

cara membuat vco tanpa pemanasan

Proses ini menghasilkan produk terbaik dari minyak kelapa untuk kesehatan bersama. Akan tetapi, perlu disimpulkan kalau tak semua minyak VCO itu, dibuat menggunakan teknik itu. Dapat dipercayai untuk memicu “kolesterol baik”, sehingga menjadi baik untuk jantung kita bersama adalah manfaat dari nutrisi medium-chain triglycerides (MCT) yang ada di dalam minyak ini.

Manfaat VCO untuk kesehatan ataupun diet, Apa saja sih ?, cek postingan berikut ini … 🙂

A. MANFAAT DARI MINYAK VCO PRODUK KECANTIKAN

Mempercantik dan melembabkan kulit di tubuh adalah salah satu kegunaan minyak ini. Kandungan alami pada minyak VCO ini meliputi triglycerides dan juga omega 3 yang bisa membuat kelembaban yang bisa tahan lama pada kulit kita. Penduduk juga dapat menggunakan VCO untuk make-up remover, menghilangkan kerutan di wajah, sebagai minyak pijat, juga membunuh bakteri jamur yang ada di kulit, dan menjadi body scrub secara alami. Metode penggunaannya?

1. Pada evening oil, usapkanlah perlahan ke seluruh bagian wajah secara merata saat sebelum tidur dan rasakanlah kulit yang sehat kencang pada saat keesokan harinya.

2. Sebagai minyak pijat, balurkan pada tubuh saat dipijat. Memberi essential oil dapat juga dilakukan kalau kalian ingin aromanya lebih berbeda, bisa ditambahkan berupa essential oil aroma lavender untuk merelaksasi ataupun aroma lemongrass agar dapat memicu energi yg positif.

3. Pada penggunaan make-up remover, tuang untuk beberapa tetes VCO saja pada kain kapas dan kemudian usapkan perlahan-lahan di bagian wajah kalian. Ulangi terus prose ini hingga make-up di wajah kalian hilang seluruhnya.

4. Pada penggunakan agar kerutan hilang, ganti saja penggunaan serum anti-aging kalian menggunakan minyak VCO. caranya 3–4 tetes VCO teteskan di bagian telapak tangan kalian, kemudian gesek-gesekkanlah kedua telapak tangan kalian, sehingga mendapati hangat-hangat dibagian telapak tangan, Kemudian tempelkanlah ke bagian wajah kalian, di sambil pijat-pijat ringan.

5. Campurkan gula merah dan juga garam bersamaan dengan minyak VCO, aduk sampai merata. Kemudian gosok secara perlahan-lahan pada bagian tubuh yg memang kalian inginkan, ini untuk body scrub.

RAHASIA RAMBUT SEHAT ALAMI DAN BERKILAU DENGAN MINYAK VCO

Bisa dipakaikan menggunakan cara secara topikal (olesin), Digunakan untuk obat eksim yg dapat melembabkan kulit yg kering, adalah kebanyakan dari penggunaan minyak VCO. Mengoles minyak VCO pada rambut anda juga dipercaya dapat mencegah kerusakan karena paparan sinar matahari yg begitu panas, agar melindungi rambut anda. Biasanya, minyak VCO aman dipakai obat oles pada kulit ataupun diminum agar menjadi obat alamiah jangka pendek maksimal 12 minggu secara beruntun. Kalau saja pengobatan pada minyak VCO ini tak mendapatkan hasil, lebih baik memeriksakan ini kepada dokter yg lebih kompeten. Pergunakan minyak VCO ini untuk melembabkan rambut dan juga kulit kepala, untuk mencegah ketombe, menguatkan akar pada rambut, dan menjadikan rambut anda tampak berkilau. Adanya minyak VCO ini, bisa menggantikan protein yg hilang di rambut anda menurut hasil dari riset Journal of Cosmetic Science. Karena protein yang hilang ini, yang dapat membuat rambut menjadi kering dan mudah sekali rontok. Pada kandungan Omega 3 di dalam VCO bisa membantu pertumbuhan rambut lebih cepat, juga dapat melembabkan kulit kepala kita, juga menjadikan kuat akar rambut kita.

Berikut ini caranya:

Untuk pelembab rambut, tuangkan 1 sendok teh (diperuntukan rambut pendek), juga bisa 2 sendok teh (diperuntukan rambut sebahu), juga bisa 1 sendok makan (diperuntukan rambut panjang) ke bagian telapak tangan Kalian. Usapkan perlahan dari kulit kepala hingga ujung rambut. Tutupilah rambut anda dengan menggunakan shower cap, kemudian diamkanlah selama kurang lebih 1–2 jam. Lalu, bilaslah menggunakan shampoo yg anda sukai.

Kegunaan penumbuhan rambut, pijat-pijat kulit kepala secara keseluruhan dengan 1 sendok teh minyak ini selama kurang lebih 10 menit. penggunaanya 3–4 kali dalam seminggu.
Campurlah essential oil dengan VCO, setelah mencampurkanya. Lalu, balurkanlah pada kulit kepala kalian. Kemudian pijat-pijat secara perlahan-lahan dan diamkan selama kurang lebih 20–30 menit. Kemudian bilaslah dengan shampoo. Ini untuk metode cara melawan ketombe pada rambut.

B. CARA MEMBUAT MINYAK VCO TANPA PEMANASAN PEMBAHASAN, PEMANFAATANYA, LATAR BELAKANG DAN SOLUSINYA

cara membuat vco tanpa pemanasan

Coconut Oil ini mempunyai kegunaan besar bagi kesehatan. Lebih hebat kalau kita tau kita cara membuat VCO dengan tangan sendiri agar asli dan juga dapat terjamin. Coconut oil itu berasal dari buah pohon kelapa, ya jenis minyak ini mempunyai asam lemak jenuh yang tinggi berjenis medium chain triglycerides (MCT). Oleh sebab itu, lemak ini tetap aman alasanya karena langsung diproses oleh hati menjadi energi. Berlimpah kegunaan minyak kelapa. Di antaranya yaitu menurunkan kolesterol jahat (LDL), bagi pasien diabetes, ataupun bagi kecantikan kulit. Akan tetapi, agar jangan berlebihan menggunakannya, jika saat mengonsumsi obat, sebaiknya untuk konsultasikan dulu kepada dokter sebelum menggunakan minyak kelapa.

Walaupun minyak ini sangat mudah untuk didapatkan, Akan tetapi tak ada salahnya juga agar kita mau mencoba untuk membuatnya dengan tangan sendiri. Cara membuat coconut oil itu sebetulnya tak terlalu sulit. Popularitas coconut oil memanglah meningkat dalam beberapa tahun yg belakangan ini. Dari produsen kosmetik sampai dengan makanan, makanya perusahaan sekarang seperti berlomba-lomba untuk memanfaatkan bahan alami ini ke dalam produknya masing-masing. Untuk sisi yg lain, coconut oil ini terdapat asam lemak yg dibicarakan bisa melambatkan perkembangan untuk penyakit seperti halnya Alzheimer.

3.781.600 hektar adalah angka ukuran kebun terluas di dunia yang dimiliki negara Indonesia, Akan tetapi Kenapa minyak kelapa Indonesia itu masih saja di bawah Filipina nilai ekspornya ? , ekspor Indonesia adalah 32,2% dibandingkan dengan Filipina yaitu sebesar 45,6% dari total ekspor seluruh dunia.

Oleh karena itu, ketersediaan buah kelapa yang berlimpah di Indonesia dapat dimanfaatkan untuk memproduksi VCO yang banyak dibutuhkan oleh pasar lokal maupun dunia.VCO sering dibutuhkan pasar dan orang-orang karena banyak memiliki manfaat, seperti bidang kecantikan, metodenya adalah mengencangkan kulit dan melembutkan, memberikan penampilan rambut yang sehat dan juga tidaklah kering ataupun kusut.

Metode Penelitian Untuk Penelitian

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan rancangan acak menggunakan faktor bahan yang ditambahkan pada cara untuk membuat VCO dan faktor hasil VCO yang dihasilkan.
Bahan-bahan yang digunakan dalam antara lain…

  1. 2.5 butir kelapa parut,
  2. air secukupnya,
  3. 10 gram ragi tape.

Adapun cara untuk membuat VCO dengan fermentasi sebagai berikut…. :v

Sebelum kita membuat / punya santan yg kental dari minyak VCO kita bisa membuatnya terlebih dahulu dengan mesin minyak kelapa.

Pembuatan Santan
1. Persiapan bahan baku, bahan baku disiapkan dan ditimbang sesuai kebutuhan anda.
2. Penambahan air, kelapa parut ditambahkan air dengan perbandingan 1:1.
3. Pemerasan, kelapa yg telah diberikan air ,setelah itu diperas sampai menghasilkan santan.
4. Pendiaman, santan yg sudah didapat, selanjutnya dapat diamkanlah pada suhu ruang, sampai dapat terjadi  pemisahan antara krim santan, dan juga skim santan.
5. Penimbangan, krim santan yang telah berpisah dari skim santan, kemudian diambil dan ditimbang sebanyak 500 ml kalau saya segitu, kalau anda mau yg lebih banyak boleh saja tapi perbandingan dan takaranya yg tepat yaa… 🙂
Pembuatan VCO
1. Persiapan bahan baku, bahan baku disiapkan dan ditimbang sesuai kebutuhan anda.
2. 10 gr ragi tape atau fermipant dimasukkan kedalam krim santan yang sudah ditimbang, dan kemudian diaduk.
3. Pendiaman, krim santan yg sudah ditambahkan dengan ragi tape, selanjutnya tuangkanlah kedalam cup plastik diamkanlah suhu ruang sampai muncul endapan dibawahnya , dan juga cairan minyaknya dapat terlihat dibagian atas.
4. Pemisahan, cairan minyak yang muncul dibagian atas kemudian diambil dengan cara disedot menggunakan selang infus, sehingga diperoleh VCO (Virgin Coconut Oil)
Evaluasi VCO
VCO (Virgin Coconut Oil) yang dihasilkan dievaluasi secara fisik meliputi parameter berarti VCO yang dihasilkan, warna, rasa, dan bau.
cara membuat vco tanpa pemanasan

Hasil dan Pembahasan
Membantu pada proses pembuatan VCO (Virgin Coconut Oil) tanpa melibatkan panas inilah hasil dari penambahan ragi tape, Bisa menjadi metode dalam pembuatan VCO secara fermentasi untuk penambahan pada bahan di atas. Hasil VCO yang diperoleh melalui penambahan bahan tersebut diamati berdasarkan parameter warna, rasa, dan bau serta berat VCO yang dihasilkan. Kualitas mutu minyak kelapa yg dihasilkan semakin tak bagus karena semakin banyak penambahan ragi tape pada pengolahan minyak kelapa murni, namun sebaliknya rendemen hasil dapat meningkat.

Parameter Bau, Rasa, dan Warna
Penambahan ragi tape dalam pembuatan VCO tidak menyebabkan perbedaan bau, rasa, dan warna pada VCO yang dihasilkan. Hal ini disebabkan bahwa reaksi hidrolisis protein tidak menghasilkan senyawa yang dapat merusak atau mempengaruhi warna VCO.

C. CARA MEMBUAT MINYAK VCO TANPA PEMANASAN

Simak cara-cara membuat minyak vco tanpa pemanasan yang biasa dilakukan, Berikut ini….

CARA MEMBUAT VCO TANPA PEMANASAN METODE BASAH
Metode serba basah dalam menggunakan santan yg diekstrak dari buah kelapa yg lebih mentah daripada kopra yg kering. Protein dalam santan membuat elmusi minyak dan air. Langkah yg lebih bermasalah yaitu langkah untuk memecah emulsi agar bisa memulihkan minyak. Ini biasanya dilakukan dengan perebusan yang lama, Namun ini menghasilkan minyak yang berubah warna dan tidak ekonomis.

Virgin coconut oil (VCO) dapat diproduksi dari santan segar, daging, atau residu. Untuk memproduksi dari daging yg segar ini melibatkan penggilingan basah atau juga mengeringkan residunya, dan gunakanlah alat sekrup pemeras agar dapat mengekstraksi minyak tersebut. Minyak VCO ini juga bisa diekstraksi dari daging yg segar, Metodenya yaitu dengan cara diparut, kemudian dikeringkan hingga kadar air berkisar 10–12%, lalu gunakanlah pengepres manual untuk bisa mengekstrak minyaknya. Memproduksi dari santan melibatkan memarut kelapa dan mencampurnya dengan air, lalu memeras minyaknya. Susu juga dapat difermentasi selama 36–48 jam, minyak dihilangkan, dan krim dipanaskan untuk menghilangkan sisa minyak. Pilihan untuk yg ketiga ini dapat melibatkan dalam penggunaan centrifuge, agar dapat memisahkan oli dari cairan yg lain. Coconut oil ini pun juga bisa diekstraksi dari residu yg kering yg tersisa dari produksi santan itu sendiri.

CARA MEMBUAT VCO TANPA PEMANASAN METODE FERMENTASI
Metode fermentasi untuk membuat coconut oil sendiri yaitu pertama-tama : Persiapkan dulu bahan-bahanya yaitu dengan memilih kelapa yg berkualitas baik, matang, dan juga segar. Dikupas-kupas lalu dagingnya diambil kemudian bersihkan. Parut dan campurlah dengan air matang. Lalu peras parutan tersebut. Pada air perasan kelapa parut, tuangkanlah ke dalam botol ataupun wadah. Lalu simpanlah dan diamkanlah di ruangan yg bersuhu 32 derajat celcius selama kurang lebih 24 jam . Proses ini akan membuat air dan minyak terpisah. Ketika air sudah terpisah dengan minyak, segera saring. Jadi sampai tersisa minyak kelapa berwarna putih pucat. Untuk teknik pemanasan pada proses ini membutuhkan kisaran waktu yang lebih singkat daripada dengan fermentasi. Disarankan untuk cara yg lebih gampang membuatnya dengan praktis yaitu menggunakan alat pembuat minyak kelapa.

CARA MEMBUAT VCO TANPA PEMANASAN METODE PENYARINGAN
Metode ini memang membutuhkan waktu yang memang lumayanlah begitu lama, yaitu sekitaran 24 jam, akan tetapi metode inipun tidak begitu sulit. Metode dalam membuat minyak coconut oil sendiri ini, perlu menggunakan proses untuk penyaringanya caranya yaitu : Pertama-tama siapkanlah dulu kelapa tua yg memang sudah dikupas. Potong dagingnya kecil-kecil. Haluskan dengan blender dan tambahkan air matang seperlunya. Saringlah hasil blender hingga menghasilkan santan.

Tambahkan air jika diperlukan. Lakukanlah berulang-ulang supaya santan yang dihasilkan banyak. Selanjutnya kemudian santan ini masukkan di sebuah wadah ataupun toples, lalu bisa anda diamkan selama masa kurang lebih sehari / 24 jam, agar minyak kelapa ini dan juga santanya dapat segera terpisah. Lalu untuk menyimpannya di lemari pendingin / kulkas, juga bisa di simpan di ruangan yg lebih dingin, agar dadih ini bisa cepat terbentuk (ini lebih disarankan). Selanjutnya kemudian buang dadih ini dan kalian bisa mendapatkan minyak kelapa murni yg memang masih tertinggal di dalam toples ataupun wadah. Juga bisa lebih mudah dan praktis menggunakan mesin minyak kelapa.

cara membuat vco tanpa pemanasan

D. CARA LENGKAPNYA MEMBUAT VCO

Bahan-bahan pembuatanya :

  • 2 btr Daging kelapa tua
  • Air matang hangat secukupnya, agak panasan dikit gapapa
  • Alat (pastikan semua bersih):
  • Blender/ parutan / alat pembuat minyak VCO
  • Baskom
  • Wadah plastik tertutup
  • Plastik kantong dan karet gelang
  • Saringan
  • Corong
  • Tissue tanpa parfum/ kain saringan
  • Botol kaca
  • Tangan jg harus bersih

Langkah-langkahnya.

a. Daging kelapa dipotong kecil-kecil, masukan ke blender, tambahkan air matang secukupnya saja lalu blender sampai halus dan bersantan kemudian saring.

b. Bisa juga dengan memarut kelapa lalu dicampur air dan remas”. Saring, atau bisa dilakukan untuk cara lebih mudahnya bisa menggunakan alat pembuat minyak kelapa/VCO

c. Santan dimasukan ke kantong plastik. Tutup kantong plastik dengan diikat memakai karet. Diamkan kira” 1-2 jam.

d. Setelah didiamkan akan terbentuk 2 lapisan. Bagian atas adlh santan kental dan yg dibawahnya adlh air.

e. Angkat plastik dan lubangi sedikit salah satu sudut bawahnya. Biarkan air terbuang melalui lubang tsb. Segera tutup lubangnya bila bagian air sudah habis.

f. Tuang bagian santan kentalnya kedalam wadah plastik bersih bertutup. Diamkan kira” 24 jam utk fermentasi.

cara membuat vco tanpa pemanasan

g. Setelah didiamkan akan muncul gelembung dipermukaan dan kemudian minyak mulai terpisah.

h. Akan terbentuk 3 lapisan. Paling atas adlh minyak, dibawahnya adlh ampas santan(blondo) dan paling bawah adlh air. Minyak VCO berwarna bening jernih seperti air. Berbeda dgn minyak kelapa yg dimasak yg warnanya lebih keruh.

i. Siapkan botol bersih yg dibagian atasnya diisi corong berlapis kain saringan atau tissue tanpa parfum. Sendok minyak perlahan lalu tuang kesaringan. Biarkan minyak menetes perlahan kedalam botol. Bagian ini bagi saya adlh bagian tersulit dari keseluruhan prosesnya? sabar dan hati”

cara membuat vco tanpa pemanasan

j. Atau bisa juga dengan memasukan wadah plastik tsb ke kulkas selama 1-2 jam shg minyak akan membeku. Dgn cara ini minyak lebih mudah dikeluarkan. Ambil minyak bekunya, letakkan di wadah bersih pada suhu ruang. Tunggu hingga minyak cair lalu saring seperti cara diatas.

k. VCO sudah siap utk dikonsumsi langsung, memasak ataupun untuk kosmetik spt pelembab wajah dan rambut jg body lotion. Minyak ini anti-comedogenic. Tingal pijat wajah dgn minyak ini lalu bersihkan dgn handuk. Mulussss 🙂

Terima Kasih Untuk Kunjunganya Dan Sampai Jumpa Lagi Di Perjumpaan Kita Berikutnya… 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *