Cara Buat Sambal Bawang Merah Pedas Yang Enak

Cara Buat Sambal Bawang Merah

Cara buat sambal bawang merah pedas yang enak memang sangatlah mudah dibuat, kalian bisa membuatnya dirumah sendiri untuk dijadikan cocolan atau pelengkap makanan.

Pengertian Sambal

Cara Buat Sambal Bawang Merah

Sambal adalah istilah besar yang dalam kuliner Indonesia merujuk pada saus pedas. Secara garis besar, sambal berbahan utama cabai yang dilumatkan sehingga keluar kandungan sari cabe dan ditambah bahan-bahan lain seperti garam dan terasi. Sambal merupakan salah satu unsur khas hidangan Indonesia. Sambal juga ditemukan dalam kuliner Asia Selatan dan Asia Timur. Ada bermacam-macam variasi sambal yang berasal dari berbagai daerah.

Manfaat Sambal

1. Kadar Gula Darah Lebih Stabil

Menurut American Journal of Clinical Nutrition, makan sambal dapat memberikan manfaat yang sangat positif pada orang kelebihan berat badan atau mengalami penyakit diabetes. Ini karena cabai yang digunakan sebagai bahan dasar sambal dapat membantu mengontrol kadar insulin secara signifikan setelah makan. Dengan insulin yang lebih baik, kadar gula darah di dalam tubuh juga lebih stabil di rentang normal.

2. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Membumbui makanan dengan sambal yang terbuat dari cabai segar dapat mengurangi kemungkinan mengalami gangguan kognitif, seperti demensia dan penyakit Alzheimer ketika mencapai usia tua. Ini karena mengonsumsi sambal secara rutin dihubungkan dengan kemampuan kognitif yang lebih baik.

3. Mencegah Anemia

Anemia atau kurang darah yang bergejala badan lemas dan wajah pucat paling sering disebabkan oleh kekurangan zat besi. Untungnya, cabai yang menjadi bahan dasar sambal mengandung zat besi yang memadai untuk mencegah terjadinya kondisi tersebut. Di samping itu, cabai juga kaya akan asam folat untuk menunjang produksi sel darah merah sehingga risiko anemia menjadi semakin rendah. Bahkan, asam folat pada cabai juga dikatakan mampu menurunkan risiko terjadinya cacat lahir.

4. Mengurangi Tekanan Darah

Cabai yang terkandung dalam sambal mengandung kalium, yang jika dikombinasikan dengan folat pada jumlah yang tepat dapat benar-benar mengurangi risiko penyakit jantung. Lebih dari itu, cabai juga merupakan sumber riboflavin dan niasin yang sangat baik. Niasin meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL), juga mengurangi risiko penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke.

5. Penghilang Rasa Sakit

Capsaicin yang terkandung di dalam cabai bisa digunakan untuk mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh osteoartritis dan neuropati diabetes. Zat tersebut bekerja dengan mengurangi reseptor sensorik, dan memiliki efek antiinflamasi.

6. Mengatasi Hidung Tersumbat

Capsaicin tidak hanya meredakan nyeri, tetapi juga meredakan gejala hidung tersumbat. Ini karena zat tersebut menciptakan sensasi hangat yang dapat merangsang sekresi untuk membersihkan lendir dari hidung yang tersumbat. Capsaicin juga memiliki sifat antibakteri yang melawan infeksi sinus kronis, karena dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah di rongga hidung.

7. Menjaga Kesehatan Usus

Cabai sering digunakan sebagai pengawet makanan karena sifat antibakteri dan antijamurnya. Capsaicin, bahan utama pada cabai, dapat membunuh bakteri seperti H. pylori dan menyembuhkan penyakit radang usus.

8. Memperkuat Sistem Kekebalan

Warna merah cerah pada buah cabai menunjukkan kandungan pro-vitamin A atau beta-karoten yang tinggi. Dengan hanya dua sendok teh cabai merah, Anda dapat mencapai sekitar 6% dari nilai harian yang direkomendasikan untuk vitamin C. Vitamin A penting untuk menjaga kesehatan saluran pernapasan, usus dan saluran kemih. Vitamin A juga dikenal sebagai vitamin anti infeksi dan berfungsi sebagai garis pertahanan pertama melawan infeksi.

9. Menjaga Fungsi Mata

Makan sekitar satu sendok makan cabai setiap hari dapat membantu menjaga fungsi mata yang optimal dan mengurangi risiko degenerasi makula.

10. Menghambat Kanker

The American Association for Cancer Research menyatakan bahwa capsaicin memiliki kemampuan untuk membunuh leukemia dan sel kanker. Berdasarkan temuan tersebut, seharusnya cabai mampu menghambat pertumbuhan tumor dan kanker.

Manfaat Bawang Merah

Cara Buat Sambal Bawang Merah

1. Pengobatan Maag

Mengkonsumsi bawang merah bisa menjadi obat maag alami. Bawang merah cukup dibersihkan dan dimakan mentah. Selain itu, Anda dapat mencampurkannya dengan makanan lain seperti kecap untuk menghindari bau yang menyengat.

2. Turunkan Demam Anda

Manfaat bawang bombay untuk bayi mungkin bisa untuk menurunkan demam. Campurkan parutan bawang bombay dengan minyak kelapa dan sedikit asam lalu oleskan secara merata ke tubuh, terutama punggung dan perut, agar bisa menghangatkan badan.

3. Napas Tanpa Gesekan

Lendir yang ada di tenggorokan dan bisa menyumbat saluran udara bisa diatasi dengan mengonsumsi bawang merah. Cukup makan bawang merah mentah atau acar untuk membuat badan terasa hangat dan meningkatkan pernapasan.

4. Mengatasi Masuk Angin

Selain untuk pernafasan, bawang merah juga bisa menjadi obat masuk angin. Cukup potong umbi bawang bombay dan campur dengan sedikit minyak kelapa. Kemudian oleskan ramuan tersebut di area punggung hingga kulit berubah menjadi merah.

5. Menurunkan Kadar Kolesterol

Kolesterol berlebih tidak baik untuk tubuh manusia. Namun, makan bawang merah dapat menurunkan kadar kolesterol karena memfasilitasi mobilisasi dan menghindari hambatan akumulasi.

6. Mengobati Luka

Umbi bawang merah dapat digunakan untuk mengobati luka pada tubuh. Caranya cukup potong umbi bawang bombay menjadi irisan-irisan lalu campurkan dengan minyak kelapa dan garam. Didihkan semua bahan.

Kemudian biarkan bahan campuran menjadi dingin dan oleskan secara teratur ke luka setidaknya tiga kali sehari. Dengan cara ini, luka di tubuh cepat kering di luar dan dalam.

Manfaat Lainnya:

7. Menormalkan Kadar Gula Darah

Bawang merah dapat meningkatkan kadar insulin dan membantu proses glikolisis pada penderita diabetes, yang menyebabkan penurunan kadar gula darah. Makanya, mengkonsumsi bawang bombay bisa menambah dan menormalkan gula dalam tubuh.

8. Mata Ikan

Khasiat bawang merah mentah untuk mata ikan bisa didapatkan dengan mengoleskan potongan bawang merah pada area mata ikan. Lakukan ini dari sore hingga pagi, setelah itu Anda membasuh kaki dengan sabun hangat dan air.

9. Meningkatkan Kesehatan Otak

Bawang bombay mengandung asam folat yang dapat meningkatkan kesehatan otak. Selain itu, kandungan lain dalam bawang bombay seperti zat besi dan pyrithione juga meningkatkan fungsi otak dan meningkatkan aktivitas neurologis.

10. Meningkatkan Stamina Pria

Manfaat bawang merah jantan dapat meningkatkan stamina. Pasalnya, kandungan fitokimia pada bawang bombay dapat merangsang vitamin C untuk meningkatkan kekebalan tubuh sehingga membantu mencegah penyakit pada tubuh.

11. Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi dalam tubuh dapat menimbulkan berbagai risiko kesehatan. Makan bawang merah bisa mengurangi risiko ini karena adanya quercetin yang bisa menurunkan tekanan darah.

12. Meningkatkan Imunitas

Kekebalan tubuh dari mengonsumsi bawang merah bisa memperkuat dan mencegah berbagai penyakit seperti flu, demam, dan bronkitis. Caranya adalah dengan menambahkan bawang bombay ke dalam makanan yang Anda makan.

Resep Cara Buat Sambal Bawang Merah

Bahan – bahan:

  • 15 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 18 buah cabai rawit merah
  • 3 buah cabai merah keriting
  • secukupnya Garam
  • Minyak utk menumis
  • secukupnya Gula pasir

Cara Buat Sambal Bawang Merah:

  1. Uleg kasar cabai, bawang merah, bawang putih
  2. Panaskan minyak dengan api sedang, tumis ulegan cabai dan bawang. Tambahkan gula dan garam sesuai selera.
  3. Masak hingga matang, siap disajikan

Jika anda ingin mengupas bawang lebih mudah dan lebih praktis gunakanlah mesin pengupas bawang karena pada umumnya menggunakan sistem manual, dan itu biasanya lama prosesnya. Untuk lebih mudahnya proses pengupasan bawang merah dan bawang putih. Sehingga anda tidak perlu cape – cape mengupas bawang dan mempercepat pengerjaan terutama bagi penjual sambal bawang.

sambal ini juga cocok dicocol dengan resep keripik bawang.

Mungkin itu informasi dan resep dari saya, semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *