Cara Membuat Sambal Matang Tomat Yang Enak Dan Segar

Cara Membuat Sambal Matang Tomat

Cara membuat sambal matang tomat yang enak dan segar memang sangat mudah dibuat sendiri di rumah, kalian bisa membuatnya untuk dijadikan cocolan.

Manfaat Tomat

Cara Membuat Sambal Matang Tomat

1. Ampuh Menangkal Kanker

Tomat sangat kaya akan kandungan vitamin C dan antioksidan. Dengan komponen ini, tomat adalah buah ampuh untuk melindungi tubuh dari radikal bebas penyebab kanker. Beberapa penelitian menyebut bahwa kandungan beta karoten yang bersifat antioksidan secara signifikan mampu menangkal pertumbuhan tumor pada kanker prostat.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Mempertahankan asupan natrium yang rendah membantu menjaga tekanan darah tetap normal. Namun, meningkatkan asupan kalium juga penting karena efek pelebarannya pada arteri.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan serat, kalium, vitamin C, dan kolin dalam tomat adalah komponen penting untuk mendukung kesehatan jantung.,Peningkatan asupan kalium, bersama dengan penurunan asupan natrium, adalah perubahan pola makan paling penting yang dapat dilakukan rata-rata orang untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

4. Mengontrol Gula Darah

Studi menunjukkan bahwa orang dengan diabetes tipe 1 yang mengonsumsi diet tinggi serat memiliki kadar glukosa darah yang lebih rendah. Salah satu andalannya adalah tomat. Peneliti merekomendasikan untuk mengonsumsi sekitar 25 g serat per hari untuk wanita dan sekitar 38 g per hari untuk pria.

5. Melancarkan Pencernaan

Mengonsumsi makanan yang mengandung banyak air dan serat, seperti tomat, dapat membantu melembapkan dan mendukung pergerakan usus yang normal. Tomat sendiri dianggap sebagai buah pencahar yang efektif. Serat dalam tomat menambah kotoran pada tinja dan membantu mengurangi sembelit, sehingga pencernaan jadi lebih lancar.

6. Memelihara Kesehatan Mata

Tomat merupakan sumber makanan yang kaya akan likopen, lutein, dan beta karoten. Ini adalah antioksidan kuat yang telah terbukti melindungi mata terhadap kerusakan, perkembangan katarak, dan degenerasi makula terkait usia.

7. Memperbaiki Kerusakan karena Rokok

Asam coumaric dan asam klorogenat yang terkandung dalam tomat diketahui ampuh dalam membantu melindungi tubuh dari efek buruk asap rokok. Tak hanya bagi perokok aktif, ini juga bermanfaat utnuk perokok pasif.

8. Mendukung Imunitas Tubuh

Melimpahnya kandungan vitamin C, jus tomat segar sangat baik dalam meningkatkan tingkat kekebalan tubuh kita. Vitamin C di dalamnya juga mengendalikan peningkatan hormon stres, membantu tubuh tetap berenergi dan fit setiap hari.

9. Membantu Membakar Lemak

Tak heran jika tomat merupakan salah satu bahan makanan yang seringkali dijumpai pada menu salad atau makanan sehat lainnya. Karena memang dibutuhkan dalam program diet.

10. Mempercantik Kulit

Tomat merupakan unsur penting dalam sebagian besar perawatan kecantikan. Buah ini membantu mengatasi pori-pori besar, jerawat, menenangkan kulit terbakar, dan menyegarkan kembali kulit kusam.

Manfaat Sambal

Cara Membuat Sambal Matang Tomat

1. Kadar Gula Darah Lebih Stabil

Menurut American Journal of Clinical Nutrition, makan sambal dapat memberikan manfaat yang sangat positif pada orang kelebihan berat badan atau mengalami penyakit diabetes. Ini karena cabai yang digunakan sebagai bahan dasar sambal dapat membantu mengontrol kadar insulin secara signifikan setelah makan. Dengan insulin yang lebih baik, kadar gula darah di dalam tubuh juga lebih stabil di rentang normal.

2. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Membumbui makanan dengan sambal yang terbuat dari cabai segar dapat mengurangi kemungkinan mengalami gangguan kognitif, seperti demensia dan penyakit Alzheimer ketika mencapai usia tua. Ini karena mengonsumsi sambal secara rutin dihubungkan dengan kemampuan kognitif yang lebih baik.

3. Mencegah Anemia

Anemia atau kurang darah yang bergejala badan lemas dan wajah pucat paling sering disebabkan oleh kekurangan zat besi. Untungnya, cabai yang menjadi bahan dasar sambal mengandung zat besi yang memadai untuk mencegah terjadinya kondisi tersebut. Di samping itu, cabai juga kaya akan asam folat untuk menunjang produksi sel darah merah sehingga risiko anemia menjadi semakin rendah. Bahkan, asam folat pada cabai juga dikatakan mampu menurunkan risiko terjadinya cacat lahir.

4. Mengurangi Tekanan Darah

Cabai yang terkandung dalam sambal mengandung kalium, yang jika dikombinasikan dengan folat pada jumlah yang tepat dapat benar-benar mengurangi risiko penyakit jantung. Lebih dari itu, cabai juga merupakan sumber riboflavin dan niasin yang sangat baik. Niasin meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL), juga mengurangi risiko penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke.

5. Penghilang Rasa Sakit

Capsaicin yang terkandung di dalam cabai bisa digunakan untuk mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh osteoartritis dan neuropati diabetes. Zat tersebut bekerja dengan mengurangi reseptor sensorik, dan memiliki efek antiinflamasi.

6. Mengatasi Hidung Tersumbat

Capsaicin tidak hanya meredakan nyeri, tetapi juga meredakan gejala hidung tersumbat. Ini karena zat tersebut menciptakan sensasi hangat yang dapat merangsang sekresi untuk membersihkan lendir dari hidung yang tersumbat. Capsaicin juga memiliki sifat antibakteri yang melawan infeksi sinus kronis, karena dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah di rongga hidung.

7. Menjaga Kesehatan Usus

Cabai sering digunakan sebagai pengawet makanan karena sifat antibakteri dan antijamurnya. Capsaicin, bahan utama pada cabai, dapat membunuh bakteri seperti H. pylori dan menyembuhkan penyakit radang usus.

8. Memperkuat Sistem Kekebalan

Warna merah cerah pada buah cabai menunjukkan kandungan pro-vitamin A atau beta-karoten yang tinggi. Dengan hanya dua sendok teh cabai merah, Anda dapat mencapai sekitar 6% dari nilai harian yang direkomendasikan untuk vitamin C. Vitamin A penting untuk menjaga kesehatan saluran pernapasan, usus dan saluran kemih. Vitamin A juga dikenal sebagai vitamin anti infeksi dan berfungsi sebagai garis pertahanan pertama melawan infeksi.

9. Menjaga Fungsi Mata

Makan sekitar satu sendok makan cabai setiap hari dapat membantu menjaga fungsi mata yang optimal dan mengurangi risiko degenerasi makula.

10. Menghambat Kanker

The American Association for Cancer Research menyatakan bahwa capsaicin memiliki kemampuan untuk membunuh leukemia dan sel kanker. Berdasarkan temuan tersebut, seharusnya cabai mampu menghambat pertumbuhan tumor dan kanker.

Resep Cara Membuat Sambal Matang Tomat

Bahan – bahan:

  • 3 buah tomat merah ukuran sedang
  • 7 buah cabe keriting
  • 1/2 sdt garam
  • 7 buah cabe rawit merah
  • 2 siung bawang putih
  • 4 siung bawang merah
  • 5 sdm minyak goreng
  • 1/2 sdt gula putih
  • 5 sdm air matang

Cara Membuat Sambal Matang Tomat:

  1. Siapkan bahan2, potong2 cabe dan bawang,ulek terlebih dahulu,
  2. Setelah itu potong2 tomat lalu ulek bersama cabe,siapkan wajan tambahkan minyak,lalu goreng sambal,tambahkan air,garam dan gula,masak sampai matang
  3. Setelah matang angkat dan siap untuk di sajikan

Sambal ini juga bisa untuk resep ayam geprek sambal bawang.

Jika anda ingin mengupas bawang lebih mudah dan lebih praktis gunakanlah mesin pengupas bawang karena pada umumnya menggunakan sistem manual, dan itu biasanya lama prosesnya. Untuk lebih mudahnya proses pengupasan bawang merah dan bawang putih. Sehingga anda tidak perlu cape – cape mengupas bawang dan mempercepat pengerjaan terutama bagi penjual sambal bawang.

Mungkin itu informasi dari saya, semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *