Resep Sambal Bawang Cabe Hijau Yang Enak Dan Sederhana

Resep Sambal Bawang Cabe Hijau

Resep sambal bawang cabe hijau yang enak dan sederhana memang sangatlah mudah dibuat sendiri di rumah, kalian bisa membuatnya untuk dijadikan cocolan.

Manfaat Cabe Hijau

Resep Sambal Bawang Cabe Hijau

1. Kaya Nutrisi

Cabai hijau mengandung banyak nutrisi seperti magnesium, zat besi, kalium, berbagai vitamin dari A, B, C, E dan P serta serat yang menyehatkan. Kandungan ini sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, cabai hijau juga mengandung capsaicin, stimulan yang bekerja melawan kanker, radang dan epilepsi.

2. Kaya Kalsium

Dari sekian banyak nutrisi yang terdapat pada cabai hijau, kandungan kalsium di dalamnya tidak boleh dianggap remeh. Kalsium pada cabai hijau dapat meningkatkan produksi sel darah baru. Kemampuan ini tentunya akan menunjang kesehatan tubuh.

3. Sumber Antioksidan

Vitamin A, B, dan C menjadikan cabai hijau sebagai sumber antioksidan yang baik bagi tubuh. Kandungan ini dapat memperbaiki kerusakan jaringan akibat bakteri dan membantu tubuh mencegah penggumpalan darah yang berlebihan.

4. Mengurangi Peradangan

Kandungan antioksidan pada cabai hijau dipercaya efektif meredakan nyeri dan bengkak pada tulang akibat peradangan seperti rematik, asteoartritis, dan radang sendi.

Konsumsi cabai hijau dapat ditambahkan ke dalam menu makanan dalam jumlah yang cukup untuk menghindari sakit perut.

5. Mencegah Infeksi

Seperti yang sudah dijelaskan, cabai hijau memiliki sifat anti inflamasi dan antibakteri. Kemampuan tersebut menjadikan cabai hijau bermanfaat dalam mencegah infeksi bakteri seperti infeksi usus besar dan herpes zoster.

6. Meningkatkan Imunitas

Kandungan berbagai vitamin pada cabai hijau menyimpan sejuta manfaat bagi tubuh manusia, salah satunya untuk imunitas dan imunitas. Vitamin C dan B6 berperan penting dalam meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tubuh lebih kebal terhadap berbagai penyakit.

7. Menjaga Kesehatan Pernafasan

Cabai hijau tidak hanya mengandung vitamin yang berperan sebagai antioksidan, tetapi juga fitonutrien. Kandungan ini dapat memberikan efek relaksasi pada saluran udara dan melindungi paru-paru dari berbagai penyakit seperti kanker paru-paru atau dari masalah pernapasan seperti batuk dan asma.

8. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Kalsium adalah salah satu nutrisi terpenting yang dibutuhkan tulang dan gigi. Untuk mendapatkan nutrisi tersebut kita bisa mengkonsumsi cabai hijau karena kandungan kalsiumnya yang tinggi. Selain itu kandungan kalsium pada cabai merah juga baik untuk meningkatkan produksi sel darah baru.

9. Menjaga Kesehatan Mata dan Penglihatan

Selain vitamin B kompleks dan C, kandungan vitamin A pada buah cabai tidak perlu diragukan lagi. Vitamin A dapat meningkatkan penglihatan dan mengurangi risiko katarak serta menurunkan kemampuan mata seiring bertambahnya usia.

10. Kemudahan Pencernaan

Serat yang ditemukan pada cabai merah mungkin tidak sekuat pada makanan berserat tinggi lainnya. Namun kandungan tersebut dapat membantu tubuh membersihkan usus besar dari partikel makanan dan meningkatkan kinerja sistem pencernaan, yang membantu pencernaan berjalan dengan lancar.

Manfaat Bawang Putih

1. Menurunkan Tekanan Darah dan Kolesterol

Salah satu manfaat bawang putih bagi kesehatan yaitu bisa menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Hal ini telah dibuktikan oleh penelitian yang pernah dipublikasikan di Journal of Nutritional Biochemistry.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat bawang putih juga bisa membantu melindungi para penderita diabetes dari kardiomiopati (penyakit kronis pada otot jantung). Fakta ini didapat berdasarkan riset yang dipublikasikan di Journal of Agricultural and Food Chemistry.

3. Mencegah Flu

Mengonsumsi rutin bawang putih dapat mengurangi frekuensi penyakit influenza sekaligus dapat mencegahnya.

4. Menurunkan Risiko Osteoartritis

Khasiat bawang putih lainnya adalah mencegah osteoartritis . Sebuah studi mengenai hal ini sempat dilakukan di King’s College London dan University of East Anglia.

5. Mengurangi Risiko Kanker Paru

Mengonsumsi bawang putih mentah minimal dua kali dalam seminggu bisa menurunkan risiko kanker paru sebesar 44 persen.

6. Mencegah Alzheimer dan Demensia

Salah satu khasiat bawang putih yaitu menurunkan berbagai risiko penyakit. Manfaat ini didapat dari kandungan antioksidan di dalam bawang putih. Kandungan tersebut dapat membantu melawan radikal bebas.

7. Memberikan Efek Detoksifikasi

Manfaat bawang putih untuk dapat memberikan efek detoksifikasi diperoleh dari kandungan sulfur di dalam bawang putih. Jika dalam dosis tinggi, maka kandungan ini akan menunjukkan efek proteksi atau perlindungan pada organ tubuh dari racun metal yang kemungkinan ada di dalam tubuh.

8. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Sebuah penelitian yang pernah menggunakan ekstrak bawang putih yang dikeringkan pada seorang wanita menopause. Hasilnya ditemukan adanya penurunan defisiensi estrogen yang dapat menyebabkan seseorang mengalami osteoporosis.

9. Mencegah Kerusakan Hati

Kerusakan hati paling sering disebabkan oleh kebiasan buruk, seperti mengonsumsi minuman beralkohol dalam jangka panjang. Namun, hal ini dapat dicegah jika memperoleh khasiat bawang putih.

10. Mencegah Kelahiran Prematur

Penyebab seringnya kelahiran prematur adalah adanya infeksi pada masa kehamilan. Bawang putih memiliki efek antibikrobial untuk mencegah infeksi atau menurunkan risiko kelahiran prematur.

Resep Sambal Bawang Cabe Hijau

Resep Sambal Bawang Cabe Hijau

Bahan – bahan:

  • 100 grm cabe rawit ijo (tanpa tangkai)
  • 7 siung bawang putih
  • Bumbu penyedap :
  • 1 sdt gula pasir
  • Secukupnya minyak goreng
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt kaldu bubuk royco ayam

Cara Buat Resep Sambal Bawang Cabe Hijau:

  1. Cuci cabai dan bawang putih sampai bersih
  2. Siapkan semua bahan
  3. Panaskan minyak goreng, goreng bawang putih hingga matang. Angkat dan sisihkan
  4. Kemudian goreng cabai dengan minyak panas. Tutup wajan agar cabai tidak pecah
  5. Jika Anda tidak dapat mendengar suara cabai yang meledak, matikan kompor. Dan segera angkat cabe tersebut
  6. Tambahkan gula, garam dan kaldu bubuk. Giling hingga halus yang diinginkan
  7. Sambal cabe hijau  bawang putih siap disajikan

Bawang putihnya juga kalian bisa buat jadi baceman bawang putih loh, untuk jadi bumbu masakan.

Jika anda ingin mengupas bawang lebih mudah dan lebih praktis gunakanlah mesin pengupas bawang karena pada umumnya menggunakan sistem manual, dan itu biasanya lama prosesnya. Untuk lebih mudahnya proses pengupasan bawang merah dan bawang putih. Sehingga anda tidak perlu cape – cape mengupas bawang dan mempercepat pengerjaan terutama bagi penjual sambal bawang.

Mungkin itu informasi dari saya, semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *