Cara Membuat Sambal Bawang Bombay Yang Nikmat

Cara Membuat Sambal Bawang Bombay

Cara membuat sambal bawang bombay yang nikmat memang sangatlah mudah dibuat sendiri di rumah, kalian bisa membuatnya untuk dijadikan cocolan atau sebagai pendamping nasi.

Manfaat Bawang Bombay

Cara Membuat Sambal Bawang Bombay

1. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Makan bawang bombay, baik langsung maupun dengan menambahkannya ke dalam makanan sebagai bumbu tambahan, ternyata dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, yang juga dikenal sebagai sistem kekebalan tubuh. Memiliki daya tahan tubuh yang kuat dapat membantu Anda terhindar dari berbagai penyakit, virus, dan radikal bebas. Ini karena bawang merah kaya akan antioksidan yang membantu menunjang sistem kekebalan tubuh.

2. Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Berdasarkan hasil sebuah penelitian, mengoleskan olahan bawang merah dalam bentuk jus ke kepala selama kurang lebih 2 bulan dapat meningkatkan pertumbuhan rambut pada penderita rambut rontok.

3. Sistem Pencernaan Yang Lancar

Bawang kaya serat. Serat yang dikandungnya adalah jenis serat larut khusus yang disebut oligofruktosa. Oligofruktosa dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri baik di usus dan oleh karena itu diperlukan untuk pencegahan dan pengobatan diare. Alhasil, konsumsi bawang merah secara teratur akan melancarkan sistem pencernaan sehingga makanan yang kita makan pun terolah dengan baik. Bawang bombay juga mengandung fitokimia yang dapat menurunkan risiko sakit maag.

4. Pengobatan Masalah Leher

Kandungan quercetin pada bawang bombay dipercaya dapat mengendurkan otot-otot saluran udara, sehingga membantu mengurangi gejala asma. Bawang juga dapat mengobati bronkitis, pembengkakan pada mulut dan tenggorokan, serta menurunkan risiko kanker tenggorokan.

5. Kulit dan Rambut Sehat

Bawang mengandung vitamin C yang tinggi, yang membuat kulit dan rambut sehat. Kadar folat juga dapat mencegah kelebihan homosistein dalam tubuh, yang menghalangi aliran darah dan nutrisi ke otak. Homosistein berlebih dapat menyebabkan depresi, yang juga dapat mempengaruhi kesehatan kulit dan rambut.

6. Menjaga Tekanan Darah

Bagi Anda yang memiliki tekanan darah tinggi, konsumsi bawang merah secara rutin yang mengandung vitamin E dan C dapat membantu menurunkan tekanan darah atas dan menjaga kestabilan tekanan darah agar tekanan darah total dalam keadaan baik.

7. Baik Untuk Kesehatan Jantung

Kandungan kalium pada bawang bombay merupakan zat yang efektif untuk menurunkan tekanan darah. Fungsi ini dibantu oleh quercetin, sejenis flavonoid yang ditemukan dalam bawang yang dapat membantu menjaga tekanan darah tetap stabil dan mencegah penumpukan plak di arteri. Alhasil, mengonsumsi bawang bombay mengurangi risiko stroke dan mencegah serangan jantung.

8. Mencegah Kanker

Bawang bombay yang kaya vitamin C dipercaya dapat mengatasi radikal bebas penyebab kanker pada manusia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumsi bawang merah dapat membantu menurunkan angka resistensi insulin dan hiperglikemia pada tubuh pasien kanker payudara yang sedang menjalani kemoterapi.

9. Pertahankan Mood Yang Baik

Bawang dipercaya dapat membantu menciptakan mood yang positif. Ini karena bawang merah dapat membantu mencegah kelebihan homosistein, yang menjadi penyebab depresi pada tubuh, karena menghalangi aliran darah dan nutrisi ke otak.

10. Menjaga Gula Darah Tetap Stabil

Sebelumnya, survei telah dilakukan bahwa bawang merah dapat menurunkan gula darah hingga 40 mg jika mengonsumsi 100 gram bawang merah. Jika gula darah tetap stabil, risiko diabetes bisa diturunkan. Komponen dalam bawang seperti quercetin dan sulfur juga bersifat antidiabetes.

Manfaat Sambal

Cara Membuat Sambal Bawang Bombay

1. Gula Darah Lebih Stabil

Menurut American Journal of Clinical Nutrition, mengonsumsi sambal bisa memberikan manfaat yang sangat positif bagi orang yang kelebihan berat badan atau penderita diabetes. Ini karena cabai, yang digunakan sebagai bahan dasar saus sambal, dapat membantu mengontrol kadar insulin setelah makan secara signifikan. Dengan kadar insulin yang lebih tinggi, gula darah tubuh juga semakin stabil dalam kisaran normal.

2. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Bumbu makanan dengan sambal yang terbuat dengan cabai segar dapat mengurangi kemungkinan gangguan kognitif seperti demensia dan Alzheimer seiring bertambahnya usia. Ini karena mengonsumsi sambal secara teratur meningkatkan kinerja kognitif.

3. Mencegah Anemia

Anemia atau kekurangan darah, yang merupakan gejala kelemahan dan pucat pada wajah, paling sering disebabkan oleh kekurangan zat besi. Untungnya, cabai yang menjadi bahan utama sambal memiliki kandungan zat besi yang cukup untuk mencegah kondisi ini. Selain itu, cabai juga kaya akan folat yang mendukung produksi sel darah merah sehingga mengurangi risiko anemia. Kandungan folat pada cabai juga dapat mengurangi risiko cacat lahir.

4. Penurunan Tekanan Darah

Cabai dalam cabai mengandung kalium, yang bila dikombinasikan dengan jumlah folat yang tepat dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Terlebih lagi, mereka juga merupakan sumber riboflavin dan niacin yang bagus. Niacin meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan juga menurunkan risiko penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke.

5. Pereda Nyeri

Capsaicin pada cabai dapat digunakan untuk meredakan nyeri akibat osteoartritis dan neuropati diabetik. Zat ini bekerja dengan menurunkan reseptor sensorik dan memiliki efek antiinflamasi.

6. Mengatasi Hidung Tersumbat

Capsaicin tidak hanya meredakan nyeri, tetapi juga bisa meredakan gejala hidung tersumbat. Ini karena mereka menciptakan sensasi hangat yang bisa merangsang keluarnya lendir dari hidung tersumbat. Capsaicin juga memiliki sifat antibakteri yang melawan infeksi sinus kronis karena bisa menyebabkan penyempitan pembuluh darah di rongga hidung.

7. Menjaga Kesehatan Usus

Cabai rawit sering digunakan sebagai pengawet karena sifat antibakteri dan antijamurnya. Capsaicin, bahan utama pada cabai, dapat membunuh bakteri seperti H. pylori dan mengobati penyakit radang usus.

8. Memperkuat Sistem Kekebalan

Warna merah cerah cabai menandakan kandungan provitamin A atau beta karoten yang tinggi. Hanya dengan dua sendok teh cabai merah, Anda dapat mencapai sekitar 6% dari AKG untuk vitamin C. Vitamin A penting untuk menjaga kesehatan saluran pernafasan, usus, dan saluran kemih. Vitamin A juga terkenal sebagai vitamin anti infeksi dan berfungsi sebagai garis pertahanan pertama melawan infeksi.

9. Menjaga Fungsi Mata

Makan sekitar satu sendok makan cabai setiap hari membantu menjaga fungsi mata yang optimal dan mengurangi risiko degenerasi makula.

10. Mencegah Kanker

The American Association for Cancer Research menyatakan bahwa capsaicin memiliki kemampuan untuk membunuh leukemia dan sel kanker. Berdasarkan temuan tersebut, seharusnya dapat menekan pertumbuhan tumor dan kanker.

Resep Cara Membuat Sambal Bawang Bombay

Cara Membuat Sambal Bawang Bombay

Bahan – bahan:

  • 37 butir cabe rawit
  • 1/2 buah bawang bombay
  • 4 siung bawang merah
  • 1/2 buah tomat merah ukuran besar
  • 1 sdt gula
  • 4 siung bawang putih
  • 1 sdt garam
  • 2 buah tomat hijau ukuran kecil
  • 1 sdt kaldu jamur
  • 2 sdt terasi
  • 1 sdt ebi

Cara Membuat Sambal Bawang Bombay:

  1. Siapkan semua bahan yaitu cabai, tomat, bawang merah, bawang merah, bawang putih, dan terasi
  2. Goreng semua bahan kecuali bawang bombay, gula pasir, garam, kaldu jamur dan udang. Penggilingan kasar. Lalu sisihkan
  3. Siapkan wajan dengan sedikit minyak. Tambahkan irisan bawang bombay dan aduk sebentar. Tara siap dihidangkan

Jika anda ingin mengupas bawang lebih mudah dan lebih praktis gunakanlah mesin pengupas bawang karena pada umumnya menggunakan sistem manual, dan itu biasanya lama prosesnya. Untuk lebih mudahnya proses pengupasan bawang merah dan bawang putih. Sehingga anda tidak perlu cape – cape mengupas bawang dan mempercepat pengerjaan terutama bagi penjual sambal bawang.

Sambal ini juga bisa untuk resep sambal ayam goreng.

Mungkin itu informasi dari saya, semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *