Apa itu content creator ? ini penjelasan nya

Content creator merupakan profesi yang kini sedang naik daun di masa pertumbuhan dunia digital. Popularitas dan endorse dari berbagai brand, pasti saja menantang tiap tiap orang untuk mencobanya. Nah, apa sih content creator itu?

Pengertian Content Creator

 

Content Creator (indonesia : Konten kreator) adalah Sebuah Profesi yang sebabkan suatu konten, baik berbentuk tulisan, gambar, video, suara, ataupun gabungan dari dua atau lebih materi. Konten-konten tersebut dibikin untuk media, terutama fasilitas digital layaknya Youtube, Snapchat, Instagram, WordPress, Blogger, Dll.

Jadi tidak terbatas hanya kepada Conten Creator yang hanyalah menampilkan Gambar dan nada saja, karena sementara ini, kebanyakan konten berbentuk berita, Tutorial, Update dan sebagainya, tetap lewat tulisan, yang sesudah itu akan di sistem lagi jadi sebuah video.

 

Tugas Seorang Content Creator

Ada beberapa tugas yang harus dilakukan diantaranya adalah

  • Kumpulkan ide, data, serta melakukan riset serta membuat konsep untuk menghasilkan suatu konten untuk khalayak.
  • Menghasilkan konten yang benar-benar sesuai dengan identitas dan branding yang diinginkan.
  • Terus Berusaha untuk memenuhi tujuan yang disepakati dari sebuah konten. Contohnya, tujuan promosi, edukasi, menghibur atau memberi informasi
  • Sesuaikan konten dengan platform yang dipilih. Dalam hal ini seorang content creator bisa menghasilkan karya untuk multi-platform.
  • Evaluasi konten yang telah ditayangkan.
Pengetahuan yang wajib dimiliki seorang Content Creator
  • Pengetahuan tentang media produksi, komunikasi, teknik serta metode penyebarannya. Termasuk juga cara alternatif untuk menginformasikan dan menghibur melalui tulisan, lisan, ataupun media visual.
  • Pengetahuan tentang teknik, peralatan, prinsip desain termasuk dalam memproduksi rencana teknikal yang presisi, cetak biru, gambar dan model.
  • Pengetahuan tentang struktur isi dari Bahasa Inggris, termasuk juga arti dan ejaan dari setiap kata, aturan komposisi, serta tata bahasanya.

Jadi jika ada orang yang masih menganggap bahwa content creator itu adalah youtuber saja, maka itu salah, youtuber adalah seorang content creator yang membuat content dengan hasil dari perpaduan Suara, dan Gambar, bahkan ada juga yang menggunakan Tulisan. Semenjak nama Youtuber sudah tersebar, sebenarnya banyak sekali content creator yang sudah ada semejak lama, contohnya (Komikus, Musisi, dan Lainnya).

Namun, untuk menjadi kontent kreator yang sukses, tentu ada beberapa Langkah yang bisa Anda terapkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *