Cara Merawat Sofa Kulit Yang benar

Cara Merawat Sofa Kulit

Sofa kulit adalah salah satu jenis furnitur favorit. Karena terbuat dari kulit maka tidak akan dengan mudah kotor dan menyerap air. Sofa kulit juga bisa memberikan kesan elegan dan artistik pada hunian kita. Dengan menambahkan sofa kulit maka hunian akan memiliki kesan mewah. 

baca juga: cuci sofa Batam

Namun perawatan sofa kulit ternyata tidak semudah yang kita pikirkan. Sofa kulit meskipun rutin dibersihkan ternyata juga rentan terhadap jamur. Apalagi jika sofa kulit kita letakkan terus menerus pada ruang tertutup dimana sirkulasi udara kurang baik.  

Perawatan Jika Ada Noda Pada Sofa Kulit

Sofa kulit memang cenderung lebih mampu menahan noda dan cairan dibanding dengan sofa kain. Tapi jangan salah, ternyata jika terkena noda dan tidak segera dibersihkan, maka sofa kulit juga bisa rusak. Oleh sebab itu, jika kita menjumpai ada noda yang menempel pada sofa kulit kesayangan sebaiknya segera dibersihkan.

Cara untuk membersihkan noda pada sofa kulit adalah dengan menyikat sofa dengan sikat halus terlebih dulu. Jika noda tidak terlalu besar maka bersihkan cukup dengan sikat gigi yang memiliki bulu sikat lembut. Setelah itu gunakan kain dengan serat halus untuk membersihkan sisa noda yang masih menempel pada soga.

baca juga: cuci springbed Batam

Setelah itu siapkan beberapa tetes sabun bayi yang telah dicampur dengan air. Cuci sofa dengan air sabun lalu bilas sofa dengan kain basah. Kita juga bisa menggunakan kanebo untuk membilas sofa. Jika sudah selesai, keringkan permukaan sofa kulit dengan kain kering. Lap hingga benar – benar kering. Jangan lupa angin – anginkan sofa hingga permukaan benar – benar kering seutuhnya. Setelah kering, sebaiknya aplikasikan kondisioner sofa atau lotion kulit yang mengandung bahan alami untuk menjaga keindahan sofa.

Membersihkan Jamur Pada Sofa Kulit

Selain melakukan perawatan dengan membersihkan segera semua noda yang menempel pada sofa, kita juga harus mencegah jamur pada sofa. Jika sudah terlanjur berjamur maka kita perlu membersihkan jamur yang tumbuh pada permukaan kulit sofa. Meski sedikit memerlukan usaha, namun jamur yang muncul pada permukaan sofa kulit harus dengan segera dibersihkan.

Pembersihan jamur pada sofa kulit harus benar – benar tuntas. Karena jika masih ada spora yang tertinggal maka sofa akan dengan segera kembali berjamur. Langkah pertama yang harus dilakukan jika sofa sudah berjamur adalah dengan mempersiapkan peralatan kebersihan yang diperlukan. Alat kebersihan tersebut meliputi sikat lembut, kain kering, cuka dapur, air, sabun bayi dan lotion sofa kulit.

Langkah awal adalah dengan meletakkan sofa di luar ruangan agar jamur tidak menyebar ke dalam ruangan. Lalu bersihkan dulu noda pada sofa dengan cara biasa. Sikat juga bagian jamur pada sofa. Cuci sofa dengan larutan sabun lalu bilas dengan kain lap. Setelah itu oles cuka yang dilarutkan dengan air. Perbandingan larutan cuka dan air adalah 1:1. Keringkan sofa dengan cara diangin – anginkan dan oleskan lotion. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *