Sejarah Zaman Paleozoikum

Zaman Paleozoikum

Dimana pada masa ini diperkirakan berusia 340 juta tahun. Disamping itu kondisi bumi masih belum stabil dan masih dalam keadaan berubah-ubah.

Selain itu zaman ini pula disebut sebagai zaman primer sebab mulai adanya tanda-tanda kehidupan baru.

Adapun beberapa kejadian penting yang terjadi pada waktu itu yaitu 3 kepunahan masa utama. Dimana kepunahan merupakan suatu kejadian kepunahan dalam jumlah yang cukup besar yang dialami oleh kelompok spesies dalam kurun waktu Cuma beberapa juta tahun.

Adapun zaman ini terbagi lagi menjadi 5 bagian, diantaranya :

1. Kambrium

Kambrium ini dimulai sekitar 542 ± 1,0 juta tahun lalu, setelah itu berakhir sekitar 488,3 ± 1,7 juta tahun yang lalu merupakan suatu periode dengan skala waktu geologi.

Disini mulai adanya muncul tanda-tanda kehidupan di bumi, diantaranya ubur-ubur dan kerang. Sehingga periode ini adalah periode pertama di era Paleozoikum.

Atas kelimpahan makhluk hidup yang ditemui pada periode ini, maka ada kemungkinan hal ini berkaitan pada evolusi skeleton / rangka. Hal itu ditunjukan dengan ditemukannya fosil hewan yang memiliki skeleton.

2. Silur

Silur berlangsung mulai akhir periode Ordovisium yakni sekitar 443,7 ± 1,5 juta tahun yang lalu dan merupakan periode dengan skala waktu geologi.

Hal ini berlangsung sampai awal periode Devon, sekitar 416,0 ± 2,8 juta tahun yang lalu. Sehingga mulai muncul tanda-tanda kehidupan binatang bertulang belakang tertua.

Contohnya seperti ikan.

Di era Paleozoik ini mulai terjadi penguasaan daratan oleh makhluk hidup.

3. Devon

Devon ini berlangsung sekitar 416 ± 2,8 sampai 359,2 ± 2,5 juta tahun lalu dan merupakan periode dengan memiliki skala waktu geologi dan termasuk ke dalam era Paleozoikum.

Disini mulai muncul tanda-tanda kehidupan hewan berjenis amphibi tertua.

4. Karbon

Dimana masa ini berlangsung sejak akhir periode Devon yaitu sekitar 359,2 ± 2,5 juta tahun lalu sampai awal periode Perm pada 299,0 ± 0,8 juta tahun lalu. Disamping itu merupakan suatu periode dalam skala waktu geologi.

Nama dari “karbon” ini sendiri diberikan sebab adanya lapisan tebal kapur pada masa ini yang ditemukan di Eropa Barat.

Pada masa ini mulai adanya tanda-tanda kehidupan hewan merayap berjenis reptil.

5. Perm

Istilah dari Perm ini merupakan nama dari sebuah provinsi tua yang berdekatan dengan pegunungan Ural di Rusia. Dimana reptilia meningkat dan serangga modern mulai bermunculan.

Begitu pula dengan tumbuhan konifer dan Grikgo primitif. Dimana hewan Ampibi menjadi kurang begitu berperan.

Untuk masa perm ini sendiri diakhiri oleh adanya kepunahan micsa dengan jumlah yang besar, banyak koral, Tribolit dan ikan pun jadi punah.

Benua Pangea bergabung bersama yang bergerak sebagai satu massa daratan. Pada lapisan es menutupi wilayah bagian Antartika, Amerika Selatan, Afrika dan Australia dengan membendung air serta menurunkan muka air laut.

Iklim yang kering dengan keadaan gurun pasir kini mulai terbentuk pada bagian utara bumi.

Perm / permian ini berlangsung sekitar 299,0 ± 0,8 sampai 251,0 ± 0,4 juta tahun yang lalu.

Dimana periode ini adalah periode akhir pada era Paleozoikum.

Sehingga mulai adanya tanda-tanda kehidupan binatang darat, ikan air tawar serta amphibi. Dimana masa ini diakhiri dengan adanya kepunahan massal.

Dengan berakhirnya zaman primer ini, maka kehidupan kian terus berkembang sampai memasuki zaman baru.

Artikel ini ditulis oleh https://genemil.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *