Berbisnis Cocomesh Sabut Kelapa

Berbisnis Cocomesh Sabut Kelapa

Anda masih bingung mau bisnis apa? Gimana kalau cocomesh? Yuk sini ak jelasin gimana berbisnis cocomesh sabut kelapa yang handal!

Cocomesh

Cocomesh adalah bahan jaring yang terbuat dari batok kelapa yang sangat ramah lingkungan dan mendukung proses pemulihan tambang, pantai atau hutan. Bersifat biodegradable (zat yang mudah rusak / membusuk seperti tanaman) dan kuat serta membantu mendorong pertumbuhan tanaman baru di lahan Cocomesh yang berada di bekas tambang atau lahan lain.

Kegunaan Sabut Kelapa Cocomesh

Cocomesh memiliki banyak kegunaan yaitu:

  1. Melakukan penghijauan media di lahan bekas tambang
  2. Sangat cocok jika digunakan untuk bekas pertambangan dan reklamasi pantai
  3. Sebagai bahan untuk perkuatan di atas tebing
  4. Sebagai solusi untuk mencegah erosi
  5. Digunakan untuk memperkuat tanah
  6. Membantu memperkuat rel kereta api
  7. Bisa juga untuk memperkuat jalan atau jembatan tebing

Proses Pembuatan Cocomesh Sabut Kelapa

Bahan:

  • Batok kelapa tua

Alat:

  • Mesin Pengurai Kelapa Kelapa
  • Mesin pemintal kelapa kelapa

Proses pembuatan Sabut Kelapa:

  1. Siapkan batok kelapa yang sudah cukup tua
  2. Gunakan mesin pengurai kelapa untuk menggiling batok kelapa menjadi kelapa
  3. Keringkan batok kelapa yang telah digiling hingga kering
  4. Ubah kelapa menjadi tali dengan mesin pemintal kelapa
  5. Rajut tali menjadi jaring (cocomesh)
  6. Jaring / kelambu kelapa siap pakai

Manfaat Cocomesh Sabut Kelapa

Cocomesh memiliki beberapa keunggulan, diantaranya:

  • Bahannya adalah serat alami
  • Bahan serat yang kuat, bisa bertahan lama, tapi bisa terurai secara hayati
  • Bisa menampung air
  • Menurut salah satu sumber, cocomesh ini bisa bertahan sekitar 4 tahun atau lebih
  • Cocomesh juga bisa digunakan sebagai pupuk tanah
  • Cocomesh ini tidak meninggalkan residu yang berbahaya
  • Memperbaiki area lantai yang kehilangan kelembapan karena aktivitas tertentu
  • Karena sifat materialnya yang elastis, Cocomesh sangat cocok untuk daerah atau daratan yang landai atau berbatu
  • Memiliki ketahanan jamur
  • Mudah untuk dibersihkan

Informasi Berbisnis Cocomesh Sabut Kelapa

RumahSabut.com adalah website yang menawarkan penjualan cocomesh termurah dan berkualitas di Yogyakarta yang berdiri 3 tahun yang lalu. Usaha ini dimulai saat pemiliknya meneliti manfaat kelapa-kelapa bagi lingkungan.

Alasan kami memilih bisnis penjualan cocomesh  adalah karena banyaknya lahan bekas pertambangan dimana media cocomesh digunakan untuk media tanam diimpor dari India atau Sri Lanka. Padahal, Indonesia merupakan produsen utama dan terbesar cocofiber sebagai bahan baku cocomesh. Selain itu, kami berupaya meningkatkan kesejahteraan para pengrajin tempurung kelapa sebagai penghasilan tambahan yang pekerja utamanya adalah ibu rumah tangga.

Tips Sebelum Memulai Bisnis

1. Kepercayaan adalah kunci utama

Padahal, modal awal membangun bisnis adalah kepercayaan diri. Jadi buatlah keputusan sebelum Anda memulai bisnis. Jika Anda masih setengah hati dan memiliki banyak keraguan untuk memulai bisnis, akan lebih mudah bagi Anda untuk dilempar oleh keadaan. Jangan biarkan usaha keras Anda berhenti di tengah jalan.

2. Rencana bisnis yang matang

Tip kedua adalah rencana bisnis yang matang. Namun, ingatlah untuk membuat rencana bisnis yang inovatif dan fleksibel untuk mengembangkan bisnis Anda.

3. Berpikir kreatif dan inovatif

Kreatif adalah kunci penting untuk memulai bisnis. Perusahaan yang baik selalu dapat menghasilkan produk yang inovatif dan konsisten. Mirip dengan Boss Boba, tentunya ada franchise baru disini dengan konsep dan cita rasa minuman yang kekinian.

4. Memahami persaingan bisnis

Bisnis adalah peluang kompetitif. Untuk memenangkan persaingan, yang terbaik adalah mempelajari sifat persaingan Anda. Tidak apa-apa untuk mengakui keunggulan pesaing, tetapi teruslah belajar dan lihat bagaimana mereka bisa unggul. Dari pembelajaran ini Anda bisa membuat penilaian agar produk yang sedang dikembangkan jauh lebih baik.

5. Siap menghadapi rintangan

Butuh keberanian yang besar untuk menjadi pebisnis sukses. Karena untuk mendapatkan hasil terbaik tentunya membutuhkan proses dengan banyak kendala. Yang perlu dilakukan adalah menganalisis dan bersiap menghadapi yang terburuk, yang bisa terjadi kapan saja.

6. Terbuka untuk kritik dan evaluasi

Sebagai pebisnis, Anda harus memiliki pola pikir yang terbuka, termasuk menerima berbagai jenis masukan yang konstruktif. Dengan kritik dan saran yang membangun tentunya akan membantu Anda dalam mengevaluasi proses perkembangan bisnis.

7. Terus belajar dan jangan berpuas diri

Setiap perjalanan bisnis memiliki siklus “over and under”. Inilah sebabnya mengapa penting bagi Anda untuk tetap rendah hati saat bisnis Anda berkembang. Jadikan momen “over” sebagai perjalanan panjang untuk lebih memaksimalkan potensi Anda. Jika bisnis yang Anda geluti sedang “under”, jangan menyerah begitu saja dan tetap semangat untuk berjuang.

8. Lakukan sekarang

Hal terpenting dalam membangun bisnis adalah “memulai”. Banyak teori tidak akan pernah benar-benar berfungsi tanpa Anda benar-benar terjun dan segera memulai.

Nah itulah gambaran buat kalian semua yang ingin berbisnis coocmesh sabut kelapa. Kalian harus berani mencoba , selamat mencoba dan semoga sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *