4 Faktor Harga yang Mempengaruhi Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Website

Jika Anda hendak menggunakan jasa pembuatan website, tentu biaya yang dikeluarkan akan berbeda. Penetapan biaya ini mencakup beberapa elemen yang mempengaruhinya, serta membutuhkan estimasi data tertentu.

Beberapa faktor di bawah ini, akan memberikan Anda penjelasan mengenai harga yang timbul dari pembuatan website.

Komponen Harga pada Jasa Pembuatan Website

Komponen harga tersebut mencakup nama, hosting, mesin pencari, serta design. Setiap harga berbeda tergantung pada kebutuhan dan selera pengguna.

1.      Nama Website (Domain)

Nama website merupakan identitas utama sebagai rujukan bagi pengunjung untuk membuka website Anda. Ibarat alamat rumah, domain mesti dibuat dengan nama yang unik dan berbeda.

Untuk memiliki nama tersebut ada biaya yang harus dikeluarkan, ini ibarat Anda membeli rumah atau sebidang tanah untuk ditinggali. Harganya variatif, jika ingin harga yang relatif murah Anda bisa memilih nama buatan sendiri yang tidak punya pemilik.

Beda halnya jika Anda menggunakan domain yang telah dimiliki orang lain, maka harga yang dibanderol bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta. Tingginya harga tersebut berdasar reputasi dan popularitasnya.

2.      Hosting

Berikutnya adalah hosting atau kapasitas penyimpanan data pada website. Setiap website tentu akan memuat teks, gambar atau video dengan kapasitas tertentu. Untuk itu, ada harga khusus tergantung dari kapasitas yang dibutuhkan untuk menyimpan informasi digital.

Harganya juga variatif tergantung jenis website yang dibuat. Website profile company atau toko online misalnya, harganya cenderung lebih murah karena memiliki profil singkat yang umum. Namun pada jenis artikel lain dengan konten yang lebih kompleks, harganya akan lebih tinggi.

3.      Design Website

Berikutnya adalah desain atau tampilan website. Komponen ini juga berlaku tergantung dari desain seperti apa yang Anda inginkan. Meski desain memiliki dua cara yakni berbayar dan gratis, hasilnya jelas akan berbeda.

4.      Mesin atau Engine

Mesin yang dimaksud adalah template atau customize sebagai dua pilihan. Template macam WordPress terbilang murah, atau bisa saja gratis. Beda halnya dengan customize yang dirancang khusus dengan harga yang lebih mahal.

Itulah empat faktor yang mempengaruhi biaya pada jasa pembuatan website. Harga terjangkau tak berarti menampilkan website yang murahan, begitu juga sebaliknya, semua tergantung pada kebutuhan Anda sendiri. Kalau memang mencari jasa pembuatan website profesional dan terjangkau, SEON adalah pilihan jitu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *