Kontrol aliran beton untuk penuangan massal

Kontrol aliran beton untuk penuangan massal

Apa itu tuang massal?

Banyak elemen struktur, seperti dinding geser dan girder transfer, membutuhkan beton dalam jumlah besar. Secara tradisional, pekerjaan dianggap menuangkan massa jika dimensi penampang elemen beton adalah tiga kaki atau lebih.

Untuk pekerjaan besar-besaran ini, ada kekhawatiran tentang suhu maksimum yang dihasilkan selama produksi beton dan perubahan suhu maksimum yang dapat terjadi sebelum beton selesai proses curing. Selama proses hidrasi semen, suhu interior beton naik, sedangkan beton bagian luar mungkin mengalami pendinginan. Jika suhu eksternal dan internal beton terlalu berbeda, elemen beton akan retak.

Apa itu beton aliran kontrol?

Di masa lalu, kontraktor beton memiliki dua jenis beton untuk dipilih dalam hal kemampuan mengalir:

  • Beton konvensional relatif tidak mahal, tetapi membutuhkan banyak tenaga kerja untuk menempatkan dan menyelesaikannya
    Beton yang dapat dipadatkan sendiri memiliki aliran yang tinggi, tetapi biasanya lebih mahal karena desain campurannya yang khusus dan memerlukan jaminan kualitas lokasi kerja yang lebih intens untuk memastikan konsistensi yang tepat
  • Beton aliran kontrol menjembatani kesenjangan antara beton konvensional dan self-compacting. Ini menawarkan aliran yang lebih tinggi daripada beton konvensional, menggunakan desain campuran konvensional.

Bagaimana cara mengontrol aliran beton membantu menuangkan massa?

Peningkatan kualitas beton. Beton dengan aliran tinggi sangat bermanfaat untuk penuangan massal. Namun, di masa lalu, produsen beton membutuhkan kandungan semen yang tinggi, yang akan menghasilkan suhu inti yang lebih tinggi, untuk mencapai aliran yang tinggi. Beton aliran kontrol mengatasi masalah ini. Ini memberikan aliran tinggi dan ketahanan segregasi, tanpa memerlukan kandungan semen tinggi. Dibuat dengan menambahkan campuran CONCERA ke desain campuran konvensional.

Karena tidak perlu kandungan semen yang tinggi untuk menghasilkan beton aliran kontrol, suhu inti beton akan lebih rendah. Akibatnya, perbedaan antara suhu inti dan suhu luar beton akan lebih rendah dan kemungkinan retak lebih kecil. Sedikit retak akan membantu melindungi dari korosi pada baja tulangan.

Mengurangi biaya tenaga kerja. Penuangan massal membutuhkan sumber daya yang luar biasa. Misalnya, butuh waktu 18 jam untuk menuangkan fondasi gedung pencakar langit terbesar di San Francisco, Salesforce Tower. Tujuh pompa boom – bersama dengan sejumlah kecil pekerja – memindahkan beton dari truk ke pondasi. Beton aliran kontrol memotong jam kerja, karena lebih mudah ditempatkan dan diselesaikan daripada beton tradisional.

Pada pekerjaan tuang massal, efisiensi tenaga kerja tersebut bahkan lebih besar mengingat jumlah pekerja yang biasanya dibutuhkan untuk proyek tersebut.

Konstruksi lebih cepat. Beton aliran kontrol sangat bisa diterapkan, yang membantu mempercepat waktu proyek. Ada kebutuhan minimal akan getaran karena aliran tinggi, serta daya tanggapnya terhadap energi eksternal. Beton bergerak cepat sebagai respons terhadap energi eksternal dan juga dapat dihentikan dengan cepat saat dibutuhkan. Selain itu, campuran tersebut memperpanjang umur aliran slump, yang membantu membuat penempatan beton lebih mudah.

Hasil yang lebih bisa diprediksi. Campuran CONCERA memiliki toleransi air yang kuat, sehingga beton cenderung tidak mengalami fluktuasi aliran slump. Ini membantu memastikan kualitas beton yang konsisten dari batch ke batch. Mengenai harga beton ready mix anda bisa mencari sendiri di internet informasinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *