Tips Mencari Peluang Usaha

Mencari peluang usaha sebenarnya sangat mudah, saat kita melangkah keluar rumah dan menengok ke kiri dan ke kanan peluang usaha sudah nampak di depan mata, yang menjadi masalah apakah mata kita melihat peluang yang ada. Disini diperlukan kejelian melihat peluang dan keberanian untuk action.

Kebanyakan orang dapat melihat kesempatan untuk menghasilkan uang tapi terkendala oleh perasaan gengsi atau malu untuk mengerjakannya. Keadaan ini yang membuat sebagian orang Indonesia menjadi pengangguran.

Tidak banyak diantara kita hanya bercita-cita menjadi karyawan atau PNS saja dan malu untuk memulai usaha sendiri, padahal kita tahu bersama bahwa orang yang berhasil mencapai Income tertinggi di usia muda adalah orang yang berani membuat usaha sendiri, jika ada karyawan atau PNS yang perpenghasilan besar di Usia Muda dapat dicurigai hasil korupsi atau manipulasi seperti pegawai pajak Gayus Tambunan.

Di kanan kiri kita banyak sekali peluang usaha, disaat melangkah keluar rumah, terlihat banyak anak-anak bermain, apakah kita tidak melihat peluang usaha?

Tentunya peluang itu sudah ada, hanya dengan bermodalkan 100 ribu, membeli kebutuhan jajan yang banyak dicari anak-anak, maka dengan sendirinya kita sudah mendapatkan satu usaha, walaupun itu masih kecil-kecilan. ini hanya gambaran kecil dari suatu peluang usaha.

Masih banyak kesempatan usaha lain, tergantung kita mau tidak menjalankannya. Berikut ini ada beberapa tips mencari peluang usaha, mudah-mudahan bermanfaat karena walaupun kita memiliki 100 tips usaha tapi tidak ada action maka tips itu hanya sebuah rangkaian kata-kata indah saja.

Tips Cari Peluang Usaha :

1. Menggali Minat, hobi, kesukaan :

Untuk mencari peluang usaha sebaiknya usaha yang akan kita bangun adalah usaha yang sesuai dengan minat, hobbi, kesukaan pribadi yang juga banyak di cari orang, misalnya anda adalah olahragawan yang menyukai sepak bola, maka peluang usaha yang dapat dijalankan adalah menjual pernak pernik sepak bola seperti baju kaos bola, miniatur logo club bola dunia dan hal-hal unik dari sepak bola misalnya bola yang telah ditandatangani oleh pemain bola yang top di Indonesia atau dunia.

Keutamaan jika memulai usaha dari minat, hobbi dan kesukaan adalah kita dengan mudahnya dapat berinteraksi dengan pelanggan yang nota bene juga telah banyak mengetahui hal-hal sepak bola.

2. Selalu Ingin Belajar dan Bertanya :

Salah satu sifat yang harus dimiliki seorang usahawan adalah tidak pernah lelah untuk belajar dan tidak malu untuk bertanya. Memulai suatu usaha tidak hanya memerlukan modal saja akan tetapi kemampuan menjalanakannya juga tidak kalah pentingnya.

Disini setiap pengusaha harus mau belajar baik itu dari workshop, seminar usaha dari pengusaha lain yang telah berhasil ataupun dari buku-buku yang banyak dijual di Toko Buku.

Selain itu setiap calon pengusaha harus selalu bertanya jika ada sesuatu yang tidak atau belum diketahui, jangan asal tabrak aja atau uji coba karena hal seperti ini memakan biaya yang sangat besar.

3. Action, Action dan Action :

Jika semua hal-hal mengenai usaha yang akan dijalankan telah lengkap, maka Action harus dilakukan dan terus mengamati hal-hal yang diperlukan untuk memajukan usaha. Disini diperlukan ide-ide cemerlang untuk menentukan strategi apa lagi yang harus dilakukan.

4. Fokus, Mandiri dan Konsiten :

Setelah usaha berjalan, fokus kita tidak boleh berubah, misalnya anda usaha pernak-penik sepak bola, belum begitu lama anda buka usaha jual bakso, setelah itu buka lagi usaha cuci motor, maka hasilnya anda tidak akan fokus dan usaha yang anda jalankan tidak akan maju bahkan yang sering terjadi usaha akan mengalami kerugian.

Ini akibat karena tidak fokus dengan satu usaha. Selain itu yang diperlukan adalah mandiri dan konsisten. Jangan hanya kena masalah sedikit nyali usaha sudah ciut, lakukan usaha secara konsisten, terus menerus sambil menggali setiap kekurangan yang ada dan mandiri dalam melaksanakan usaha.

Masih banyak lagi sebenarnya tips cari peluang usaha tapi ke empat tips diatas jika dilaksanakan dan dikembangkan maka usaha yang dirintis pasti dapat berjalan dan menghasilkan income, tips diatas telah saya jalankan dan buktikan sendiri, dan hasilnya saya bisa menghasilkan jutaan rupiah dari rumah, Saya Bisa Kenapa Anda Tidak?

Artikel terkait:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *