Cara Menghilangkan Jamur pada Jok Mobil Berbahan Kain

Cara Menghilangkan Jamur pada Jok Mobil

Menghilangkan jamur pada jok mobil merupakan upaya menjaga kebersihan interior mobil yang tidak boleh diabaikan. Dari berbagai jenis bahan, jok mobil berbahan kain merupakan yang paling sulit dibersihkan.

Lalu, bagaimana jika jok mobil Anda yang berbahan kain terkena jamur? Haruskah Anda menggantinya dengan yang baru?

Tidak perlu bingung. Anda hanya perlu membersihkan jamurnya dan menjaga kebersihan jok mobil Anda secara teratur.

baca juga: cuci jok mobil tangerang

Membersihkan Jamur pada Jok Mobil Berbahan Kain

Jamur adalah noda yang paling sering mengotori jok mobil Anda. Apabila jamur sudah terlanjur tumbuh di jok mobil Anda yang berbahan kain, berikut cara membersihkan jok mobil Anda.

Sebelumnya, Anda harus menyiapkan berbagai peralatan yang akan digunakan untuk membersihkan jamur. Seperti vacuum cleaner, cairan pembersih, sikat berbulu halus dan lap micro fiber.

Untuk membuat cairan pembersih, gunakanlah cairan pemutih pakaian dan sabun pencuci piring dengan komposisi 1:1.

Pertama, bersihkanlah dahulu debu, jamur dan kotoran lain pada permukaan jok mobil Anda dengan vacuum cleaner. Atau bisa secara manual menggunakan sikat berbulu halus.

Selanjutnya, semprotkan cairan pembersih yang telah Anda buat ke permukaan jok mobil yang berjamur. Sikatlah secara perlahan dan searah. Lakukanlah langkah ini secara berulang sampai jamur bersih dan hilang dari jok mobil Anda.

Lalu, bukalah pintu mobil Anda. Keringkan jok mobil yang lembap menggunakan lap micro fiber. Atau gunakanlah vacuum cleaner untuk membantu proses pengeringan.

Selain itu, rutinlah untuk memanasi mobil setidaknya 2 minggu sekali. Tujuannya agar kondisi kabin mobil tidak terlalu lembap. Dikarenakan jamur rentan tumbuh di tempat yang lembap.

baca juga: jasa cuci jok mobil tangerang

Menjaga Kebersihan Jok Mobil

Salah satu cara membersihkan jok mobil adalah dengan mencegah tumbuhnya jamur pada jok mobil Anda. Berikut cara menjaga kebersihan jok mobil agar terhindar dari jamur, diantaranya:

  1. Membersihkan Tumpahan Makanan dan Minuman di Jok dengan Segera

Jika jok mobil Anda terkena tumpahan dari makanan atau minuman, maka segera bersihkan. Jangan membiarkan tumpahan terlalu lama karena bisa sulit dibersihkan.

Selain itu, tumpahan cairan bisa meresap ke dalam jok dan menyebabkan jok mobil Anda lembap. Lalu, jamur bisa tumbuh, bahkan bisa menimbulkan bau yang tidak sedap.

  1. Membatasi Makan dan Minum Dalam Mobil

Risiko terjadinya tumpahan makanan dan minuman bisa Anda atasi dengan membatasi aktifitas makan dan minum dalam mobil.

Pembatasan aktifitas ini bisa memperkecil risiko terjadinya tumpahan, sehingga peluang tumbuhnya jamur pada jok mobil bisa Anda hindari.

  1. Rajin Menjaga Kebersihan Mobil

Anda harus rajin membersihkan bagian dalam mobil Anda dar berbagai jenis kotoran. Misalnya, sampah sisa makanan harus Anda buang di tempat sampah dengan segera.

Sedangkan untuk membersihkan debu, Anda bisa membersihkannya menggunakan vacuum cleaner minimal sebulan sekali.

Itulah cara menghilangkan jamur pada jok mobil berbahan kain. Serta, cara menjaga kebersihannya untuk mencegah tumbuhnya jamur pada jok mobil Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *