Cara Membuat Ayam Bakar yang Spesial

cara membuat ayam bakar

Salam sehat sobat semua, kembali lagi nih di resepscape pada artikel kali ini mimin bakal membahas tentang cara membuat ayam bakar istimewa nih. Ayam bakar yang kita buat kali ini hasilnya dijamin istimewa dan nikmat. Berbeda dari ayam bakar yang biasa dijual diluar atau di restorant mewah. Yang ini lebih istimewa nih sob.

Pada artikel kali ini bang mimin bakalan membahas tentang. Resep yang bakal bang Mimin bahas kali ini yaitu tentang cara membuat ayam bakar yang istimewa yang rasanya pasti tidak kalah dengan yang dijual di restoran bintang lima. Nggak percaya? Coba aja sendiri bikin bareng bang mimin. Dijamin istimewa dan bikin nagih kok.

Siapa sih di jaman sekarang yang nggak tahu tentang apa itu ayam bakar. Jadi singkatnya ayam bakar adalah salah satu Sajian makanan yang berbahan dasar daging ayam yang kemudian diproses dan di olah dengan bumbu kecap yang manis, kemudian dibakar dengan panggangan hingga bumbunya merasuk ke dalam daging dengan pas dan nikmat.

Sebenarnya varian dari ayam bakar itu sendiri sangatlah banyak, saking banyaknya nih, Mimin sampe nggak bisa sebutin satu per satu. Tapi tenang saja sobat meskipun varian nya beragam namun intinya ayam bakar merupakan ayam yang diberi bumbu manis kemudian dibakar atau dipanggang dengan suhu tertentu sehingga menghasilkan Sajian yang nikmat dan terasa istimewa. Sungguh menggugah selera jika sobat memakan nya.

Ayam bakar sendiri sebenarnya tidak usah diberi tambahan yang macam-macam pun sudah enak. Sobat bisa langsung memakannya bersama nasi atau dengan cara  di gado  Yang berarti dalam bahasa Indonesia dimakan langsung tanpa menggunakan nasi sedikit pun.

Kebiasaan membakar ayam ini awalnya digunakan untuk mengawetkan ayam untuk dimakan di kemudian hari. Namun kini ayam bakar menjadi Sajian yang memiliki ciri khas tersendiri di hati para penikmat nya.

Cara Membuat Ayam Bakar Istimewa

Jika sobat pergi keluar rumah dan sedang berjalan jalan di restoran di tempat menjual ayam pinggir jalan, sobat akan menemukan ayam bakar dengan harga sekitar 15000 Rupiah hingga 50000 Rupiah per potong ayam nya. Beberapa penjual pun menjual nya dengan satuan ekor ayam, biasanya untuk satu ekor ayam bakar dijual dengan harga 50.000 rupiah hingga 75.000 rupiah


Beberapa orang mengatakan bahwa harga tersebut terlalu tinggi dan kurang terjangkau bagi kalangan menengah ke bawah. Oleh karena itu pada hari ini Mimin bakalan berbagi cara ekonomis untuk membuat ayam bakar yang spesial seperti di restoran namun dengan biaya yang lebih rendah.

Namun kembali lagi kepada sobat semuanya bagaimana sobat memilih bahan nya jadi jika sobat menggunakan bahan yang Mimin referensikan kali ini harganya dijamin tidak akan terlalu tinggi.

Bahan Membuat Ayam Bakar

  • 1 ekor ayam atau setengah kilo ayam (sesuaikan);
  • 350 mililiter air mineral;
  • Mentega atau margarin secukupnya; 
  • 2 sendok makan madu; 
  • 3 sendok makan air asaman Jawa;
  • 5 sendok makan kecap manis; 
  • 6 buah cabai rawit hijau; 
  • 2 lembar daun salam;
  • lada putih bubuk secukupnya;
  • 1 ruas kunyit ukuran jari telunjuk; 
  • sejumput gula pasir secukupnya; 
  • 1 ruas Lengkuas seukuran jari telunjuk; 
  • 1 ruas Jahe seukuran jari telunjuk;
  • setengah sendok teh ketumbar; 
  • 7 siung bawang merah;
  • 3 buah cabai merah keriting; 
  • 6 siung bawang putih; 
  • sejumput Garam secukupnya; 
  • 2 buah cabai rawit merah.

Langkah Cara Membuat Ayam Bakar

Ayam bakar sendiri memiliki ciri khas yang berbeda beda di setiap daerah. Tergantung pada budaya masyarakat daerah setempat dan cara mengembangkan resep tersebut. Contohnya saja di daerah suku Jawa rasanya cenderung lebih manis. Di daerah Madura rasa ayam bakar cenderung lebih Gurih. Semua itu tergantung bumbu yang halus dan terbentuk sempurna. Untuk membuat bumbu halus dan bertakaran yang pas serta mampu memproduksi jangka panjang dan efisien sobat bisa menggunakan mesin pengolahan bumbu yang tepat.


Meskipun ayam bakar memiliki rasa yang beragam kita dapat menyimpulkan satu hal yang penting di balik keberagaman tersebut. Yaitu Indonesia memiliki kekayaan budaya dan kebiasaan memasak yang berdampak pada banyaknya Sajian menu dengan ciri khas yang berbeda beda pula. Hal tersebut patut kita banggakan sebagai masyarakat Indonesia karena kita memiliki keberagaman yang belum tentu negara lain memiliki keberagaman yang serupa.

Berikut langkah-langkahnya :

  1. Lakukan hal pertama dengan membersihkan ayam yang sudah disiapkan. Meski menurut Anda ayam yang Anda beli segar dan bersih, bukan berarti ayam Anda bebas bakteri dan kotoran. Oleh karena itu, langkah ini menjadi hal penting yang tidak boleh dilewatkan. Namun sebelum itu pastikan terlebih dahulu apakah ayam tersebut dipotong sesuai bentuk dan ukuran yang diinginkan. Untuk ukuran besar, Anda bisa memotong ayam menjadi 4 bagian, sedangkan untuk ukuran sedang bisa dipotong menjadi 6-8 bagian. 
  2. Jika ayam sudah dipotong potong, masukkan ayam ke dalam wadah, lalu bawa ayam ke keran untuk mencuci ayamnya, lalu kita bersihkan. 
  3. Sekarang, sembari mencuci ayam, gunakan tangan Anda untuk menguleni ayam dengan lembut dan sampai bersih.Jangan lupa juga untuk memastikan tidak ada kotoran, kuman ataupun bulu halus yang masih menempel pada kulit ayam.
  4. Setelah ayam dibersihkan, keluarkan dan masukkan ke dalam wadah aslinya. Itu saja, pastikan wastafel yang Anda gunakan bersih dan rata. 
  5. Kuras air cucian di baskom, dan jangan biarkan air menggenang di baskom. 
  6. Untuk menghilangkan bau amis yang mungkin tercium pada ayam, gunakan air jeruk nipis dan sedikit garam untuk menambah rasa dan mengurangi bau. Diamkan kurang lebih 15 menit agar bumbu meresap ke dalam ayam.
  7. Tips penting sebelum memberi ayam banyak bumbu adalah Anda bisa melapisi ayam secara merata dengan penggiling cabai kapan saja dan diamkan sebentar agar cabai meresap ke dalam ayam. 
  8. Ambil ayam yang telah dibumbui sebelumnya, lalu gunakan bumbu halus untuk melapisi seluruh bagian permukaan ayam. 
  9. Masukkan ayam ke dalam panci dan tambahkan sedikit air. Kemudian masak hingga ayam empuk dan bumbu benar-benar terendam di dalamnya. 
  10. Saat bumbu meresap dan kaldunya merasuk, angkat ayam, lalu gunakan penjepit untuk mengeluarkan ayam dari panci. Masukkan ayam ke dalam wadah dan sisihkan sementara.
  11. Siapkan loyang dan olesi loyang dengan mentega. Panaskan dan letakkan potongan ayam di atasnya. Tuang madu di atas ayam. 
  12. Terakhir, masukkan ayam ke dalam oven,lalu panggang ayam hingga matang dan panggang dengan suhu 180 derajat selama kurang lebih 45 menit.
  13. Sobat juga bisa membakar ayamnya di tempat bakaran jika tidak memiliki oven. Hasilnya sama-sama nikmat.
  14. Jika sudah selesai prosesnya maka ayam siap disajikan.

Tips Pembuatan Ayam Bakar yang Istimewa

Ayam bakar yang dijual di toko atau di resto terasa lebih enak karena mereka menyajikan hangat atau menghangatkannya sebelum diberikan pada anda. Oleh karena itu rasa ayam bakarnya menjadi istimewa sob. Banyak juga yang menyukainya. Jika sobat berminat berbisnis ayam bakar yang nikmat sobat bisa menggunakan etalase penghangat makanan yang sangat cocok digunakan.

Saat obat mencampurkan bumbu ayam bakar, sebaiknya sobat Mengoleskan bumbunya Merata keseluruh bagian. Hanya dengan membalurkan ke seluruh bagian sobat sudah bisa merasakan tubuhnya dan berusaha membuat tumbuhnya merasuk hingga ke tulang tulang dari ayam bakar tersebut. Hal ini untuk mencegah rasa yang kurang Merata ketika kita membuat ayam bakar.

Jika sobat ingin membuat menu delapan bersama ayam bakar juga cocok. Contohnya jika sobat ingin menambahkan Terong, Timun, sawi, serta sayur sayuran lainnya seperti kemangi dan lain lain. Hal tersebut juga cocok digunakan sebagai pendukung rasa dari ayam bakar yang sangat nikmat.

Oke sobat, cukup sekian artikel yang Mimin bikin kali ini. Jangan lupa dan selalu nantikan artikel terbaru dari resep Skips yang bakal Mimin update secara berkala. Jika sobat menyukai artikel ini sobat bisa membagikannya ke teman teman atau ke orang orang lainnya. Semoga bermanfaat ya sob.

Terimakasih telah membaca artikel ini 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *