Cara Mengasah Pisau Gilingan Daging yang Sudah Tidak Tajam

cara mengasah pisau gilingan daging yang sudah tidak tajam

Gilingan daging ini merupakan mesin produksi yang sudah banyak digunakan pada usaha restoran, bahkan juga digunakan pada skala rumahan. Mengetahui fungsinya yang sangat membantu menghemat tenaga dan biaya pengeluaran untuk mendapatkan daging giling, menggunakan mesin ini merupakan salah satu opsi terbaik.

Namun dengan fungsi seperti berikut, tentunya kita harus tetap menjaga kondisi mesin tetap optimal sehingga kualitas daging giling yang dihasilkan juga sempurna. Beberapa masalah yang terjadi pada gilingan daging adalah pisau yang tumpul. Tapi tidak perlu khawatir lagi, Anda dapat memperbaiki hal ini sendiri di rumah. Sebelum Anda memulai mengasah pisau gilingan daging, Anda perlu mencari tahu penyebabnya. Karena beberapa gilingan daging memiliki pisau yang akan menjadi lebih tajam ketika sering digunakan.

Beberapa langkah dasar yang harus Anda lakukan

  • Periksa permukaan tempat Anda akan mengasah pisau, pastikan tidak ada celah. Letakkan amplas dan kencangkan dengan kuat. Anda bisa meletakkan kaca atau permukaan yang dapat pada bagian bawah amplas untuk hasil yang lebih baik.
  • Selanjutnya, basahi bagian permukaan pisau yang akan dipoles dan tidak lupa juga untuk membasahi permukaan amplas. Hal ini bertujuan untuk melindungi pisau dari goresan kecil.
  • Jika Anda memiliki penjepit kayu, bisa digunakan untuk membantu proses ini. Dengan itu parutan yang dihasilkan akan lebih merata sempurna.
  • Setelah itu, bersihkan pisau dengan mencucinya menggunakan air bersih. Lalu keringkan sebelum Anda memasangnya kembali pada gilingan daging.

Itulah beberapa langkah dasar yang harus Anda lakukan untuk mengasah pisau gilingan daging yang sudah tidak tajam. Akan tetapi semakin sering pisau gilingan daging diasah kemungkinan kondisi fisik pisau akan menjadi lebih tipis. Jika sudah tidak layak untuk digunakan, Anda dapat menghubungi toko mesin merek tersebut untuk mendapatkan suku cadang yang tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *